Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Bullying di Tempat Kerja, Begini Caranya

KOMPAS.com - Bullying atau perundungan rupanya bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja.

Seperti di tempat lainnya, bullying di tempat kerja atau workplace bullying juga dapat berupa kekerasan verbal, perilaku ofensif, ancaman, mempermalukan, mengintimidasi, hingga menyabotase pekerjaan, yang dapat berujung membuat korbannya terganggu hingga tersakiti, baik secara fisik maupun mental.

Bahkan menurut volunteer dari komunitas anti bullying Sudah Dong, Tantri Arihta Sitepu, bullying di tempat kerja dapat membuat korbannya merasa tidak berharga dan lama kelamaan, perusahan tempatnya bekerja pun bisa terdampak.

“Jika workplace bullying itu dibiarkan terus terjadi bisa menjadi kekerasan fisik atau verbal yang bisa membuat individu dalam sebuah perusahaan atau perusahaan itu sendiri terekspos secara hukum dan efeknya yang pasti tidak akan baik di mata publik ataupun bisnis,” kata Tantri dalam live Instagram Unilever Indonesia, Kamis (17/11/2022).

Untungnya, Tantri mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk mencegah bullying di tempat kerja. Berikut paparannya.

  • Membangun relasi yang baik

Cara mencegah bullying di tempat kerja yang pertama adalah membangun relasi yang baik. Menurut Tantri, dengan membangun relasi yang baik dengan rekan kerja, akan tercipta toleransi antar kita dan rekan kerja.

Ia menambahkan, ini bisa dilakukan dengan membangun interest masing-masing lewat obrolan sederhana.

Misalnya, dengan membahas isu atau berita terkini yang sedang hangat.

Sebab dengan mengobrol, kita akan mengetahui apa saja prinsip yang dipikirkan oleh orang lain.

Kendati demikian, tentu kita juga tidak bisa sembarangan saat mengobrol, dan harus menjaga privasi seseorang saat melakukannya.

  • Sadari kalau tidak bisa bekerja sendirian

Cara mencegah bullying di tempat kerja yang kedua adalah menyadari bahwa kita tidak bisa bekerja sendiri dan akan membutuhkan rekan kerja, begitu pula sebaliknya.

Jadi, diperlukan komunikasi yang baik untuk menuntaskan suatu permasalahan yang terjadi antar rekan kerja.

"Orang tidak tahu apa yang kita rasakan jika tidak dibicarakan. Kalau hal itu dibangun, respect dapat terbangun," kata Tantri.

Lalu ia menambahkan, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang sopan dan santun agar toleransi dapat terbangun dan memperkecil risiko terjadinya bullying di kantor.

Unilever Indonesia dan Sudah Dong luncurkan e-booklet

Selain memberi tips untuk menghindari bullying di tempat kerja, komunitas Sudah Dong dan Unilever Indonesia juga meluncurkan e-booklet bertajuk “Sadari, Kenali, Atasi Workplace Bullying” di tengah semangat peringatan Hari Toleransi Internasional 2022.

Diluncurkannya e-booklet yang dapat diakses secara gratis tersebut bertujuan untuk mendorong semangat dan komitmen masyarakat agar memberikan fokus lebih dan melakukan aksi nyata melawan workplace bullying, serta merangkul semakin banyak perusahaan untuk memiliki sistem, struktur dan kepemimpinan yang berpihak pada anti-bullying.

Hal itu juga diungkapkan oleh Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk, Kristy Nelwan.

“Sejalan dengan strategi ‘The Unilever Compass’, Unilever Indonesia ingin terus berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan inklusif, termasuk dengan menerapkan prinsip zero tolerance untuk bullying di tempat kerja,” ujar Kristy.

Adapun untuk isi dari e-booklet, Kristy mengatakan bahwa di dalamnya Unilever Indonesia dan Sudah Dong akan menjabarkan beberapa hal berikut:

  • Pemahaman mengenai workplace bullying
  • Cara mengidentifikasi tindakan workplace bullying
  • Hal yang harus dilakukan saat menjadi korban maupun saksi workplace bullying
  • Panduan bagi perusahaan untuk menegakkan komitmen anti-bullying di lingkungan kerja.
  • Best practice yang dapat dilakukan perusahaan dalam mencegah dan menindak tindakan workplace bullying.

“Tidak hanya informasi satu arah, terdapat pula games interaktif yang dapat menjadi bahan evaluasi untuk melihat di mana posisi kita saat workplace bullying terjadi di sekitar kita,” tambahnya.

E-booklet tersebut dapat diakses publik secara gratis melalui situs resmi Sudah Dong dan akan disebarluaskan ke berbagai pihak guna meningkatkan awareness dan menegakkan berbagai kebijakan yang konkret terkait workplace bullying.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/18/115056520/cegah-bullying-di-tempat-kerja-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke