Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, Bahaya Minum Es Teh Manis Setiap Hari untuk Kesehatan Ginjal

Rasanya begitu nikmat di lidah maupun di tenggorokan sehingga membuat kita ketagihan.

Minuman ini juga cocok dikombinasikan dengan berbagai makanan mulai dari ayam geprek, sate, soto hingga camilan manis.

Namun beberapa orang bertanya-tanya apakah kebiasaan minum es teh manis akan berdampak buruk, khususnya pada kerja ginjal.

Kebiasaan minum es teh berisiko untuk kesehatan ginjal

Apakah es teh manis bisa berbahaya untuk ginjal?

"Bisa sih karena teh sendiri mengandung oksalat," kata spesialis penyakit dalam di Surabaya, dr. R.A. Adaninggar Primadia Nariswari, Sp.PD, dikutip dari akun Instagramnya.

Kadar oksalat berlebihan bisa menyebabkan pembentukan batu di saluran kemih termasuk pada ginjal.

Jadi konsumsi es teh manis pada orang yang berisiko tinggi mengalami batu ginjal memang bisa merusak kerja organ ekskresi ini dalam jangka panjang.

Pakar kesehatan yang akrab dipanggil Dokter Ning ini menambahkan, beberapa teh yang berisi komponen herbal juga bisa berbahaya apabila dikonsumsi.

Khususnya oleh orang yang memang berisiko tinggi atau sudah mengalami gangguan ginjal sebelumnya seperti penyakit komorbid diabetes atau hipertensi.

Orang dengan kondisi tersebut cenderung sudah mengalami gangguan fungsi ginjal sehingga kebiasaan minum es teh manis setiap hari bisa berbahaya karena mempercepat kerusakannya.

"Selama dikonsumsi sama orang yang jelas-jelas ginjalnya sehat dan tidak berlebihan sebenarnya es teh enggak berbahaya," jelas jebolan Universitas Airlangga ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/26/123223220/kenali-bahaya-minum-es-teh-manis-setiap-hari-untuk-kesehatan-ginjal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke