Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minum Air Hangat, Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Sakit Perut

KOMPAS.com - Sakit perut bisa datang secara tiba-tiba. Kondisi ini tak hanya membuat penderitanya merasa tidak nyaman, tapi juga dapat memengaruhi produktivitas sehari-hari.

Penyebabnya bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Mulai dari kandungan makanan atau minuman tertentu, sembelit, otot perut yang menegang, infeksi bakteri, dan lain sebagainya.

Saat sakit perut menyerang, satu cara yang dapat mengatasi kondisi tersebut dengan cepat adalah dengan minum air hangat.

Ada beberapa fakta menarik seputar air hangat yang dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi sakit perut.

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa lebih dari 50 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari untuk menjaga fungsi semua organ vital tetap dalam kondisi yang baik, termasuk pada usus dan saluran pencernaan.

Ketika sakit perut penyerang, kondisi tersebut dapat menjadi suatu pertanda bahwa ada gangguan yang terjadi di saluran pencernaan.

Melansir Net Meds, simak beberapa alasan berikut ini terkait manfaat dari air hangat untuk mengatasi sakit perut.

1. Mampu membuang racun

Sakit perut bisa menyerang ketika di dalam tubuh atau saluran pencernaan masih terdapat racun-racun sisa metabolisme.

Manfaat meminum air hangat adalah dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Khasiat ini sebenarnya akan lebih efektif ketika dikonsumsi sesaat setelah bangun tidur di pagi hari.

2. Membuat makanan jadi lebih mudah dicerna

Makanan yang sulit dicerna oleh usus dapat memicu berbagai kontraksi perut, mulai dari perut kembung, otot yang menegang sampai memberikan sensasi yang tidak nyaman.

Kondisi itu disebabkan oleh usus yang bekerja lebih keras dalam mencerna makanan, sehingga terjadi beberapa ketegangan di antara otot-otot usus tersebut.

Dengan mengonsumsi air hangat, khasiatnya dapat memecah makanan dan memberikan energi pada sistem pencernaan agar fungsinya kembali normal dan makanan lebih mudah dicerna.

Asam lambung yang berlebihan dapat memicu sakit perut, mulas, mual hingga heartburn.

Meminum air hangat saat perut tidak nyaman, khasiatnya bisa membantu menetralkan tingkat keasaman di perut, sehingga sakit perut bisa teratasi.

4. Meredakan rasa sakit

Air hangat telah dikenal lama memiliki efek penyembuhan terutama pada geja gejala kejang dan kram pada otot perut.

Ketika gejala itu muncul, maka mengonsumsi air hangat atau sekadar mengkompres perut dengan botol yang berisi air hangat dapat membantu meredakan nyeri yang dialami.

5. Meredakan sembelit

Sulit buang air besar atau sembelit juga dapat menjadi penyebab sakit perut.

Dengan mengonsumsi air hangat, maka khasiatnya dapat meningkatkan pergerakan usus, meredakan sakit perut, serta memberikan stimulasi usus agar fungsinya normal kembali.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/19/155752120/minum-air-hangat-pertolongan-pertama-untuk-mengatasi-sakit-perut

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.