Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makan Buah Anggur Bisa Bikin Umur Panjang

Bahkan, bukan hanya itu, buah anggur juga disebut memiliki manfaat yang besar untuk membantu kita hidup lebih lama.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Foods, sekitar dua cangkir anggur ditambahkan ke dalam diet harian — yang mencakup makanan berlemak tinggi dalam jumlah tinggi — bisa mengurangi risiko perlemakan hati, meningkatkan kadar gen antioksidan, dan meningkatkan umur.

Seorang penulis studi dari Western New England University yang melakukan penelitian, John Pezzuto, memperkirakan orang-orang kemungkinan dapat menikmati hidup 4-5 tahun lebih lama jika mereka mulai makan anggur secara teratur.

"Apa yang membuat saya bersemangat tentang penelitian dan topik ini adalah bahwa akan ada lebih banyak penelitian yang dilakukan pada antioksidan dan perannya dalam manajemen penyakit, serta pencegahan secara umum."

Demikian penuturan ahli gizi, Laura McDermott MS, RDN, CD, kepada Eat This Not That.

"Hal ini akan memberikan lebih banyak alasan bagi orang-orang untuk fokus pada variasi makanan yang inklusif dalam diet mereka," ungkapnya.

McDermott pun menjelaskan, anggur mengandung berbagai antioksidan yang tinggi seperti resveratrol, katekin, quercetin, dan antosianin, sehingga buah ini bersifat antiinflamasi.

"Dan dengan kombinasi diet yang seimbang, maka anggur dapat membantu melawan radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif," sambung dia.

Di samping itu, anggur juga menyehatkan karena mengandung fitonutrien yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Menurut dia, itu semua dapat membantu menjaga sel-sel dan DNA kita tetap sehat, yang pada gilirannya membantu kita untuk hidup lebih lama.

"Antioksidan adalah salah satu bagian makanan yang paling keren menurut saya, karena itu bisa masuk ke dalam sistem tubuh dan membantu melawan peradangan (mengurangi stres oksidatif)," katanya.

"Studi ini, serta studi lain yang dilakukan dengan antioksidan dari anggur, menggunakan jumlah yang sangat normal."

"Artinya, kita dapat memasukkan satu atau dua cangkir anggur ke dalam diet sehari-hari untuk mendapatkan manfaat antioksidannya," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/04/190000320/makan-buah-anggur-bisa-bikin-umur-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke