Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Endemi, Ajari Anak Mempertahankan Kebiasaan Mencuci Tangan

Aktivitas ini memastikan tangan kita terbebas dari kuman, virus dan bakteri sehingga menekan risiko penularan penyakit.

Pakar kesehatan Indonesia, Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM menyarankan agar kita tetap mempertahankan kebiasaan ini meskipun situasi pandemi sudah jauh lebih baik.

"Masyarakat Indonesia harus tetap melakukan protokol kesehatan hingga Indonesia dinyatakan bebas dari pandemi, salah satunya adalah dengan mencuci tangan secara rutin karena perkembangan dan mutasi virus semakin beragam," pesannya.

Saat ini, World Health Organization (WHO) sedang memertimbangkan untuk memasuki endemi dengan beberapa persyaratan.

Indonesia sendiri sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk memasuki masa endemi meskipun statusnya belum benar-benar bebas virus.

"Kebiasaan mencuci tangan ini harus tetap dilakukan agar dapat menyelamatkan banyak jiwa," tandas Prof Zubairi, dalam perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia bersama Biodef kemarin.

Baik orang dewasa maupun anak-anak harus menerapkan protokol kesehatan serta gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dan mandi secara rutin.

Orangtua harus memersiapkan kebutuhan hygiene keluarganya dengan sangat selektif karena anak-anak memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa.

Dokter Citra Amelinda, SpA, IBCLC, MKes., menjelasan jika anak memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dari orang dewas.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih produk sabun cuci tangan yang benar-benar efektif untuk kebutuhan anak.

"Ibu harus dapat memilih produk yang tidak hanya intensif melawan kuman, virus, dan bakteri, tetapi juga yang dapat memberikan perlindungan ekstra seperti melembapkan kulit sehingga tidak timbul penyakit-penyakit kulit pada anak akibat iritasi," katanya, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Melalui kampanye #DariTanganUntukMasaDepan, Biodef ingin mengajak sebanyak mungkin keluarga Indonesia untuk menjadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup sehat untuk mencegah kuman dan virus.

“Pola Hidup Bersih dan Sehat merupakan hal dasar yang harus dilakukan dengan benar dan terus menerus," tambah Khikin Indahsari, Group Head of Personal Care PT Paragon Technology and Innovation.

Salah satu pilihan yang tersedia untuk kebutuhan ini termasuk rangkaian produk Biodef Hand Wash yang merupakan sabun antiseptik alami dengan perlindungan ekstra.

Produk ini dijanjikan aman untuk anak usia diatas 3 (tiga) tahun serta untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Dengan Advance Naturactive Technology, Biodef memberikan perlindungan ekstra untuk keluarga dengan 99,9 persen intensif lawan kuman, virus, dan bakteri, melindungi kulit dari kekeringan serta melembapkan, dan mencegah kuman dan virus masuk kedalam kulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/16/174500820/jelang-endemi-ajari-anak-mempertahankan-kebiasaan-mencuci-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke