Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tamra Nusantara, Kolaborasi The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena

KOMPAS.com - Indonesia memiliki kekayaan budaya yang begitu beragam dan patut diperkenalkan lebih luas.

Melalui koleksi perhiasan Tamra Nusantara, The Palace Jeweler dan desainer senior Samuel Wattimena menyuguhkan tiga rancangan perhiasan apik bertema ragam budaya lokal.

Koleksi perhiasan tersebut hadir sebagai pembuka gelaran JF3 Fashion Festival 2022 pada Kamis, pada Kamis (1/9/2022) kemarin, di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Dilandasi dengan semangat serta visi untuk melestarikan budaya Indonesia melalui kreasi perhiasan.

Koleksi ini juga merupakan sebuah kolaborasi yang sudah diinisiasi oleh kedua belah pihak sejak tahun 2015, hingga menghasilkan koleksi “Nusantara” pertama yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu.

Dengan adanya jewelry fashion show teatrikal ini, diharapkan agar keindahan budaya lokal dapat semakin dicintai dan dilestarikan oleh masyarakat Indonesia, bahkan membawa visi Bangsa Indonesia untuk semakin mendunia lewat semangat kebhinekaan.

"Koleksi kali ini bukanlah fashion dalam bentuk outfit. Tetapi desain perhiasan yang menggambarkan mystery of the jewelery yang berakar dari budaya Indonesia," papar Samuel Wattimena dalam konferensi persnya di JF3 Fashion Festival 2022.

Tamra Nusantara merupakan performa jewelry fashion show teatrikal yang menjadikan perhiasan sebagai "bintang" utamanya.

Acara pembukaan JF3 Fashion Festival 2022 yang digelar di Fashion Tent, La Piazza Summarecon Mal Kelapa Gading Jakarta menyuguhkan berbagai perhiasan apik berpadu dengan seni tari, penampilan musik serta narasi puitis.

Peragaan teatrikal dimulai dengan penampilan model papan atas Laura Muljadi yang memeragakan keindahan perhiasan-perhiasan koleksi Nusantara bersama koreografi dalam balutan kain.

Laura, saat itu menari mengikuti jalannya alunan musik tradisional modern di sepanjang runaway bersama dengan pemuda-pemuda berkain, dan diakhiri dengan proses pemakaian sejumlah perhiasan berupa cincin, gelang dan kalung cantik.

Setelah itu dilanjutkan oleh monolog narasi puitis dari Prisia Nasution, sosok yang cemerlang di bidang akting dan memiliki semangat sosial untuk memberi ke masyarakat lewat kegiatan charity dan bidang sosial lainnya.

Tampil juga di momen yang sama seorang penyanyi muda Idgitaf dan penyanyi senior Dira Sugandi yang membuktikan kualitas suaranya melalui performa vokal yang menggelegar.

Menutup rangkaian penampilan Tamra Nusantara. Satu persatu para model dengan balutan busana serba-hitam dari ujung kepala sampai ujung kaki dan berjalan melintasi runaway berbentuk persegi panjang.

Belasan model bergaya eksentrik itu berjalan sembari mengenakan koleksi Nusantara berupa anting, cincin dan juga kalung berukuran besar.

Semuanya terlihat menampilkan keindahan, keunikan serta proses terjadinya sebuah kreasi perhiasan perpaduan dari elemen-elemen seperti emas, berlian dan mutiara.

Lebih lanjut, inovasi dalam bentuk performa kreatif ini semakin mengukuhkan visi The Palace Jeweler yang secara konsisten menjujung predikatnya sebagai “National Jeweler,” yang hadir untuk dapat berperan aktif memberikan solusi, akses, variasi, serta kualitas bagi seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menikmati, membeli, dan memiliki perhiasan di Indonesia.

“Lewat koleksi Tamra Nusantara memadukan jewelry fashion show, seni tari, dan penampilan musik, dalam menunjukkan koleksi Nusantara dalam ajang JF3 2022 ini."

"Dengan performa teatrikal ini, The Palace turut mendukung visi JF3 dalam mengedepankan budaya lokal pada kancah internasional,"

Demikian kata Jelita Setifa, GM The Palace Jeweler di konferensi persnya.

Melalui kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki kesamaan visi, yakni membawa hasil karya Anak Bangsa ke kancah Internasional, seperti JF3 dan Samuel Wattimena.

Beberapa koleksi Tamra Nusantara hasil kolaborasi The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena hadir dalam tiga item perhiasan berdesain unik.

Seperti seri Nusa yang menampilkan presentasi kekayaan budaya Indonesia Barat, Anta yang mempresentasikan ragam budaya Indonesia Tengah dan Tara, koleksi yang terinspirasi dari kultur Indonesia Timur.

Semuanya dicurahkan dalam item perhiasan berupa kalung, anting dan cincin berlian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/02/160000620/tamra-nusantara-kolaborasi-the-palace-jeweler-dan-samuel-wattimena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke