Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Maskapai Penerbangan Terbaik Tahun 2022, Mau Tahu?

Bahkan, baru-baru ini, situs ulasan dan peringkat maskapai penerbangan maupun bandara yang berbasis di Inggris, Skytrax, menobatkan sebuah maskapai penerbangan terbaik untuk tahun 2022 dalam Skytrax World Airlines Award 2022.

Ada pun peringkat pertama maskapai penerbangan terbaik itu diduduki oleh Qatar Airways, yang telah memenangi hadiah utama sebanyak tujuh kali sejak penghargaan pertamanya pada tahun 1999.

Untuk menobatkan Qatar sebagai peringkat utama, Skytrax melakukan lebih dari 14 juta survei pelanggan di lebih dari 100 negara antara September 2021 hingga Agustus 2022 untuk mengetahui maskapai penerbangan favorit dunia saat ini.

Selain menjadi maskapai terbaik, Qatar juga meraih delapan penghargaan lainnya pada, termasuk Best Business Class, Best Business Class Seat, dan Best Business Class Lounge Dining.

Hanya dua bulan yang lalu, maskapai ini meraih slot No.1 dalam peringkat AirlineRatings.com untuk maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Kepala eksekutif grup Qatar Airways, Akbar Al Baker, berterima kasih kepada karyawannya yang luar biasa atas dedikasi dan dorongan mereka yang berkelanjutan.

Dia juga mengatakan, memenangi penghargaan di tahun yang sama saat perusahaan tersebut merayakan ulang tahun yang ke-25 adalah hal yang membahagiakan.

"Itu semua berkat layanan yang konsisten, produk yang konsisten, perhatian yang konsisten kepada penumpang, dan dedikasi mutlak dari semua orang yang bekerja di maskapai ini," kata dia kepada CNN Travel.

Tepat di bawah Qatar, yakni posisi kedua, ada Singapore Airlines, yang menurut survei Skytrax juga memenangi sembilan penghargaan, termasuk Best Cabin Staff, Best First Class, Best First Class Seat, dan Best First Class Catering.

Kejutan dari Ryanair

Selanjutnya, maskapai penerbangan berbendera Uni Emirat Arab, Emirates, yang berada di tempat ketiga juga dianugerahi penghargaan untuk Best Inflight Entertainment, Best Economy Class, Best Economy Class Catering, dan Best Premium Economy Class Seat.

Lalu, ANA (All Nippon Airways) Jepang berada di posisi keempat, dan juga dinobatkan sebagai maskapai paling bersih di dunia karena sangat memperhatikan standar kebersihan secara konsisten.

Selain itu, maskapai ini memenangkan empat penghargaan lainnya, termasuk Best Airport Services.

Maskapai penerbangan Australia, Qantas, berada di urutan kelima dalam survei terhadap lebih dari 350 maskapai penerbangan, yang dilakukan dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Rusia, Jepang, dan China.

Kemudian Delta Air Lines adalah maskapai penerbangan terkemuka di AS yang memenangi enam kategori penghargaan khusus wilayah.

Sementara Turkish Airlines adalah maskapai penerbangan teratas di Eropa yang membawa pulang empat penghargaan termasuk gelar maskapai penerbangan terbaik di Eropa yang terkenal sangat kompetitif.

Salah satu kejutan terbesar datang dari maskapai penerbangan Irlandia, yakni Ryanair, yang tidak pernah takut menghadapi kontroversi dalam 37 tahun sejarahnya.

Untuk pertama kalinya maskapai ini memenangi penghargaan maskapai penerbangan berbiaya rendah terbaik di Eropa.

Keberhasilan ini didapatkan setelah maskapai penerbangan itu lebih dapat diandalkan, dengan pembatalan jadwal penerbangan yang relatif sedikit.

Maskapai ini juga menawarkan penerbangan pada bulan Juli dan Agustus untuk membantu orang-orang yang terdampar karena pembatalan oleh pesaing mereka.

CEO Skytrax, Edward Plaisted pun menambahkan, walaupun penghargaan tersebut merayakan yang terbaik dari penerbangan, industri ini masih menghadapi tekanan Covid-19 dengan adanya kekurangan staf.

Belum lagi adanya lonjakan harga bahan bakar yang disebabkan oleh konflik di Ukraina.

"Secara keseluruhan, ini bukan saat-saat yang paling membahagiakan dalam banyak hal," kata dia.

"Maskapai penerbangan tidak membayar biaya masuk atau biaya pendaftaran untuk memenuhi syarat agar bisa mendapatkan penghargaan."

"Jadi, semua biaya survei dan acara penghargaan ditanggung oleh Skytrax," imbuh dia.

The world's top 20 airlines 2022, versi Skytrax

1. Qatar Airways
2. Singapore Airlines
3. Emirates
4. ANA (All Nippon Airways)
5. Qantas Airways
6. Japan Airlines
7. Turkish Airlines
8. Air France
9. Korean Air
10. Swiss International Air Lines
11. British Airways
12. Etihad Airways
13. China Southern Airlines
14. Hainan Airlines
15. Lufthansa
16. Cathay Pacific
17. KLM
18. EVA Air
19. Virgin Atlantic
20. Vistara

World's Best Cabin Staff: Singapore Airlines

World's Best Airline Cabin Cleanliness: ANA All Nippon Airways

World's Best Independent Airport Lounge: Plaza Premium

World's Best Business Class Lounge: Virgin Atlantic

World's Best Leisure Airline: SunExpress

World's Best Low-Cost Airline/Best Low-Cost Airline in Asia: AirAsia

Best Low-Cost Airline in Europe: Ryanair

Best Low-Cost Airline in North America: Southwest Airlines

Best Low-Cost Airline in Africa: FlySafair

World's Best Long Haul Low-Cost Airline: Scoot

World's Best in Class Airlines

The World Best First Class Airline: Singapore Airlines
The World's Best Business Class Airline: Qatar Airways
The World's Best Premium Economy Class Airline: Virgin Atlantic
The World's Best Economy Class Airline: Emirates

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/24/212817520/maskapai-penerbangan-terbaik-tahun-2022-mau-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke