Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Melakukan Meditasi Rumah, Tidak Perlu Keluar Uang

KOMPAS.com - Meditasi adalah cara untuk menjernihkan dan memfokuskan pikiran sekaligus memberikan rasa kedamaian bagi jiwa.

Praktik ini diyakini sudah dimulai sejak 5000 SM dan masih diandalkan sebagian orang hingga saat ini untuk menenangkan diri sendiri.

Dilansir dari Lifestyle Asia, meditasi yang membutuhkan ketenangan dan pengaturan napas dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Peneliti mengatakan bahwa meditasi dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi, tapi juga meningkatkan perhatian dan konsentrasi.

Di Harvard, praktik tersebut justru diyakini meningkatkan ketebalan kortikal (tulang kompak) di hipokamus dan area otak lainnya.

Manfaat meditasi yang satu ini bertanggung jawab atas memori atau ingatan, pembelajaran, dan pengaturan emosi.

Cara melakukan meditasi di rumah

Meditasi terbukti bermanfaat bagi kesehatan, namun tidak semua orang paham cara melakukan praktik ini -termasuk ketika mereka berada di rumah.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai meditasi di rumah tanpa biaya sepeser pun supaya manfaatnya bisa dirasakan.

1. Rutin bermeditasi

Meluangkan waktu khusus untuk bermeditasi setiap hari, meskipun hanya beberapa menit, adalah hal yang penting supaya rutinitas terbentuk.

Seperti setiap keterampilan lainnya, meditasi dan perhatian membutuhkan latihan, terutama jika orang ingin fokus pada kondisi saat ini ketika stres.

2. Cari tempat yang nyaman

Ada yang meyakini bahwa meditasi bisa dilakukan di mana pun dengan cara yang sederhana, seperti memejamkan mata dan mengatur napas.

Namun, ada baiknya meditasi dilakukan secara proper supaya orang bisa fokus dan tidak mudah terdistraksi dengan situasi di sekitar.

Carilah tempat yang bisa "dikuasai" ketika bermeditasi, mulai dari tempat tidur, ruang tamu, bahkan kamar mandi.

Selama tempat yang digunakan memberikan rasa nyaman, gunakanlah untuk mencari rasa damai saat bermeditasi.

3. Buka pikiran

Tidak sedikit orang berpikir bahwa meditasi berarti duduk bersila dan tidak melakukan apa-apa, tetapi anggapan jauh dari benar.

Praktik ini pada dasarnya melatih pikiran untuk meningkatkan kesadaran dan ada berbagai program untuk melakukannya dengan cara yang berbeda.

Meditasi juga bukan "obat ajaib" untuk mengatasi depresi, tapi melakukan rutinitas ini bisa membantu mengelola gejala depresi.

Dengan begitu, orang yang menjalani meditasi bisa mengelola harapannya dan membuka pikiran mereka.

Jenis-jenis meditasi

Meditasi memang bisa dilakukan di rumah. Tapi, pilih dulu jenis meditasi apa yang mau dicoba seperti yang berikut ini.

1. Meditasi mindfulness

Meditasi mindfulness dapat dipraktikkan hampir di mana saja dan mengharuskan orang untuk berfokus pada kondisi saat ini.

Mindfulness ketika bermeditasi membantu orang untuk mendorong kesadaran terhadap lingkungan mereka tanpa ada rasa terhakimi.

Jenis meditasi ini bisa dimulai dengan cara sederhana, yaitu memperhatikan pemandangan atau bau di sekitar ketika berdiam diri.

Orang yang ingin mencoba meditasi mindfulness bisa memulainya dengan menarik perhatian paada napas supaya pikiran tidak ke mana-mana.

Bisa dibilang jenis meditasi yang satu ini membantu orang untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu.

Jika meditasi mindfulness rutin dilakukan, orang bisa mengurangi emosi negatif, meningkatkan fokus, dan mengurangi reaksi emosional impulsif.

2. Relaksasi progresif

Relaksasi progresif yang disebut juga body scan meditation adalah salah satu cara untuk melepaskan rasa sakit dan ketegangan yang tidak disadari.

Ketegangan semacam ini bisa dirasakan jika rahang menutup keras, bahu menegang, dan sakit perut karena merasa cemas.

Orang yang melalukan relaksasi progresif bisa memperhatikan rasa sakit dan ketegangan sebelum melepaskannya dari tubuh.

Karena secara perlahan menghilangkan ketegangan, jenis meditasi ini sering kali dimanfaatkan oleh orang yang kesulitan tidur di malam hari.

Relaksasi progresif juga diandalkan orang tertentu untuk mengurangi stres secara mental maupun fisik.

Bila rutin dilakukan, jenis meditasi tersebut membantu orang supaya fokus pada kondisi saat ini dan selaras dengan yang dubutuhkan tubuh.

3. Sound bath meditation

Jenis meditasi ini biasanya menggunakan singing bowl untuk membantu memfokuskan pikiran dan mempermudah orang yang kesulitan bermeditasi.

Selain memanfaatkan singing bowl secara fisik, orang bisa memandu praktik ini dengan suara singing bowl dari aplikasi untuk menciptakan ketenangan.

4. Walking meditation

Siapa bilang meditasi harus duduk bersila, duduk tegak, mengatur napas, dan menaruh kedua tangan menghadap ke atas di paha.

Pasalnya, meditasi juga bisa dilakukan sambil berjalan atau walking meditation untuk menyelaraskan pikiran dan tubuh.

Dengan begitu, tubuh yang sedang berjalan menjadi penuh kesadaran dengan kecepatan yang nyaman.

Berbeda dengan meditasi duduk yang menjadikan napas sebagai fokus, walking meditation memungkinkan orang untuk fokus pada ritme berjalannya.

Mereka juga bisa memfokuskan pikiran sambil mengenali suara, bau, dan pemandangan di sekitar.

5. Meditasi mantra

Meditasi dapat dimulai dengan berfokus pada kata atau kalimat yang diucapkan secara berulang dalam praktik ini.

Mengucapkan kata atau kalimat yang positif ketika bermeditasi berfungsi sebagai pelindung mental dari gangguan atau emosi.

Melakukan hal tersebut juga menjaga pikiran supaya tetap fokus dan menerima sesuatu yang positif.

Dengan begitu, orang yang rutin menjalani meditasi mantra dapat mengurangi stres, kecemasan, dan kemarahan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/12/062729920/3-cara-melakukan-meditasi-rumah-tidak-perlu-keluar-uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke