Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Tubuh Seperti Chris Hemsworth? Begini Pola Makannya

KOMPAS.com - Aktor Chris Hemsworth bukan hanya terkenal lewat perannya sebagai Thor, namun juga karena tubuh kekarnya yang bikin iri banyak orang, terutama pria.

Tentunya, tubuh kekar itu tidak dicapai dengan cara instan. Selain latihan rutin, pola makan Chris Hemsworth pun ada aturannya.

Saat latihan untuk berakting dalam Thor: Love & Thunder, Chris Hemsworth makan 10 kali per hari dengan menu 450 kalori setiap kali makan.

Menurut pelatih pribadi Hemsworth, Luke Zocchi, makanan itu disajikan setiap dua jam sekali. Artinya, total kalori yang dikonsumsi aktor asal Australia ini berjumlah 4500 kalori per harinya.

Jumlah kalori yang banyak itu diperlukan mengingat gaya hidup Chris Hemsworth yan banyak melakukan olahraga dan latihan untuk membentuk tubuhnya. Tentu ia harus makan lebih banyak dari orang-orang pada umumnya,

Lalu soal pilihan makanan, biasanya Chris Hemsworth memilih daging atau protein tidak diproses yang berkualitas tinggi, karbohidrat seperti nasi, dan sayuran seperti brokoli.

Dengan pola makan tersebut, Chris Hemsworth pun bisa mendapatkan tubuh kekarnya.

Meski akan cepat bosan karena terus menerus makan, sebenarnya kita bisa saja mendapatkan otot kekar seperti milik Hemsworth jika kita juga berolahraga seperti dia.

Namun, tentu itu akan sulit, kecuali kita telah memiliki tubuh, otot, dan kebugaran yang  mendekati Hemsworth.

Untuk itu, ada baiknya kita melakukannya secara bertahap dan berkonsultasi terlebih dahulu pada profesional sebelum memutuskan untuk mengubah pola makan, seperti yang diungkapkan oleh pendiri Sports Nutrition Association, Alex Thomas.

Menurut Thomas, kunci dalam melakukan perubahan besar pada pola makan adalah berkonsultasi dengan pelatih atau profesional, guna memastikan apa yang kita makan cocok dengan tujuan dan gaya hidup kita.

“Dan ini bukan sekadar soal latihan atau body goals, tapi kita juga perlu mindful pada tujuan kita dalam pekerjaan, kehidupan sosial, dan hubungan. Artinya, membuat perubahan bertahap yang lebih kecil,” ujarnya.

Thomas pun menambahkan, jika kita melakukan olahraga dan latihan berat selama beberapa kali dalam seminggu, makan mengonsumsi kalori yang cukup dari karbohidrat akan sangat penting. Sebab, kalori inilah yang akan menjadi bahan bakar bagi aktivitas kita yang intens.

Karena itu, mengonsumsi makanan kaya karbohidrat akan sangat baik.

Selain itu, konsumsi pula beberapa buah, produk turunan susu (seperti yopro/chobani/greek yoghurt) dan kacang-kacangan untuk camilan di pagi atau sore hari.

Lalu, batasi konsumsi alkohol menjadi 4-5 minuman saja per minggunya, dan makanan fast food menjadi sebanyak 1-2 makanan saja per minggu, dan tetap konsisten menjalaninya.

Lebih lanjut, Thomas mengatakan bahwa protein shake tetap bisa kita minum bersamaan dengan diet seimbang. Namun tanpa bimbingan dari pakar kesehatan, protein shake tidak boleh digunakan sebagai pengganti makan.

Sebab menurutnya, protein shake tidak mengenyangkan jika dibandingkan dengan makanan asli, sementara untuk menurunkan berat badan, kita perlu berada dalam kondisi defisit energi, yang akan membuat kita lapar, dan meminum shake hanya akan membuatnya bertambah parah.

Ia menambahkan, shake sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menggantikan makanan saat tujuan sulit dipenuhi dan dilakukan dengan pengawasan seorang profesional berkualifikasi yang dapat membantu kita menyusun rencana nutrisi dan membuat kita bertanggung jawab dengan rencana yang kita buat.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/18/081942720/ingin-tubuh-seperti-chris-hemsworth-begini-pola-makannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke