Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Alasan Buah Anggur Merah Lebih Menyehatkan bagi Tubuh

Buah anggur diketahui memiliki banyak kegunaan dan tersedia dalam berbagai warna, meskipun kebanyakan dari kita hanya dapat menemukan anggur hijau, hitam, dan merah di supermarket atau toko buah.

Dan dari semua jenis anggur, buah anggur merah ternyata menjadi salah satu yang paling menyehatkan karena kaya akan sumber antioksidan, terutama untuk melawan sel kanker.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengapa kita harus mengonsumsi buah anggur merah, berikut terdapat beberapa penjelasannya.

1. Sumber mangan yang kaya

Mangan membantu mengembangkan jaringan ikat dan tulang yang kuat.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah anggur merah setiap hari dapat menyumbangkan 33 persen dosis mangan harian kita.

Di samping itu, mengonsumsi anggur merah dengan kulit yang berpigmen lebih gelap juga akan membuatnya terasa lebih lezat.

2. Memiliki sifat antiinflamasi

Dikatakan bahwa buah-buahan yang memiliki kulit lebih gelap memiliki fitonutrien di dalamnya.

Buah anggur merah yang berwarna lebih gelap juga memiliki fitonutrien di dalamnya, atau sejenis bahan kimia alami yang mencegah berbagai penyakit dan memastikan fungsi tubuh yang tepat.

Penelitian mengatakan bahwa stilbenes, proanthocyanidins, dan catechins dalam buah anggur merah mampu mencegah kanker payudara, sementara antosianin dan fitonutrien membantu memerangi kanker usus besar.

Anggur merah juga mengandung quercetin, atau pigmen dengan efek antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, quercetin dapat membantu mengobati berbagai jenis alergi.

3. Mengandung antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk menurunkan risiko berbagai jenis penyakit seperti kanker.

Dengan kandungan resveratrol yang memiliki efek antioksidan dan komponen lainnya, buah anggur merah menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Perlu diketahui juga bahwa sayuran dan buah-buahan berwarna cerah memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi yang disebut flavonoid. Itu sebabnya buah anggur merah menjadi pilihan yang lebih baik daripada anggur putih.

4. Sarat dengan serat dan potasium

Potasium atau kalium dan serat dalam buah anggur merah membantu mendukung kesehatan tubuh.

Meningkatkan asupan potasium juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah penumpukan trombosit dan mengendalikan tekanan darah tinggi dengan mekanisme antiinflamasi.

Maka dari itu, mengonsumsi buah anggur merah mampu membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan buang air besar juga menjadi lebih teratur.

Apalagi, buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka dan anggur, sangat penting untuk melawan sembelit.

Jadi, mengonsumsi anggur berarti meningkatkan asupan serat dalam tubuh, sehingga menambah lebih banyak manfaat kesehatan.

Di sisi lain, buah anggur merah juga dapat memerangi diabetes dan masalah jerawat karena banyak sifat kimianya.

Untuk itu, menambahkan semangkuk buah anggur merah ke dalam diet tampaknya menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Kendati demikian, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi profesional untuk mengetahui apakah kita dapat mengonsumsi buah-buahan ini dan berapa jumlah yang ideal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/18/120909120/4-alasan-buah-anggur-merah-lebih-menyehatkan-bagi-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke