Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Harus Dihindari

KOMPAS.com - Sama seperti kulit, kesehatan rambut juga banyak dipengaruhi asupan makanan yang kita konsumsi.

Pasalnya, jika asupan makanan yang dimakan tidak memiliki gizi yang cukup untuk menutrisi rambut, bukan tidak mungkin masalah rambut rontok bisa kita alami.

Maka dari itu, pilihan makanan yang salah dalam keseharian dapat memicu kerusakan rambut secara perlahan, yang kemudian memicu masalah kerontokan rambut.

Untuk mencegah masalah kerontokan rambut, kita dapat memilih makanan yang setidaknya memiliki khasiat menyehatkan rambut.

Lantas makanan apa saja yang memicu rambut rontok? Berikut daftarnya sebagaimana dikatakan oleh Tanya Sharma, pakar nutrisi yang berbasis di New Delhi, India.

1. Makanan tinggi gula

Tidak masalah jika mengonsumsinya sesekali, tapi jika terlalu sering, makanan tinggi gula dapat memicu kerontokan rambut.

Makanan tinggi gula seperti tepung olahan, roti, minuman bersoda, minuman kemasan dan lain sebagainya dapat membuat ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan lonjakan gula darah, serta androgen yang mengikat rambut rontok.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa gula dapat menyebabkan resistensi insulin, memicu diabetes dan obesitas.

Kondisi tersebut dapat membuat pengidapnya mengalami rambut rontok hingga kebotakan.

2. Minuman beralkohol

Komposisi rambut yang utama terdiri dari protein yang disebut keratin. Keratin adalah protein yang membangun struktur-struktur pada rambut.

Ketika seseorang terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol, maka kebiasaan tersebut berdampak negatif pada sintesis protein yang membuat kekuatan rambut melemah dan kehilangan kilau alaminya.

Terlalu banyak konsumsi alkohol juga dapat membuat rambut kehilangan banyak nutrisi dan menyebabkan kematian pada folikel rambut di kulit kepala.

3. Soda diet

Soda diet seringkali dianggap lebih sehat karena kandungan gula yang rendah. Padahal, soda diet tetap saja mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam.

Dampak negatif dari kelebihan aspartam di dalam tubuh berpotensi dalam merusak folikel rambut hingga mengalami rambut rontok.

4. Junk food

Junk food merupakan makanan cepat saji yang tinggi lemak jenuh yang tak cuma memicu obesitas, masalah penyakit jantung, tetapi juga memicu kerontokan rambut.

Sebuah studi menyebutkan bahwa tingkat asupan junk food yang berlebihan berperan dalam meningkatkan kadar hormon testosteron dan DHT.

Kedua hormon tersebut berkaitan dengan potensi munculnya alopecia atau kebotakan.

Selain itu, makanan junk food yang tinggi minyak juga dapat membuat kulit kepala lebih berminyak serta mengalami penyumbatan pori-pori yang memicu folikel rambut menyempit sehingga mudah rontok.

5. Putih telur mentah

Telur sangat bagus untuk kesehatan rambut, akan tetapi manfaat tersebut bisa dirasakan ketika telurnya dikonsumsi saat matang.

Lain hal jika terlalu sering mengonsumsi telur mentah. Sebab, zat avidin yang ada pada putih telur mentah dapat bergabung dengan biotin dan menghambat penyerapan nutrisi rambut.

6. Ikan tinggi merkuri

Kadar merkuri yang terkandung pada ikan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut tanpa di sadari.

Adapun beberapa jenis ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, seperti king mackarel, hiu, ikan todak atau swordfish, hingga beberapa jenis tuna.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/12/100543220/6-makanan-penyebab-rambut-rontok-yang-harus-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke