Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berlian Kembaran Perhiasan Ratu Elizabeth Dilelang, Harganya Rp 318 M

KOMPAS.com - Rumah lelang Sotheby's tak pernah kehabisan barang super langka dan mewah yang selalu diidam-idamkan kolektor.

Yang terbaru, Sotheby's di Hongkong tersebut berencana melepas berlian merah muda 11.15 karat pada Jumat (7/10/2022) ini.

Dinamai Williamson Pink Star, berlian yang akan dilelang Sotheby's menarik untuk diperhatikan karena nilainya yang fantastis.

Rumah lelang tersebut memperkirakan berlian yang dilelang nilainya tembus 21 juta Dolar AS atau setara Rp 318 miliar.

Tak hanya itu, sorotan publik juga terarah kepada Williamson Pink Star lantaran berlian merah muda ini adalah salah satu yang paling langka di dunia.

Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari status Williamson Pink Star sebagai berlian tanpa cacat terbesar kedua yang pernah dilelang.

Menariknya, Williamson Pink Star juga diklasifikasikan sebagai Fancy Vivid Pink, yang biasanya ditemukan kurang dari 10 karat.

Menurut Gemological Institute of America (GIA), dari 1.400 berlian merah muda yang dianalisis, hanya empat persen yang layak disebut Fancy Vivid Pink.

Jadi, kehadiran Williamson Pink Star tentunya sangat bersejarah bagi pelelangan Sotheby's dan kolektor yang memilikinya.

Berlian merah muda pertama diberikan oleh ahli geologi Kanada Dr. John Thorburn Williamson sebagai hadiah pernikahan Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip pada tahun 1947.

Berlian merah muda yang diberikan kepada Ratu Elizabeth II ketika masa mudanya berasal dari Tambang Williamson, Tanzania.

Tambang yang dimiliki oleh Dr. Williamson tersebut pertama kali dioperasikan pada tahun 1940.

Sejak dibuka delapan dekade lalu, tambang tersebut berkali-kali "melahirkan" berlian merah muda yang langka -termasuk Williamson Pink Star yang akan dilelang Sotheby's.

Jadi, bisa dibilang Williamson Pink Star yang direncanakan dilepas kepada kolektor pekan ini saudaraan dengan berlian merah muda yang pernah dimiliki Ratu Elizabeth II.

Namun, kedua berlian merah muda tersebut memiliki perbedaan. Pasalnya, Williamson Pink milik Ratu Elizabeth II dimurnikan dari batu kasar 54,50 karat menjadi berlian bulat 23,60 karat.

Ketika pemolesan selesai, berlian merah muda miliknya dipasang di tengah-tengah bros bunga yang dirancang oleh Cartier.

Sejak itu, Sang Ratu telah memakai William Pink Star di banyak kesempatan selama mengabdikan diri bagi kerajaan, termasuk Silver Jubilee tahun 1977.

Sementara Williamson Pink Star yang direncanakan dilelang Sotheby’s dipoles dari berlian kasar 32 karat menjadi potongan cushion-cut oleh pengrajin di Diacore.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/05/150848220/berlian-kembaran-perhiasan-ratu-elizabeth-dilelang-harganya-rp-318-m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke