Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Bercabang

KOMPAS.com - Mengatasi rambut bercabang tidak hanya dengan cara dipangkas ujung rambutnya. Ada beberapa kiat yang bisa dicoba, seperti menggunakan minyak kelapa.

Minyak kelapa telah dikenal manfaatnya untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah rambut, termasuk rambut bercabang.

Minyak yang didapat dari ekstrak daging kelapa ini mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Ada sejumlah alasan minyak kelapa dapat dijadikan bahan alami yang cukup efektif dalam mencegah sekaligus mengatasi rambut bercabang.

Salah satunya adalah kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut, seperti anti-inflamasi, antioksidan, anti-bakteri dan khasiatnya dalam menghidrasi akar sampai batang rambut.

Sebagian besar kandungannya juga terdiri dari asam lemak yang disebut asam laurat. Kandungan ini dipercaya berkhasiat dalam menutrisi, melindungi, memperkuat, menghidrasi sampai memperbaiki ujung rambut yang bercabang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003, dengan mengoleskan minyak kelapa sebelum dan sesudah rambut dicuci, maka dampaknya bisa meningkatkan perlindungan pada rambut.

Dalam penelitian itu, khasiat dari minyak lain seperti minyak bunga matahari dan minyak mineral lainnya juga diteliti untuk melihat minyak mana yang terbaik dalam melindungi kesehatan rambut.

Para peneliti kemudian mengukur jumlah protein yang hilang pada rambut setelah seseorang menerapkan beberapa perawatan rambut.

Faktanya penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengoleskan minyak kelapa sebelum dan sesudah rambut dicuci, efeknya bisa mencegah kehilangan jumlah protein pada akar dan batang rambut.

Sedangkan khasiat itu tidak ditemukan pada minyak bunga matahari dan minyak mineral lainnya. Alhasil, minyak kelapa juga menjadi minyak terbaik untuk mencegah kerusakan rambut akibat kehilangan protein.

Kondisi rambut juga dapat menjadi lebih kuat dan sehat meski terpapar bahan kimia, terpapar sinar ultraviolet hingga tidak mudah rusak akibat terkena alat penata rambut bersuhu panas.

Sebetulnya tidak ada cara terbaik dalam mengatasi rambut bercabang selain memotong ujung rambutnya. 

Namun ketika menggunakan minyak kelapa secara rutin, perawatan yang satu ini dapat membantu menutrisi sampai ke ujung rambut.

Efeknya pun tidak cuma mampu melindungi, tetapi dapat menutupi bagian rambut yang tampak rusak dengan membuat teksturnya menjadi lebih halus, dan juga dapat menambah kilau rambut.

Secara visual mungkin efek ini seolah dapat menutupi tampilan rambut yang rusak agar tidak terlihat kering dan kusam.

Tapi sayangnya, rambut yang tampak sehat itu tidak dapat bertahan lama. Kondisi rambut yang bercabang harus segera dipotong ujungnya sedikit demi sedikit untuk mencegah kerusakan rambut yang lebih luas.

Kemudian perhatikan juga pola makan, gaya hidup serta mengurangi hal-hal yang bisa memicu kerusakan seperti terlalu sering mewarnai rambut, hingga mengurangi penggunaan alat penata rambut bersuhu panas.

Dapat disimpulkan bahwa minyak kelapa memang dapat mencegah dan sedikit mengatasi rambut bercabang. Tetapi, tindakan memotong ujung rambut tetap perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi rambut yang sehat. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/10/26/144821420/manfaat-minyak-kelapa-untuk-mencegah-dan-mengatasi-rambut-bercabang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke