Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Bros Bunga Poppy Merah Keluarga Kerajaan Inggris di Remembrance Day

Sesuai tradisi tahunan, Raja Charles memimpin masyarakat untuk mengheningkan cipta selama dua menit. 

Ia juga meletakkan karangan bunga di Cenotaph London sebagai penghargaan, yang juga dilakukan oleh Pangeran William dan Kate Middleton.

Dalam momen tersebut, para bangsawan Inggris kompak berbusana hitam dengan bros bunga poppy merah tersemat di bagian dada kiri.

Ratu Elizabeth dan Putri Diana pernah memakainya dalam berbagai acara, bahkan Meghan Markle.

Bunga poppy merah menjadi simbol peringatan dan harapan untuk masa depan yang damai sekaligus dukungan bagi bagi komunitas Angkatan Bersenjata.

Penggunaan bros ini sebenarnya bukan suatu kewajiban namun pilihan pribadi yang sangat menyentuh dan dihargai di Inggris.

Penggunaannya berawal dari era Perang Dunia 1 ketika pertempuran banyak terjadi di Eropa Barat.

Akibatnya, pedesaan, ladang, perkebunan yang sebelumnya hijau luluh lantak akibat bom menjadi tandus, gersang dan tak bisa lagi ditanami.

Namun di wilayah yang sudah tak lagi berbentuk itu kemudian tumbuh bunga poppy yang berwarna merah cerah di Flanders, Belgia.

Bunga tersebut tumbuh subur di tengah begitu banyak kekacauan dan kehancuran hingga ribuan batang dan menjadi hamparan tersendiri.

Fenomena ini kemudian menarik perhatian Letnan Kolonel John McCrae, dokter sekaligus penyair asal Kanada yang baru saja kehilangan sahabatnya di medan pertempuran.

Ia lalu menulis puisi berjudul "In Flanders Fields" soal perjuangan para prajurit untuk negaranya.

Puisi itu yang kemudian menjadi inspirasi penggunaan bros poppy merah, tak hanya di Inggris namun juga di Amerika Serikat, Kanada, Australia dan banyak negara lainnya.

Ratu Elizabeth mengenakannya di dada kiri

Banyak simpang siur soal lokasi bros poppy merah seharusnya disematkan.

Ada yang berpendapat jika perempuan seharusnya mengenakannya di dada kanan.

Sedangkan pria menggunakannya di sebelah kiri, lokasi yang biasanya jadi tempat lencana para prajurit dipasang.

Namun sejak muda Ratu Elizabeth memilih memakainya di dada sebelah kiri sehingga langkahnya ini yang kemudian jadi inspirasi banyak generasi muda setelahnya.

Pilihan di dada kiri juga memiliki makna soal kenangan para prajurit yang tetap dekat di hati seseorang meskipun telah tiada.

Kontroversi juga berkaitan dengan waktu terbaik untuk memakai bros bunga poppy merah ini.

Ada yang mengatakan jika bros tersebut harus mulai dipakai mulai tanggal 31 Oktober namun ada juga yang melakukannya sejak 1 November sampai peringatan Remembrance Day yang jatuh pada 11 November.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/14/182801320/makna-bros-bunga-poppy-merah-keluarga-kerajaan-inggris-di-remembrance-day

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke