Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bawang Putih hingga Teh Hijau, Asupan Baik untuk Kesehatan Gigi

"Memang makanan apa pun yang meningkatkan asupan gula rafinasi dapat menyebabkan bakteri berbahaya untuk kerusakan gigi," kata seorang dokter spesialis gigi, Dr Steven Lin, DDS.

"Namun, beberapa asupan yang tepat bisa membantu tubuh menyeimbangkan dan mengelola lingkungan mulut yang lebih sehat," sambung dia.

Lebih lanjut, Lin membagikan beberapa rekomendasi asupan yang mungkin tanpa disadari memiliki manfaat untuk kesehatan gigi, sebagaimana dilansir dari laman Very Well Health berikut ini.

1. Bawang putih

Lin mengungkapkan, bawang putih memiliki sifat antibakteri.

"Kaya akan senyawa allicin, bawang putih dapat mencegah aktivitas berbagai macam bakteri penyebab ketidakseimbangan di lingkungan gigi dan mulut," kata dia.

Maka, menambahkan beberapa bawang putih cincang ke dalam hidangan atau bahkan bawang putih mentah ke dalam salad adalah cara yang bagus untuk memastikan bakteri mulut tetap terkendali.

Namun, berhati-hatilah karena bawang putih juga terkenal dapat menyebabkan bau mulut.

2. Cengkeh

Banyak dibudidayakan di negara yang terkenal dengan rempah-rempah tradisionalnya seperti Indonesia, cengkeh ternyata juga memiliki sifat antimikroba.

Khasiatnya yang luar biasa dapat dikaitkan dengan sumber eugenol dan asam oleat yang kaya.

"Karena bumbu ini kuat dengan rasa manis, maka cengkeh sering digunakan sebagai pengganti gula untuk makanan penutup seperti kue dan muffin," kata Lin.

3. Kunyit

Selama bertahun-tahun, tanaman berwarna kuning ini telah digunakan di India, di mana telah dikonsumsi dalam bentuk bumbu dan obat-obatan selama ribuan tahun.

"Telah lama dipercaya sebagai obat untuk masalah di mulut, sekarang kita tahu kunyit memiliki aktivitas antimikroba karena komponen aktif utamanya curcumin," kata Lin.

Rempah ini bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk hidangan seperti kari dan gulai atau minuman latte maupun teh.

4. Butter

Dikemas dengan vitamin A, D, E, dan K2 yang larut dalam lemak (jika dibesarkan dari sapi yang diberi makan rumput), butter juga kaya akan kalsium dan asam linoleat terkonjugasi, yang merupakan pendorong sistem kekebalan tubuh.

Tapi karena kandungan lemaknya yang tinggi, Lin mengingatkan penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

5. Teh hijau

Terakhir adalah teh hijau yang sudah lama dikenal sebagai pengobatan alami Tiongkok.

"Kaya akan antioksidan EGCG, teh hijau memiliki sifat antibakteri yang kuat. Dengan keasaman yang rendah, teh hijau juga mendorong remineralisasi enamel gigi," tutur Lin.

"Minum secangkir teh hijau setiap hari bisa menjaga gigi tetap kuat dan sehat," imbuh dia.

Di samping itu, kita juga bisa mencoba menggunakan "matcha" atau teh hijau bubuk ke dalam yogurt atau smoothie untuk mendapatkan hasil yang lebih pekat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/15/115400820/bawang-putih-hingga-teh-hijau-asupan-baik-untuk-kesehatan-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke