Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Area Mata

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Merawat kulit merupakan tanda cinta terhadap diri sendiri. Seiring bertambahnya usia, kulit akan rentan mengalami masalah, terlebih di area mata.

Kulit daerah mata penting untuk dirawat karena ia lebih tepis dan lebih halus daripada kulit di bagian tubuh lainnya.

Selain itu, faktor genetik, sinar ultraviolet (UV), stressor eksternal, dan pilihan gaya hidup juga dapat menyebabkan kulit di sekitar mata lebih cepat menua.

Bahkan, siniar Semua Bisa Cantik episode “Beauty Diary: Yuk, Jaga Kesehatan Kulit Area Mata” mengajak kita untuk lebih memperhatikan kesehatan kulit area mata yang sama pentingnya untuk dirawat seperti layaknya kita merawat kulit wajah.


Pada episode tersebut, Anna mengatakan, area mata mudah kehilangan elastisitas jika sering menggunakan riasan mata. Penggunaan krim mata sangat penting untuk menjaga area tersebut.

Krim mata diformulasikan secara khusus untuk dioleskan pada kulit di sekitar kelopak mata. Adapun cara mengaplikasikanya adalah menggunakan jari dengan sentuhan paling ringan, seperti kelingking.

“Produk eye cream saat ini sudah banyak. Sesuaikan kandungan eye cream dengan kebutuhan. Penggunaan secara rutin bisa membuat cerah area kulit mata. Pastikan produk tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri,” ujar Anna.

Pentingnya Menggunakan Krim Mata

Dokter kulit di New York City, Marisa Garshick menekankan pentingnya krim mata bagi mereka yang mempunyai lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kantong mata.

Keluhan seperti ini bisa dihempas dengan menggunakan krim mata yang mengandung niacinamide. Selain itu, penggunaan vitamin C dan hyaluronic acid bisa membantu mencerahkan, melindungi dari radikal bebas, dan melembabkan.

Anna mengatakan, jika memiliki milia, sebaiknya pilih krim mata dengan tekstur ringan berbentuk gel atau serum. Jika sudah melakukan hal di atas tapi masih belum mendapat hasil maksimal, kita bisa mendatangi dokter kulit untuk melakukan perawatan lanjutan.

Rawat Kulit Area Mata dengan Lembut

Untuk menghindari keluhan yang lebih serius, kita bisa merawat area mata sejak dini. Hal ini bisa dimulai dari tidur lebih awal. Sebab, begadang merupakan penyebab utama munculnya kantung mata.

Selain itu, jika senang mengenakan riasan di area mata, kita harus membersihkannya secara lembut. Sebab, tekanan yang berlebihan berpotensi memunculkan garis halus.

Jangan Lupakan Sunscreen

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab menggelaonya kulit di bawah mata.

Itu sebabnya, kita harus menggunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar UVA yang bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Tetap aplikasikan tabir surya secara merata di atas dan bawah kulit area mata. Selain itu, jika berada di area terbuka, usahakanlah mengenakan kacamata hitam agar area mata terlindungi dari sinar ultraviolet.

Dengarkan siniar Semua Bisa Cantik hanya di Spotify supaya kamu tetap terbarui dengan berbagai cerita dari para perempuan Indonesia yang mendefinisikan kecantikannya secara berbeda.

Episode “Beauty Diary: Yuk, Jaga Kesehatan Kulit Area Mata” bisa didengarkan melalui tautan berikut https://dik.si/sbc_kulitareamata.

Ikuti juga siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya!

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/20/160000520/pentingnya-menjaga-kesehatan-kulit-area-mata

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.