Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terapi Pijat Akupresur untuk Mengatasi Sakit Gigi, Begini Caranya


KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak cara untuk mengatasi sakit gigi tanpa obat. Misalnya dengan bahan-bahan alami di dapur hingga terapi pijat akupresur.

Terapi pijat akupresur ini dapat dikatakan menawarkan manfaat yang cukup efektif mengatasi sakit gigi.

Lantas seperti apa metode yang dilakukan pada terapi pijat akupresur ini? Berikut ulasan singkatnya.

Menurut pengobatan tradisional China, sakit gigi dapat terjadi ketika aliran energi "qi" mengalami gangguan atau terhambat sirkulasinya.

Tubuh manusia memiliki energi tersendiri yang disebut dengan "qi". Energi itu mengalir melalui jaringan saluran yang disebut “meridian” yang memanjang ke seluruh tubuh.

Jika meridian ini tersumbat atau mengalami gangguan, maka dampaknya bisa menyebabkan sakit atau nyeri atau bahkan penyakit.

Di sepanjang jalur meridian, ada area yang disebut titik akupunktur.

Studi menunjukkan bahwa menerapkan tekanan pada titik akupunktur tertentu bisa membantu melepaskan penyumbatan dan mengembalikan sirkulasi "qi" yang efeknya meredakan rasa sakit.

Sementara teknik pijat akupresur didasari pada prinsip yang sama seperti akupunktur tetapi dilakukan dengan cara non-invasif.

Bila akupunktur mengandalkan jarum dalam media pengobatan untuk melepaskan energi yang tersumbat, pada akupresur hanya menggunakan tekanan tangan atau jari saja.

Di dalam sebuah tinjauan pada tahun 2017 mencatat bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendaftarkan akupunktur dan akupresur sebagai pengobatan yang efektif untuk sakit gigi pada tahun 2003.

Tinjauan tersebut juga menyoroti bahwa dokter gigi dapat menggunakan teknik ini untuk mengatasi sakit gigi dan jenis nyeri rahang tertentu.

Sakit gigi dapat dialami seseorang jika terjadi kerusakan atau iritasi pada saraf gigi. Saraf ini yang berfungsi mengirimkan sinyal ke otak yang dialami seseorang dan ketika fungsinya terganggu, maka orang tersebut akan merasakan sakit.

Seperti dilansir Medical News Today, banyak ahli memperkirakan bahwa akupresur dapat membantu meredakan sakit gigi melalui beberapa metode yang meliputi;

Para ahli telah memperingatkan bahwa metode akupresur hanya boleh dilakukan oleh terapis berpengalaman atau bersertifikat.

Sebab, ada beberapa titik yang justru berisiko atau memiliki sensitivitas pada ibu hamil dan beberapa kondisi kesehatan lainnya.

Akan tetapi, orang awam pun bisa melakukan teknik ini dengan berlatih secara mandiri.

Menurut UCLA Center for East-West Medicine (CEWM), jika seseorang ingin mencoba teknik ini di rumah, penting untuk diketahui bahwa teknik akupresur tidak bisa dilakukan sembarangan.

Beberapa tips yang bisa dilakukan oleh masyarakat awam adalah sebagai berikut;

  1. Temukan posisi yang nyaman. Cobalah untuk rileks dengan menutup mata dan tarik napas dalam-dalam.
  2. Gunakan tekanan dengan jari untuk memijat titik-titik akupunktur di area wajah atau gigi yang sakit.
  3. Titik-titiknya bisa dengan mudah diakses melalui internet. Namun informasinya harus berasal dari website atau situs yang kredibel.
  4. Pijat di setiap titik akupunktur selama beberapa menit sekali menggunakan gerakan melingkar atau naik turun. Ulangi pemijatan sampai sakit gigi mereda.

Sementara laman Medical News Today mengungkapkan titik yang dapat diberi tekanan atau pijatan untuk mengatasi sakit gigi antara lain;

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/20/164532520/terapi-pijat-akupresur-untuk-mengatasi-sakit-gigi-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke