Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengedipkan Mata Perlahan, Trik agar Kucing Menyukai Kamu

Namun sayangnya, terkadang ada saja kucing yang “judes” pada pemiliknya meski tak ada yang salah.

Namun, tak perlu khawatir. Sebab, ada satu trik yang bisa kita coba, yaitu mengedipkan mata perlahan.

Ya, dilansir dari Daily Paws, tim peneliti dari sebuah universitas di Inggris mengungkap, mengedipkan mata secara perlahan pada kucing, bisa menjadi cara agar kucing menyukai kita.

Menurut para peneliti, mengedipkan mata secara perlahan, selama setengah detik atau lebih, bisa menjadi cara bagi manusia dan kucing untuk berkomunikasi.

Untuk diketahui, mengedipkan mata perlahan merupakan cara kucing untuk mengungkapkan rasa kepercayaan, sekaligus salah satu cara kucing untuk menunjukkan rasa cintanya.

Jadi, jika seekor kucing mengedipkan mata perlahan di dekat kita, bersyukurlah.

Sebab, artinya kucing mempercayai dan mencintai kita hingga rela menutup matanya dan menurunkan kewaspadaannya, meski hanya untuk beberapa detik saja.

Lebih lanjut, peneliti utama studi ini, Tasmin Humphrey, mengatakan bahwa perilaku unik kucing itu bermula dari pandangan manusia yang menganggap bahwa kedipan mata perlahan merupakan hal positif.

Menurut Humphrey, kucing mungkin melihat bahwa manusia akan memberinya pujian karena merespon kedipan perlahan.

Selain itu, perilaku mengedipkan mata perlahan ini mungkin bermula sebagai salah satu cara untuk menggagalkan tatapan panjang yang bisa terlihat mengancam dalam interaksi sosial.


Cara mengedip perlahan

Menurut penelitian yang sama, kucing bisa mendekati seseorang yang asing baginya jika orang itu mengedipkan mata perlahan.

Jadi jika ingin kucing melihat kamu, cobalah berkedip untuk waktu yang cukup lama, meski mungkin kamu akan terlihat sedikit aneh di mata orang lain.

Kamu bisa melakukannya dengan menyipitkan mata sambil menatap kucing, mirip seperti saat akan tersenyum. Lalu, tutup mata selama beberapa detik.

Kemungkinan, kucing akan merespons dengan melakukan hal yang sama.

Dengan tips ini, kamu bisa mulai “berkomunikasi” dengan kucing, baik yang kita pelihara, maupun kucing liar di luar rumah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/07/120147120/mengedipkan-mata-perlahan-trik-agar-kucing-menyukai-kamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke