Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Kunyit Bisa Menyebabkan Kerusakan Hati? Begini Studinya

Selain itu, kunyit juga telah lama digunakan sebagai praktik pengobatan Tiongkok untuk membantu peradangan, kelancaran peredaran darah, dan banyak lagi.

Meskipun secara umum kunyit dianggap aman untuk dikonsumsi, namun sebuah laporan terbaru mengklaim bahwa rempah-rempah ini mungkin memiliki efek yang berpotensi merusak kesehatan hati.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine pada bulan Oktober 2022, para peneliti menemukan korelasi antara asupan suplemen kunyit dan potensi kerusakan hati.

Menurut studi tersebut, para peneliti menemukan total 16 kasus cedera hati terkait kunyit di antara mereka yang terdaftar dalam program Drug-Induced Liver Injury Network (DILIN) antara tahun 2011-2022.

Tingkat cedera ini dilaporkan berkisar dari yang sedang hingga parah, sehingga mengakibatkan lima pasien rawat inap dan bahkan satu kematian akibat kerusakan hati akut.

Analisis lebih lanjut mengonfirmasi bahwa tiga dari pasien juga mengonsumsi kunyit bersamaan dengan lada hitam, bahan yang banyak ahli sarankan untuk dikonsumsi bersama kunyit karena membantu tubuh mencernanya dengan lebih efektif.

Kendati demikian, diperlukan lebih banyak studi untuk menyelidiki alasan di balik mengapa kunyit dapat menjadi katalisator untuk komplikasi kesehatan tersebut.

Studi lainnya

Kecenderungan kunyit yang mungkin bisa menyebabkan kerusakan hati perlu menjadi perhatian.

Sebab, seperti dikutip dari Eat This Not That, ini bukan studi pertama yang menghubungkan konsumsi kunyit dengan potensi kerusakan hati.

Studi lain yang diterbitkan dalam International Medical Case Reports Journal pada tahun 2021, misalnya, melaporkan dua kasus terpisah dari orang dewasa yang mengalami cedera hati akibat mengonsumsi suplemen kunyit.

Di samping itu, beberapa kasus cedera hati akibat konsumsi kunyit juga telah dilaporkan di Tuscany, Italia.

Jadi, apabila kita sering memasak dengan kunyit atau mengonsumsi suplemen kunyit secara teratur, mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet sebelum menambahkannya ke dalam diet sehari-hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/14/161203220/benarkah-kunyit-bisa-menyebabkan-kerusakan-hati-begini-studinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke