Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Rekomendasi Perawatan Alami untuk Hilangkan Flek Hitam di Kulit

Menurut para ahli, sebagian besar flek-flek hitam pada kulit dapat dikaitkan dengan dua penyebab, yakni jaringan parut dan hiperpigmentas akibat paparan sinar matahari.

"Bekas luka dapat dibagi menjadi dua kategori, bekas luka gelap yang sebenarnya merupakan hasil dari hiperpigmentasi pasca-inflamasi atau perubahan tekstur kulit yang menghasilkan bekas luka yang terangkat."

Demikian penuturan ahli bedah dermatologis di Manhattan and Hampton Bays di New York, Dr Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD.

"Bekas luka berpigmen biasanya disebabkan oleh cedera pada pigmen yang membentuk lapisan epidermis, sementara bekas luka tekstur disebabkan oleh robekan yang sebenarnya pada dermis," jelasnya.

Nah, untuk mengatasi masalah flek-flek hitam yang dapat mengganggu penampilan ini, Engelman mengatakan bahwa perawatan secara alami di rumah bisa menjadi pilihan.

Untuk itu, dia pun merekomendasikan sejumlah perawatan kulit alami yang dapat menghilangkan flek-flek hitam, seperti yang dilansir dari laman Byrdie berikut ini.

1. Eksfoliasi dengan pepaya

"Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi, yang merupakan eksfolian kimiawi," kata Engelman.

"AHA digunakan untuk kulit kering dan untuk anti-penuaan yang bekerja memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit melalui pelemahan lipid," terangnya.

Dengan demikian, pepaya bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit kusam dan mati, kemudian menggantikannya dengan sel-sel kulit yang sehat.

"Buah ini juga sangat efektif dalam memecah sel-sel kulit dan juga meningkatkan produksi kolagen karena pengangkatan partikel mati."

"Pepaya secara khusus akan membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak muda," ungkap Engelman.

Untuk mengatasi flek-flek hitam dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker untuk membersihkan kulit.

Diamkan selama 15-20 menit.

Setelah itu, saat melepas masker, kita bisa menggunakan gerakan melingkar yang lembut untuk sedikit tambahan pengelupasan kulit pada lapisan atas sel-sel kulit yang mati.

2. Gunakan kunyit untuk meratakan warna kulit

Selama berabad-abad, orang-orang di India, sebagian Amerika Tengah, dan daerah subtropis lainnya telah mencari kunyit karena banyak khasiat penyembuhannya, mulai dari mengurangi peradangan hingga membantu proses pencernaan.

Manfaat kunyit juga meluas ke area perawatan kulit dan telah terbukti menghambat produksi melanin kulit, yang menghasilkan flek-flek karena hiperpigmentasi.

Untuk memudarkan flek-flek hitam dengan kunyit, buatlah masker menggunakan satu bagian kunyit dengan satu bagian madu.

Jika mau, kita juga bisa meningkatkan proses pencerahan dengan beberapa tetes jus lemon selama kulit tidak terlalu sensitif dan jeruk tidak akan bersentuhan dengan kulit terbuka seperti jerawat yang baru saja pecah.

3. Mengurangi flek-flek dengan minyak almond

"Bahan penguat kulit lainnya yang digunakan baik di dapur maupun pada kulit adalah minyak almond manis," tutur Engelman.

Namun, minyak almond yang biasa digunakan untuk memasak tidak sama dengan yang digunakan pada kulit yang sering diperkaya dengan vitamin dan mineral tambahan.

"Kehadiran vitamin E dan niasin membantu mengatasi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit," katanya.

Karena minyak almond manis umumnya dipandang sebagai non-komedogenik (artinya tidak akan menyumbat pori-pori), maka kita dapat menambahkannya ke dalam rutinitas malam hari sebagai penghapus riasan atau pelembab yang dimaksudkan untuk membantu melindungi pelindung kulit.

Jika digunakan sebagai penghapus riasan, oleskan pada kulit kering dan bersihkan dengan waslap sebelum diikuti dengan pembersih.

Jika digunakan sebagai pelembab, oleskan beberapa tetes untuk kulit kering dan biarkan menyerap sebelum melanjutkan dengan sisa rutinitas lainnya.

4. Mencerahkan kulit dengan yogurt

Bahan pencerah kulit alami lainnya yang mungkin sudah kita miliki di rumah adalah yogurt. Ini dapat bekerja untuk memudarkan flek-flek hitam dengan mengelupas kulit.

Seperti sifat pengelupasan kimiawi yang ditemukan dalam pepaya, yogurt dapat memecah sel-sel kulit mati berkat asam laktat, yang ditemukan secara alami dalam produk susu.

"Menggunakan yogurt dengan susu sapi bisa efektif dalam menenangkan kulit karena memiliki asam laktat."

"Asam laktat adalah AHA, yang memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan," terang Engelman.

"Asam ini lebih lembut di kulit daripada eksfolian kimia lainnya. Karena berasal dari susu, asam ini membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH yang bekerja untuk memperbaiki warna, tekstur, dan mengurangi kemerahan," ujar dia.

Yogurt bisa diaplikasikan pada kulit yang bersih saja atau dicampur dengan bahan tambahan yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan kulit seperti madu, yang bersifat antibakteri dan bagus untuk kulit berjerawat.

Selain itu, menambahkan oatmeal ke masker yogurt akan membantu mengelupas dan menenangkan kulit kering, pastikan untuk membilas masker ini dengan hati-hati agar tidak merobek atau mengiritasi kulit.

5. Membalikkan kerusakan dengan tomat

Daripada mengoleskan bahan ini pada wajah, tomat bekerja paling baik ketika dikonsumsi secara sistemik.

Menurut sebuah studi tahun 2011, peserta yang menelan sekitar 55 mg pasta tomat dengan minyak zaitun per hari mendapatkan perlindungan dari kerusakan foto akut dan jangka panjang yang disebabkan oleh sinar UV.

Mengapa pasta tomat sangat efektif?

Tomat secara alami kaya akan likopen yang memiliki banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk perlindungan terhadap sinar matahari.

Bagi yang tidak menyukai tomat bisa memilih buah atau sayuran lain yang berwarna serupa seperti jambu biji, jeruk bali merah muda, semangka, dan paprika merah manis.

Tapi, sekali lagi, jangan diaplikasikan pada kulit karena manfaatnya dapat diperoleh melalui diet.

6. Kurangi bekas luka dengan lidah buaya

Bagi sebagian orang, flek-flek hitam bukanlah hasil dari hiperpigmentasi, tetapi jaringan parut yang dapat terlihat jelas pada mereka yang memiliki kulit yang lebih kaya melanin.

"Bekas luka tidak dapat diprediksi, sehingga membuatnya sulit untuk diobati. Namun, hal yang paling penting adalah segera mengobatinya," Engelman menjelaskan.

"Semakin lentur kulit, semakin kecil kemungkinan bekas luka akan muncul, jadi menambahkan kelembaban kembali ke dalam kulit dengan minyak dan losion dapat mengurangi tampilan dan mencegah terbentuknya bekas luka baru," saran dia.

Bahan yang telah dicoba dan benar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam maupun dari luar adalah lidah buaya.

Lidah buaya dapat dicerna dalam bentuk minuman atau dioleskan ke kulit sebagai pelembab untuk menyembuhkan kulit dengan cara mematahkan daun tanaman lidah buaya dan mengoleskan zat lengket ke bekas luka.

Tidak memiliki tanaman lidah buaya? Gel lidah buaya dapat dioleskan langsung ke wajah seperti halnya banyak pembersih atau pelembab yang mengandung lidah buaya.

7. Jaga kesehatan kulit dengan vitamin C

Menurut American Academy of Dermatology, vitamin C adalah salah satu bahan alami yang lebih efektif untuk meringankan flek-flek yang ada dan berpotensi mencegah terbentuknya flek-flek baru.

"Untuk bekas luka tanda gelap, carilah AHA peels atau retinol yang akan membantu meningkatkan pergantian sel untuk menghilangkan lapisan atas kulit," ungkap Engelman.

"Untuk memudarkan hiperpigmentasi, carilah bahan-bahan yang mencerahkan seperti hidrokuinon, asam kojic, asam fitat, dan asam L-askorbat," jelas dia.

Yang terakhir adalah bahan perawatan kulit yang hebat, yang juga ditemukan secara alami dalam makanan kaya vitamin C seperti jeruk dan bayam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/14/061009520/7-rekomendasi-perawatan-alami-untuk-hilangkan-flek-hitam-di-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke