Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Menulis Bisa Menyembuhkan dan Membahagiakan?

Setelah sekian lama dipendam, semua itu akan "meledak" menjadi penyakit yang berdampak fatal, seperti jantung, ginjal, kanker, diabetes, paru-paru. Kabar baiknya, kita mampu mengatasi itu semuanya dengan cara yang mudah.

Salah satu caranya adalah melalui terapi menulis. Menulis (secara ekspresif) memang tidak hanya dapat membantu kita memproses apa yang telah kita lalui dan membantu kita saat kita membayangkan jalan ke depan. Namun, hal itu juga dapat menurunkan tekanan darah kita, memperkuat sistem kekebalan kita, dan meningkatkan kesejahteraan umum kita.

Menulis ekspresif dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi; meningkatkan tidur dan kinerja kita; dan memberi kita fokus dan kejelasan yang lebih besar.

Efek menulis sebagai alat untuk penyembuhan bukanlah pepesan kosong. Hal itu sudah dibuktikan para pakar.

James Pennebaker, psikolog sosial di University of Texas di Austin, AS, mempelajari dampak dari jenis tulisan tertentu pada kesehatan mental pada tahun 1986. Sejak itu, lebih dari 200 penelitian telah melaporkan bahwa “menulis  emosional” dapat meningkatkan kesehatan fisik dan emosional seseorang.

Dalam studi klasik, subyek yang menulis tentang pergolakan pribadi selama 15 menit sehari selama tiga atau empat hari, akan lebih jarang mengunjungi dokter untuk masalah kesehatan dan melaporkan kesejahteraan psikologis yang lebih baik.

Menurut sebuah studi tahun 2019, intervensi menulis enam minggu meningkatkan ketahanan, dan mengurangi gejala depresi, stres yang dirasakan, dan perenungan di antara mereka yang melaporkan trauma pada tahun sebelumnya. Tiga puluh lima persen peserta yang memulai program dengan indikator kemungkinan depresi klinis mengakhiri program tidak lagi memenuhi kriteria ini.

Mengapa intervensi menulis berhasil? Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa menulis tentang pengalaman negatif memiliki efek positif, beberapa orang berpendapat bahwa menceritakan kisah negatif masa lalu atau kecemasan yang sedang berlangsung "membebaskan" sumber daya kognitif.

Penelitian menunjukkan, trauma merusak jaringan otak. Namun ketika orang menerjemahkan pengalaman emosional mereka ke dalam kata-kata, mereka mungkin mengubah cara mengaturnya di otak.

Tetapi apa yang mungkin sulit untuk diungkapkan dengan lantang dapat dengan mudah diberikan suara melalui tulisan.

Penyembuhan sangat penting untuk kesehatan kolektif kita, dan tulisan ekspresif telah terbukti menjadi alat untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan pekerja penuh waktu.

Berdasarkan sebuah studi oleh peneliti Emily Round, Mark Wetherell, Vicki Elsey, dan Michael A Smith yang dirilis 2020, kursus "penulisan ekspresif positif," yang berarti menulis secara khusus tentang pengalaman yang sangat positif selama tiga hari berturut-turut, tidak hanya mengurangi "kecemasan keadaan" segera setelah menulis. Hal itu juga meningkatkan kesejahteraan terkait pekerjaan dan kepuasan kerja empat minggu kemudian.

Para peneliti meminta penelitian lebih lanjut tentang efek penulisan ekspresif pada hasil organisasi. Hasilnya menunjukkan bahwa menulis bahkan dapat meningkatkan kualitas kerja dan kreativitas di tempat kerja.

Saya jadi teringat dengan isi buku Writing as a Way of Healing: How Telling Our Stories Transforms Our Lives karya Louise DeSalvo, sebuah buku yang terkenal berdasarkan berbagai studi ilmiah tentang kemanjuran menggunakan tulisan sebagai alat restoratif. Jadi, seperti apa praktiknya, dan bagaimana kita bisa menerapkan alat yang ampuh ini?

Menulis yang menyembuhkan

Menulis ekspresif secara luas didefinisikan sebagai tulisan yang membantu kita memahami pikiran dan emosi kita. Menulis ekspresif dapat mengambil banyak bentuk, termasuk jurnal, memoar, puisi, bahkan opini atau pemikiran.

Tetapi apa yang kita tulis kurang penting daripada bagaimana menuliskannya. Tulisan yang paling menyembuhkan, menurut peneliti, harus mengikuti seperangkat parameter kreatif. Yang paling penting, tulisan itu bisa hanya untuk diri kita sendiri. Tulisan itu harus mengandung detail konkret, otentik, eksplisit.

Penulis harus menghubungkan perasaan dengan peristiwa. Tulisan seperti itu memungkinkan seseorang untuk menceritakan sebuah cerita yang lengkap, kompleks, koheren, dengan awal, tengah, dan akhir.

Dalam penceritaan, tulisan seperti itu mengubah penulis dari korban menjadi sesuatu yang lebih kuat: narator dengan kekuatan untuk mengamati. Singkatnya, ketika kita menulis untuk mengekspresikan dan membuat masuk akal, kita mendapatkan kembali kekuatan untuk memegang kendali dalam hidup.

Kita akan lebih menyadari bahwa bahagia atau tidaknya diri kita bergantung cara kita merespon peristiwa atau keadaan.

Setelah Holocaust, misalnya, banyak orang yang selamat menulis cerita tentang pengalaman mereka. Victor Frankl menjadi salah satu buktinya. Frankl menulis buku berjudul Man's Search for Meaning, terbit tahun 1946, yang ditulis selama sembilan hari.

Jenis proses penulisan reflektif yang mendalam itu dapat membantu kita menyatukan kembali diri kita sendiri bahkan setelah masa-masa yang paling tak terbayangkan. Dalam menulis cerita kita, kita mempertahankan kepengarangan atas hidup kita.

Teknik menulis yang menyembuhkan dan membahagiakan

Berikut adalah tiga teknik yang dapat kita coba saat mencoba menulis sebagai alat untuk penyembuhan dan kebahagiaan. 

Pertama, jangan menahan diri. Tulisan itu memang untuk diri kita. Jangan khawatir tentang tata bahasa atau ejaan. Jangan khawatir tentang apa yang mungkin dipikirkan orang lain atau apakah itu ditulis dengan baik atau adil.

Atur penghitung waktu selama sepuluh menit, gerakkan tangan kita, dan "tulis bebas" sebagai respons terhadap perintah tertentu. Tanpa terlalu memikirkannya, tuliskan kata, catatan, frasa, kalimat — apa pun yang muncul ketika kita memikirkan momen dramatis dari suatu peristiwa, momen yang tetap ada, menyenangkan atau tidak menyenangkan.

Jika kita kehabisan hal untuk dikatakan, tulislah itu (“kehabisan hal untuk dikatakan”) sampai sebuah pikiran baru muncul di benak kita.

Kedua, tulis sedetail mungkin. Untuk mendapatkan perasaan dan kebenaran dari pengalaman kita, biarkan pikiran kita pergi ke saat-saat tertentu yang terperinci. Kekuatan ada dalam detail karena mereka membuatnya nyata bagi kita.

Akses apa yang sebenarnya terjadi dengan kembali ke momen-momen kecil, hal-hal kecil, yang mendasari kita dalam pengalaman itu. Kita mungkin menemukan bahwa detail terkecil memunculkan kebenaran atau perasaan terbesar.

Berikan ruang untuk semua itu, dan tangkap pengalaman kita dalam luas dan dalamnya.  

Ketiga, ambil hikmah dari setiap momen. Karena dunia telah berubah di sekitar kita, kita juga telah berubah. Kita mungkin telah belajar tentang apa yang penting, apa yang tidak, atau apa yang membuat kita berhasil.

Kita mungkin telah belajar tentang diri kita sendiri. Raihlah pelajaran-pelajaran itu saat kita menulis. Manusia adalah mesin pembuat makna, dan menulis adalah cara alami untuk mencapainya. 

Pemulihan tak selalu jadi tujuan

Rumi,  mistikus dan penyair sufi abad ke-13, menulis, “Luka adalah tempat cahaya memasukimu.”

Pemikir dari Freud hingga Brené Brown telah memopulerkan gagasan bahwa ada kekuatan dalam merangkul kerentanan kita. Ketika kita menggunakan tulisan untuk mengungkapkan kebenaran kita, kita tetap menjadi protagonis dalam hidup kita, bukan korban dari keadaan di luar kendali kita.

Tentu saja, menulis ekspresif bukanlah obat mujarab yang langsung "cespleng" dalam sekali praktik. Kendati demikian, menulis secara ekspresif dapat membantu kita menerima tanpa syarat takdir yang telah dituliskan oleh Tuhan kepada kita. 

Pemulihan juga tidak selalu menjadi tujuan, seperti yang dibuktikan oleh banyak penulis memoar terkenal, kita menulis tentang pengalaman menyakitkan bukan untuk tidak melewatinya tetapi untuk melewatinya tanpa dihancurkan.

Menulis secara ekspresif juga bisa membawa kita menuju harapan.  Kita dapat menulis perjalanan hidup kita untuk diingat, dihormati, ditampilkan, disaksikan, dan  dibayangkan kembali secara utuh di kemudian hari.

Kita dapat menulis untuk duduk bersama dan menentukan makna dari pengalaman dan keberadaan manusiawi kita yang mendalam. Mari kita tidak hanya menulis jalan keluar kita; mari kita menulis jalan kita ke arah yang baru.

Bagaimanapun, kita semua berubah. Setelah kita menulis untuk diri kita sendiri, mungkin kita bisa membagikan tulisan kita secara selektif untuk berhubungan kembali secara otentik yang lebih dalam dengan rekan kerja, keluarga, teman, serta dengan diri kita sendiri. 

Kita tidak harus menjadi penulis profesional untuk menggunakan tulisan guna membantu kita memahami kontur pengalaman kita, menyembuhkan, dan akhirnya berkembang, memulihkan, memperbaiki, memperbarui. Kita hanya perlu mengambil pena kita dan mulai.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/03/171413920/mengapa-menulis-bisa-menyembuhkan-dan-membahagiakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke