Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memadukan Gaya Tradisional dan Modern, Tenun Sumba Melenggang di Paris

KOMPAS.com - Ketenaran tenun Sumba rupanya semakin menanjak. Ini terbukti dengan banyaknya desainer yang menggunakan tenun indah tersebut dalam rancangannya, tak terkecuali Laely Indah Lestari.

Lewat brand Laelyind, ia menampilkan tenun sumba dalam koleksi terbarunya pada peragaan busana Front Row Paris 2022 yang diselenggarakan Indonesian Fashion Chamber dan KBRI di Paris, Perancis.

Fashion show ini ditujukan untuk menampilkan koleksi busana dari berbagai designer berbakat Indonesia dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Agenda kegiatan ini bermula dari pelabuhan Debilly, menyusuri Sungai Seine dengan berkeliling kota Paris, kemudian dilanjutkan dengan fashion show, business matching dan pop up store yang dihadiri oleh buyers dan media di La Galerie Bourbon Paris.

Adapun salah satu yang banyak dilirik pada kegiatan tersebut adalah brand Laelyind yang saat itu khusus menghadirkan fashion wastra dari Tenun Sumba.

Laelyind menampilkan 5 koleksi busana berbahan dasar dari kain tenun Sumba yang dipadupadankan dengan aksesoris etnik seperti beberapa manik-manik dan bordir pada tangan dan leher sebagai aksen agar lebih terlihat stylish.

Koleksi Laelyind kali ini menggunakan warna earth tone untuk kesan nyaman dan hangat.

“Saya mencoba mendesign tenun Sumba untuk bisa tetap terlihat lux dan elegant dengan tetap memperhatikan nilai kearifan lokal serta kualitas,” tutur Laely Indah Lestari.

Laelyind mengusung Tema “Heaven Wind From East Indonesia”, yang terinspirasi dari perjalanannya berkeliling Indonesia untuk mengenal budaya.

Dalam perjalanannya tersebut, Laely menemukan banyak kain yang bercerita tentang keindahan Indonesia dan salah satunya dituangkan dalam karya perdananya ini di Paris.

Koleksi Ready to wear Laelyind rupanya menarik pasar Eropa sehingga ada beberapa buyer yang melakukan pre order untuk memiliki koleksi fashion darinya.

Fashion designer Laely Indah Lestari sendiri memiliki kecintaan besar terhadap budaya Indonesia terutama pada kain wastra. Menurutnya Indonesia memiliki sejuta pesona yang belum diketahui oleh banyak orang.

Dalam platformnya di kanal Instagram dan youtube @Laelypassions, secara konsisten Laely memperkenalkan ragam kain wastra yang kemudian ia design dengan tetap mengikuti trend global.

Menurut Laely, tenun Sumba memiliki pesona dan kekhasan, terlebih lagi ketika ditampilkan dengan gaya modern dan elegan tanpa menghilangkan aspek nilai budayanya.

Ke depan, Laely Indah Lestari berniat konsisten mengenalkan karya-karya desain dengan ragam pesona kain wastra Indonesia.

Ia berharap hal ini bisa membuka mata masyarkat baik lokal maupun global tentang betapa mempesonanya kain Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/28/135651920/memadukan-gaya-tradisional-dan-modern-tenun-sumba-melenggang-di-paris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke