Salin Artikel

Support System versi Aku

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Support system ada sebagai hubungan timbal balik sebagai manusia yang juga butuh dipahami. Support system berarti memiliki orang yang bisa diandalkan saat kita membutuhkannya.

Memiliki support system atau orang yang mendukung kita, baik secara materi maupun nonmateri, memiliki banyak manfaat temasuk untuk kesehatan mental.

Mengutip dari Highland Spring Clinic, support system membantu meningkatkan kesehatan karena berkurangnya rasa stres dan cemas.

Teman Manusia Asa, Lana Donita mengungkapkan jika keberadaan support system sangat membantu mengembalikannya menjadi diri sendiri dan menjadi pribadi yang lebih kuat. Cerita lengkapnya bisa didengarkan lewat siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Support System Versi Aku”.

Lana mengatakan jika keberadaan support system bisa membantu memecahkan suatu masalah dan mengalihkan perhatiannya dari sesuatu yang negatif ke arah yang positif. Menurutnya, support system tak selalu manusia, bisa juga melalui hal-hal yang kita sukai.

Bagaimana Membangun Support System?

Support system penting dimiliki siapapun. Banyak orang berpikir lebih mudah untuk melakukan sesuatu sendiri. Ada pula yang berpikir tidak perlu mengkhawatirkan kesehatan mental.

Padahal, memiliki support system saat keadaan sulit penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Itu sebabnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan support system.

Pertama, keluarlah dari zona nyaman dengan bergabung di komunitas yang kita suka. Selain bisa meningkatkan suasana, kita juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kedua, lihatlah teman atau orang-orang di sekeliling. Dari situ, kitai bisa melihat orang-orang mana saja yang bisa diajak berdiskusi atau yang sering menawarkan nasihat tanpa memandang rendah kita.

Ketiga, cobalah bersikap terbuka saat meminta bantuan. Setelah itu, terimalah bantuan tersebut dengan ramah. Terakhir adalah mencoba aktivitas baru secara sendiri maupun kelompok untuk memberikan pengaruh positif.

Manfaat Memiliki Support System

Psikolog Ida N.Faizah M.Psi mengatakan jika support system mempunyai banyak manfaat. Pertama, bisa membuat kita lebih termotivasi karena selalu mendukung kita saat berada dalam keadaan apa pun.

Kedua, membuat kita merasa nyaman karena manusia cenderung mencari hubungan sosial yang aman dan nyaman. Hal ini berguna saat kita menghadapi situasi sulit.

Terakhir, dapat meningkatkan hormon yang membuat kita bahagia, salah satunya hormon serotonin dan dopamin.

Akan tetapi, kita harus memilih support system yang memberikan dukungan ke arah positif. Sebab, ada beberapa support system yang justru mendorong kita ke arah negatif, seperti mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang.

Hal ini dibuktikan oleh National Library of Medicine yang mengungkapkan besarnya efek support system terhadap perkembangan diri seseorang. Itu sebabnya, kita juga tak boleh sembarangan dalam memilih support system.

Episode “Support System Versi Aku” juga bisa kamu dengarkan melalui tautan berikut https://dik.si/anjiw_supportsystem.

Ingin dengar lebih banyak cerita, fakta, atau pengetahuan seputar kesehatan mental? Ikuti terus siniar Anyaman Jiwa di Spotify agar kamu terinfo tiap ada episode terbaru.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/20/190000320/support-system-versi-aku

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.