Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mengatasi Garis-garis Halus dan Masalah Lain di Sekitar Mata

KOMPAS.com - Area mata tidak selalu dirawat dengan baik meskipun masih berada di area wajah dan kondisinya tampak jelas.

Seorang dokter spesialis kulit, Dr Arini Astasari Widodo, SpKK, pun menyebut tidak semua area mata mendapatkan perhatian yang sama, padahal itu bisa menimbulkan masalah yang tidak sepele.

"Masalah kulit di sekitar mata itu bukan cuma terjadi di bawah mata (under eye) saja, tetapi juga di sekitar kelopak mata (eyelid)," katanya saat hadir di acara media gathering bersama Loreal di Lucy In The Sky Jakarta, Rabu (14/9/2022) lalu.

"Kalau di usia muda mungkin kita belum menyadari pentingnya merawat bagian kelopak mata. Tapi, seiring bertambahnya usia, penuaan kulit bisa menutup bagian kelopak, sehingga nantinya dapat mengganggu penglihatan," terang dia.

Arini juga mengungkapkan bahwa masalah di area mata bukan hanya mata panda (dark circle) tetapi ada juga garis-garis halus (fine lines) akibat penuaan.

Maka dari itu, sangat penting bagi orang-orang untuk mulai merawat sekitar area mata mereka sejak dini, baik itu melalui produk skincare dan mengubah pola gaya hidup.

Tips mengatasi garis halus di mata

Arini pun membagikan beberapa tips yang bisa dicoba di rumah untuk mencegah dan mengatasi garis-garis halus, serta masalah lainnya di sekitar area mata.

• Membersihkan make up dengan lembut

Pertama, menurut Arini, pastikan untuk membersihkan make up dengan lembut dan usahakan sebisa mungkin jangan mengucek mata.

"Saat membersihkan make up mata, terutama yang waterproof, lakukan dengan lebih lembut supaya mencegah gesekan yang dapat menimbulkan garis-garis halus," tuturnya.

"Selain itu, jangan mengucek mata karena itu bisa membuat mata ititasi dan yang lebih parah adalah infeksi, terlebih jika tangan kita kotor," ujar dia.

• Pakai sunscreen secara rutin

Ternyata, memakai sunscreen tidak boleh hanya di bagian wajah saja, tetapi juga harus menyeluruh hingga ke bagian bawah mata dan kelopak mata.

Memang, Arini mengatakan, bahwa tidak semua produk sunscreen disarankan untuk dipakai di area mata.

Apalagi, area mata cenderung memiliki kulit yang lebih tipis dan lebih mudah sensitif pada berbagai hal, termasuk bahan-bahan kimia.

"Jadi, gunakan sunscreen di seluruh area mata dengan produk yang lebih spesifik. Biasanya sunscreen berbentuk stick dibuat untuk pemakaian hingga ke area mata," sarannya.

"Memastikan untuk tidak begadang, rutin berolahraga, batasi pengonsumsian garam, dan banyak minum air putih adalah kuncinya," terang Arini.

"Karena begadang bisa menyebabkan kantung mata dan makan banyak garam bisa membuat mata lebih sembab. Jadi, cobalah untuk menghindarinya," jelas dia.

• Memakai eye serum

Yang terakhir adalah memakai eye serum agar dapat menghidrasi kulit di area mata agar lebih lembab dan tentunya terhindar dari penuaan kulit secara dini.

"Misalnya, area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan garis-garis halus, sehingga bagian ini membutuhkan lebih banyak pelembab," kata Arini.

Arini pun merekomendasikan untuk memilih produk eye serum yang mengandung hyaluronic acid, karena ini bahan utama yang dapat mempertahankan kelembaban dengan cara mengikat air di jaringan kulit.

Kemudian, membuat kulit di bawah mata terasa lebih kenyal dan terhidrasi, sehingga dapat menyamarkan garis-garis halus di bawah area mata dengan meningkatkan hidrasi kulit.

"Kita juga bisa memilih eye serum dengan kandungan kafein, yang dikenal akan antioksidannya untuk membantu menyegarkan kulit di area mata dan mengurangi retensi air di area mata untuk mengurangi mata yang sembab," tambah dia.

Eye serum ini mengandung banyak bahan aktif yang terbukti bermanfaat.

Bahan aktif utama adalah 1.5 persen hyaluronic acid dengan ukuran molekul berbeda untuk menargetkan lapisan kulit yang berbeda pula.

Bahan aktif kedua adalah satu persen kafein yang dapat membantu menyegarkan kulit di area mata dan mengurangi retensi air untuk menyamarkan tampilan lingkaran hitam dan sembab di bawah mata.

Serum ini juga mengandung niacinamide atau vitamin B3 (niacin) untuk membantu mencerahkan kulit dan telah diuji secara klinis membantu menyamarkan garis-garis halus di area bawah mata dan masalah lainnya.

L'Oreal Paris Triple Roller 2.5 persen [Hyaluron + Caffeine] kini sudah tersedia melalui e-commerce, supermarket, hypermarket, serta beberapa toko kosmetik di Indonesia dengan harga retail Rp 169.000.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/17/083418820/tips-mengatasi-garis-garis-halus-dan-masalah-lain-di-sekitar-mata

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.