Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bell & Ross Bikin Jam Tangan Khusus untuk Pencinta Batman

KOMPAS.com - Bell & Ross memiliki cara yang luar biasa unik dalam mengambil inspirasi dari karakter fiksi untuk menjalin hubungan yang lebih "mesra" dengan pencinta film Batman.

Jika biasanya manufaktur jam Perancis itu membuat jam tangan militer dan penerbang, maka karya yang diperkenalkan kali ini sedikit berbeda.

Menggandeng penerbitan online AS Uncrate, Bell & Ross mengusung jam tangan khusus yaitu BR 03-92 Wayne Enterprises.

Sesuai namanya, jam tangan ini didedikasikan untuk Wayne Enterprises, perusahaan fiksi di film Batman yang dimiliki oleh Bruce Wayne.

Desain diambil dari BR 03-92 yang dirancang ulang

Bell & Ross x Uncrate BR 03-92 Wayne Enterprises merupakan adaptasi dari jam tangan penerbang unggulan perusahaan, BR 03-92.

Secara garis besar, referensi ini menampilkan desain yang sama dengan BR 03-92 orisinal.

Misalnya, cangkang baja berbentuk persegi yang dipoles halus memiliki diameter 42 milimeter. Bagian bezel atau bingkai jam juga membulat.

Konsep dial transparan

Tidak seperti versi orisinal yang menggunakan permukaan dial solid atau tertutup, Bell & Ross menerapkan konsep dial kaca transparan (skeleton) pada BR 03-92 Wayne Enterprises untuk mengungkap tampilan mesin jam.

Bezel bagian dalam diberi warna tembaga kecokelatan, sementara mayoritas komponen mesin berwarna hitam dengan sedikit sentuhan perak.

Skala waktu 5-60 menit di bagian tepi dicat hitam, kemudian jarum dan indeks jam dilapisi material Super-LumiNova demi kemudahan pengguna dalam melihat waktu di tempat dengan cahaya minim.

Keunikan jam tangan ini terletak pada teks bertuliskan "Bell & Ross" yang berada di bawah indeks jam 12.

Teks tersebut bisa tampak berwarna putih atau hitam. Bell & Ross mengklaim, hal itu disebabkan oleh efek kaca yang mengubah warna teks tergantung dari pantulan cahaya.

Mesin jam otomatis

Mesin yang tampak dari bagian dial adalah mesin otomatis kaliber BR-CAL.321 yang memberikan cadangan daya hingga 38 jam.

Jika jam tangan dibalik, kita dapat melihat ukiran yang menandai kolaborasi tiga arah antara Bell & Ross, Uncrate, dan Wayne Enterprises.

Diproduksi terbatas

Dilengkapi opsi tali berbahan kulit atau nilon, Bell & Ross x Uncrate BR 03-92 Wayne Enterprises dijual sangat terbatas, hanya 100 unit di dunia.

Jam tangan ini dilepas dengan harga 4.800 dollar AS atau lebih kurang Rp 73 juta.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/06/063346920/bell-ross-bikin-jam-tangan-khusus-untuk-pencinta-batman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke