Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencari Arti Healing yang Sebenarnya di Alive Fest 2022

KOMPAS.com - Mencari agenda healing tak melulu dilakukan dengan pergi ke tempat liburan atau staycation.

Kita dapat kembali menyegarkan diri dan pikiran dengan melakukan meditasi, seperti di Alive Fest 2022.

Alive Fest 2022 merupakan festival meditasi dan wellness yang sudah lima kali digelar dan digagas oleh The Golden Space Indonesia, yang digelar pada tanggal 2-4 Desember mendatang.

Nantinya, ada lebih dari 80 pembicara sekaligus praktisi meditasi yang dapat membantu memberikan solusi healing dalam artian yang sebenarnya.

"Banyak orang melakukan traveling atau liburan dengan alasan butuh healing."

"Padahal healing yang sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan liburan. Healing juga dapat dilakukan dengan meditasi."

Demikian kata Cindy Gozali, Managing Director dari The Golden Space Indonesia dalam konferensi persnya di Plaza Indonesia, baru-baru ini.

Menurut Cindi, hiruk-pikuk di perkotaan dengan segala stres dan permasalahannya telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan.

Maka dari itu, tujuan dari festival itu adalah agar masyarakat urban bisa melihat ke dalam diri sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan mental serta menemukan kedamaian dalam diri mereka melalui aktivitas meditasi.

Masyarakat urban yang tinggal di jantung ibu kota dan sekitarnya pun rasanya perlu mencari esensi healing dalam arti yang sebenarnya.

"Alive Fest bertujuan untuk mengembalikan energi positif sehingga kita dapat menciptakan kehidupan yang Anda cintai dengan berbagai coaching inspirational dan meditasi."

"Ketika kita benar- benar hidup, Anda akan memiliki kekuatan untuk mengubah hidup secara positif," lanjut Cindy.

Alive Fest 2022 di Jakarta mengusung tema besar Namastay in The City.

Konsep tersebut sengaja dipilih karena terinspirasi dari kebiasaan masyarakat urban yang kerap mencari pelarian untuk sekadar healing.

"Kita adaptasi temanya dari kata-kata namaste yang artinya sinar, light atau kebenaran."

"Jadi Namastay in The City ini mengingatkan bahwa kita tidak perlu jauh-jauh untuk healing."

"Alive Fest hadir di Jakarta juga cukup relateable agar kita bisa nge-blend lagi dengan diri kita melalui sejumlah program yang kita selenggarakan," tambah Cindy.

Di acara ini, lebih dari 60 sesi inspiratif dan transformational akan dibawakan oleh wellness specialists, experts and changemakers, baik para praktisi dari The Golden Space Indonesia maupun para pakar lain di bidangnya masing-masing.

Topik yang dekat dengan problematika khas masa kini pun akan diangkat, dibahas, serta dicari akar permasalahan serta solusinya.

Mulai dari masalah relationship, kesehatan, pekerjaan, wealth hingga sustainability yang akan dibahas tuntas oleh para pakar.

Pakar-pakar yang akan menjadi line-up pembicara adalah sebagai berikut:

  • Andhyta F. utami (environtmental economist CEO Think Policy)
  • Askarina (Founder Kilo Alta & Bach Flower Practitioner)
  • Clara Vania (Founder & Brand Director Tentang Kita)
  • Didiet Maulana (Entrepreneur Coach)
  • Deece Dewayani (Yin Movement, Sound Healing & Reiki Practitioner)
  • Dr. Amaranila Lalita Drijono (Author & Founder of Mata Cinta),
  • Erwin Gunawan (Co-Founder Greens.id),
  • Hermawan Kertajaya (Founder & Chairman MCorp)
  • Helga Angelina (Co-Founder Burgreens & Green Rebel)
  • Ida Swasti (CEO Nipplets)
  • Iwan Setiawan (CEO Marketeers)
  • Kiki Juliar (penyanyi)
  • Nina Taman (penyanyi)
  • Sara Dhewanto (Founder & Managing Director Duit Hape)
  • Tiara Eve (DJ & Singer)
  • Uma Hapsari (Founder Amazara Shoes)
  • Wita Juwita (Founder Models Inc) dan masih banyak lagi pembicara lainnya.

Tiket masuk dari festival meditasi dan wellness yang digelar tiga hari ini pun sudah dibuka dengan harga one day pass Rp 290.000 per orang, atau 3 days pass dengan harga Rp 390.000 untuk tiket pre-sale.

Kisah dan topik transformasional dan inspiratif dalam beragam variasi program sudah dikemas secara holistik berdasarkan lima pilar kehidupan yang di usung The Golden Space, yakni ALIVE.

Alive merupakan kepanjangan dari kata-kata Abundant wealth, Loving relationships, Inspiring work, Vibrant health, dan Empowering earth.

Berikut makna dari pilar serta pilihan topik dan tema yang menjadi highlight di festival tersebut. 

Abundant wealth

Topik-topik hangat seputar mental health di dalam dunia kerja dan bisnis akan dituangkan lengkap dalam sesi dari pilar abundant wealth dan inpsiring work.

Termasuk salah satunya mengenai mindfulness 360 for business transformation, multi-sensory marketing for digital fatigue, how to attract abundance in 2023, How to Handle Performance Pressure for Start Ups & Investors dan mindful tech for good.

Loving relationship

Lalu ada pilar Loving Relationship yang menghadirkan tema cinta, baik cinta kepada diri sendiri maupun hubungan cinta dengan orang lain.

Sesi attracting love with self-love, affairs of the heart: healing from a broken trust, for relationship, reparenting inner child with family constellation therapy, letting go grief and guilt, how to embrace your flaws and be confidence hingga sesi healing trauma akibat kekerasan rumah tangga hadir dibawakan oleh para specialist dan konselor bersertifikat.

Seperti Ayu Tresna Ekadewi (Heartbreak recovery specialist), Joyce Wonsono (Parenting & grief recovery specialist and family conselator), Meilinda Sutanto (Certified health & family coach), Silvia Basuki (Couple consellour and family constellatory) dan lain-lain.

Inspiring work

Di pilar Inspiring work, sesi-sesi yang berkaitan dengan kreativitas serta produktivitas serta keterkaitannya dengan mental health juga bisa dipilih.

Seperti tema How to manage burnout and maximize productivity, mental health for digital transformation, corporate wellness program effectivity on a company to increase productivity, hingga sesi the science of stress: how to manage your stress with meditation yang akan dibawakan oleh Bagia Arif Saputra (Anger and stress management specialist).

Vibrant health

Sementara pilar Vibrant health menghadirkan crystal healing guide, healing power of flowers, mental health explained, body and breathwork, heart opening yin yoga and sound healing.

Kemudian ada topik how to manage your stress with meditation, healing messages from your illness hingga plant based diet to cure illness.

Empowering earth

Pilar terakhir dari rangkaian ALIVE adalah Empowering Earth yang menghadirkan sesi electric vehicle dan children story telling “Bumi & Aku”.

Sedikit berbeda dari ALIVE Fest di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini The Golden Space Indonesia mendedikasikan satu hari full session untuk eksplorasi mindful work & business solution yang diperuntukan bagi para pekerja, pelaku bisnis maupun para investor yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Mindfulness 360 for business transformation.

ALIVE Fest tahun ini juga menandakan kali pertama The Golden Space Indonesia bekerja sama dengan MarkPlus Inc mengadakan Mindful Company Award yang diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang memberikan kontrubusi penting terhadap kesehatan mental karyawannya dan menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan mental karyawan.

Dalam kesempatan ini The Golden Space Indonesia juga akan meluncurkan program mindful wellness retreat yang akan dilakukan di beberapa kota, sekaligus akan memperkenalkan buku “Konstelasi Keluarga” by Meilinda Sutanto salah satu praktisi dari The Golden Space yang akan diluncurkan tahun depan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/17/060000020/mencari-arti-healing-yang-sebenarnya-di-alive-fest-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke