Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nutrisi Kayu Manis, Manfaat, Efek Samping, dan Cara Mengonsumsinya

Tanaman dengan nama ilmiah Cinnamomum zeylanicum ini banyak ditemukan di negara-negara Asia seperti Indonesia, India, dan Sri Lanka.

Sejak zaman kuno, kayu manis telah digunakan oleh dokter atau ahli kesehatan untuk mengobati batuk, suara serak, dan sakit tenggorokan.

Kayu manis dibuat dengan mengambil batang pohon kayu manis dan membiarkannya mengering menjadi apa yang kita kenal sebagai batang kayu manis. 

Batang kayu manis ini juga bisa digiling menjadi bubuk kayu manis.

Sementara itu bagian kayu manis yang berminyak, yang memberikan aroma dan rasa manis maupun pedas yang berbeda berasal dari cinnamaldehyde.

Kandungan ini dipercaya sebagai senyawa yang bertanggung jawab atas manfaat kayu manis.

Nutrisi kayu manis

Menurut Verywell Fit, satu sendok makan kayu manis mengandung 20 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 4 gram serat. 

Kayu manis tidak mengandung protein atau lemak dalam jumlah yang signifikan, tetapi kaya akan berbagai mikronutrien termasuk kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Karena kayu manis sangat bermanfaat, kita dapat menyertakannya ke dalam berbagai hidangan yang kaya akan mikronutrien untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Manfaat kesehatan kayu manis

Sebagai rempah terpopuler kedua di Amerika Serikat dan Eropa, kayu manis dikemas dengan fungsi yang dapat meningkatkan kesehatan.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu manis juga digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari sakit perut hingga dismenore.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial lainnya dari kayu manis.

• Mengurangi risiko kanker

Kayu manis kaya akan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis bertindak sebagai antioksidan kuat dalam sel usus besar manusia, yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

• Melawan diabetes dan penyakit jantung

Kayu manis juga memiliki banyak khasiat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, terutama pada penderita diabetes. 

Satu studi yang lebih tua melihat efek kayu manis pada penanda tertentu pada individu dengan diabetes tipe 2. 

Mereka yang mengonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari mengalami penurunan trigliserida, kolesterol LDL (jenis "jahat"), dan kolesterol total. 

Sementara itu, kolesterol HDL atau jenis "baik" tetap stabil.

Selain itu, kayu manis memiliki efek anti-diabetes dan manfaat yang signifikan untuk mengontrol gula darah.

Studi juga menunjukkan bukti kuat tentang kemampuan kayu manis untuk meningkatkan sensitivitas insulin, membantu hormon untuk bekerja secara efektif, dan karenanya membantu mengurangi gula darah.

• Mencegah lonjakan gula darah

Kayu manis telah terbukti dapat mengurangi lonjakan gula darah setelah makan. 

Pankreas melepaskan banyak enzim pencernaan yang mulai memecah gula segera setelah makan. 

Sebuah studi pun memperlihatkan bahwa kayu manis mengganggu enzim-enzim ini dan memperlambat pelepasan karbohidrat ke dalam saluran pencernaan.

• Melawan Infeksi

Kekuatan melawan infeksi kayu manis berasal dari komponen aktif utamanya, yakni cinnamaldehyde. 

Digunakan sebagai minyak kayu manis, sebuah penelitian yang lebih tua menunjukkan bahwa kayu manis dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti Listeria dan Salmonella.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan minyak kayu manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan bau mulut.

• Mengobati kondisi lainnya

Praktisi alternatif juga mengaitkan banyak sifat terapeutik dengan kayu manis, terutama dari kayu manis Ceylon. 

Kayu manis pun diyakini dapat mengobati beberapa kondisi lain seperti hipertensi, sindrom metabolik, sindrom iritasi usus besar (IBS), flu, maupun rinitis alergi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa jumlah kayu manis yang dibutuhkan sebagai agen pelindung tidak diketahui dan setiap orang merespons secara berbeda. 

Menambahkan kayu manis ke dalam diet juga tidak akan secara otomatis menyembuhkan kondisi medis.

Jadi, kita masih perlu mengikuti rencana perawatan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan.

Efek samping yang mungkin terjadi

Alergi terhadap kayu manis jarang terjadi, tetapi gejala alergi kayu manis dapat dilihat dengan adanya kemerahan dan iritasi kulit. 

Asupan kayu manis yang berlebihan juga dapat menyebabkan iritasi mulut dan bibir.

Apalagi, mengonsumsi kayu manis Cassia dalam jumlah besar dapat menjadi racun jika kita memiliki masalah hati atau ginjal.

Meskipun penggunaan kayu manis bubuk setiap hari dalam resep tidak dikontraindikasikan, jika kita sedang minum obat dan ingin mengonsumsi suplemen kayu manis untuk pengobatan, pastikan untuk berbicara dengan dokter. 

Sebab, suplemen kayu manis dapat mengubah efektivitas antibiotik, obat diabetes, pengencer darah, dan obat jantung.

Cara mengonsumsi kayu manis

Ada dua jenis utama kayu manis, yaitu kayu manis Ceylon dan kayu manis Cassia.

Kayu manis Ceylon juga dikenal sebagai kayu manis "asli", di mana kayu manis Cassia paling sering terlihat di toko-toko dan yang paling banyak dikenal orang sebagai kayu manis bubuk. 

Di sisi lain, kayu manis Ceylon memiliki rasa yang lebih ringan daripada kayu manis Cassia.

Sebagai salah satu rempah-rempah yang paling populer dalam memanggang, kayu manis biasanya digunakan dalam roti gulung kayu manis klasik dan kue-kue, serta makanan sarapan seperti roti panggang (french toast) dan campuran oatmeal. 

Kayu manis juga digunakan dalam banyak hidangan gurih seperti hidangan ayam dan kambing yang terinspirasi dari Timur Tengah. 

Kayu manis bahkan sering dipasangkan dengan buah-buahan seperti apel, pir, dan jeruk dalam memanggang dan digunakan untuk rasa pedas, serta manisnya dalam minuman kesehatan seperti teh kayu manis dan susu kunyit.

Kebanyakan kayu manis yang kita beli di toko adalah kayu manis Cassia, yang memiliki aroma dan rasa manis, hangat, dan menyengat. 

Kita pun dapat menggunakan kayu manis Cassia untuk semua kebutuhan kayu manis atau mencoba berbagai jenis kayu manis tergantung pada resep hidangan. 

Kayu manis Ceylon juga bagus untuk kue kering atau untuk ditambahkan ke teh herbal.

Perlu diketahui kayu manis harus disimpan di tempat yang gelap, sejuk, dan kering. Sebaiknya jauhkan dari sinar matahari dan panas. 

Bila disegel dengan baik, kayu manis bisa bertahan selama beberapa tahun, tetapi mungkin kehilangan rasa seiring berjalannya waktu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/14/133327520/nutrisi-kayu-manis-manfaat-efek-samping-dan-cara-mengonsumsinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke