Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Butik Kiehl's di Central Park Mall Jakarta Usung Konsep Berkelanjutan

KOMPAS.com - Belakangan, tren berkelanjutan atau sustainability semakin diminati di industri fesyen.

Hal ini ditandai dengan banyaknya desainer dan merek yang mengusung konsep tersebut.

Bagi pengecer kosmetik AS, Kiehl's, sustainability bukan hanya terkait akan produk, melainkan juga berkomitmen serius untuk menghadirkan butik yang lebih berkelanjutan.

Baru saja, Kiehl's Indonesia resmi mengenalkan transformasi butik di Central Park Mall, Jakarta yang didesain dengan prinsip-prinsip berkelanjutan.

Aspek berkelanjutan itu diterapkan mulai dari konsep awal, proses pembangunan, hingga pengelolaan daur ulang.

Menurut Venny Septianita, Brand General Manager Kiehl's Indonesia, transformasi butik Kiehl's menjadi upaya perusahaan untuk dapat menjaga keindahan dan kelestarian Bumi.

"Butik Kiehl's di Central Park Mall sudah didesain, diproduksi, serta dioperasikan secara lebih ramah lingkungan," sebut Venny saat ditemui di Central Park Mall, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

"Ini bagian dari komitmen kami di Indonesia untuk membuat butik yang lebih ramah lingkungan demi masa depan yang lebih hijau," sambungnya.

"Kami melibatkan semua pihak, termasuk retailer, desainer, tim Kiehl's, dan vendor untuk bekerja dengan lebih kreatif dan lebih cermat agar lebih berkelanjutan," katanya dalam kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Arif menambahkan, sebanyak 82 persen material yang digunakan di butik tersebut sudah tersertifikasi ramah lingkungan.

"Kita juga berusaha me-reuse furnitur dari toko sebelumnya dan me-revamp supaya sesuai dengan desain toko terbaru, jadi tidak memperbanyak sampah produksi."

Sebagai contoh, dinding bata (brick) di butik dari toko terdahulu diambil untuk kemudian diaplikasikan di butik yang baru.

"Batu bata dari toko lama kita potong, terus kita cutting sesuai kebutuhan," tambah Arif.

"Jadi bukan kita merusak dan memproduksi batu bata baru, kita menggunakan kembali batu bata yang sudah ada."

Tidak hanya dinding, lantai butik juga dikonstruksi dari kayu bekas bangunan lama yang diolah kembali dan diberi sentuhan akhir sesuai color tone Kiehl's.

Adapun langit-langit atau ceiling yang digunakan terbuat dari absorbent material untuk mengurangi noise dari luar.

"Kadang kalau di toko, noise dari luar itu masih terdengar di dalam. Dalam mendesain ceiling, pendekatan kami adalah bagaimana menciptakan kenyamanan bagi customer di dalam toko kami," terang Arif.

"Jadi ketika customer masuk ke toko, akan terasa noise berkurang dibandingkan saat berada di luar toko."

Lampu LED dengan sistem otomatis

Butik Kiehl's Indonesia di Central Park menggunakan lampu LED 100 persen yang diklaim lebih hemat energi dibandingkan lampu halogen atau bohlam.

"Kita juga menambahkan automatic switch on-off, sehingga lampu akan menyala dan mati mengikuti jam operasional toko," ujar Arif.

Bahkan, menurut dia, perangkat yang digunakan di toko memiliki konsumsi energi lebih rendah dibandingkan dengan jenis perangkat yang sama.

"Kami ingin memastikan brand kita bisa terdepan dalam hal sustainability luxury, dan kami percaya semua pihak mempunyai kontribusi yang berarti dalam terwujudnya sustainability," tutup Arif.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/06/080614720/butik-kiehls-di-central-park-mall-jakarta-usung-konsep-berkelanjutan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.