Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Merawat Tas dan Aksesoris Mewah agar Harganya Berlipat

KOMPAS.com - Jika dulu investasi sering dikaitkan dengan aset seperti rumah, tanah, dan apartemen, sekarang ini aksesoris mewah semakin dipandang sebagai barang berpotensi untuk investasi.

Kamu mungkin sering mendengar bagaimana suatu tas atau jam tangan bisa dihargai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Nah ternyata, aksesoris mewah tersebut tidak semata digunakan untuk keperluan bergaya, tetapi juga investasi jangka panjang. Karenanya sangat memungkinkan bagi pemilik untuk menjual barang-barang tersebut kelak dengan harga yang lebih tinggi atau setidaknya sama seperti kali pertama dibeli.

Pembicaraan tersebut diangkat oleh para penjual luxury goods dalam rangka menyambut acara Irresistible Bazaar ke-28, salah satu preloved bazaar terbesar di Indonesia, yang akan hadir pada tanggal 30 November - 4 Desember 2022, di Atrium Kemang Village.

Marisa Tumbuan selaku Founder Irresistible Bazaar dan Irres Urban Bazaar, menceritakan bagaimana tren barang-barang preloved dinilai sebagai cara belanja yang pintar di negara-negara maju.

Nah preloved sendiri sebenarnya mengacu pada barang yang telah digunakan sebelumnya dan dijual kembali sebagai barang second.

“(Irresistible Bazaar bisa jadi) tempat bertemu apa yang diinginkan (oleh customer) dan disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Bekas itu kata-kata yang bukan selalu identik dengan barang jelek, lapuk, buluk. (Tapi dalam) preloved itu baru dipakai dua kali (dengan kondisi masih sangat bagus) juga disebut preloved,” tutur Marisa, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, preloved dari luxury goods bisa dijadikan opsi sebagai investasi, mengingat likuiditas dari barang tersebut termasuk mudah. Bukan seperti tanah atau tempat tinggal yang membutuhkan waktu lama dan proses panjang untuk berpindah tangan.

Contohnya saja Birkin Bag dari Hermes yang memiliki return tahunan lebih tinggi daripada saham dan emas. Marisa juga melihat hal yang sama pada jam tangan bermerek mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat.

Selain memberikan opsi yang beragam, bazaar ini juga menjadi destinasi satu tempat bagi kamu yang ingin mencari barang dari brand dan budget tertentu.

Meskipun sudah diakui keaslian barang store tersebut, Marisa tetap berpesan kepada para pembeli untuk bisa lebih teliti ketika membeli barang preloved.

Paling sederhana kamu harus mengecek apakah kondisi barang tersebut baik secara kasat mata ataupun ketika dilihat mendetail, memiliki cacat bagian tertentu, termasuk goresan-goresan.

Pasalnya hal tersebut akan mempengaruhi harga jual. Jika sudah aman, kamu kemudian bisa menanyakan lebih detail soal spesifikasi atau surat-surat sertifikasi barang apabila ada.

Nah kalau ingin membeli jam tangan mewah dari preloved, Agustina selaku Senior Marketing Manager Luxehouse, berpesan supaya goresan-goresan pada jam tersebut diperhatikan. Terutama untuk jam berbahan steel dan gold, biasanya goresannya akan lebih terlihat.

Lalu, bagaimana cara supaya barang yang dibeli bisa tetap bernilai ketika nanti dijual?

Untuk menjaga nilai jam tangan, Agustina menyarankan supaya kita berinvestasi pada tempat penyimpanannya alias watch box.

Terutama jika membawa jam mewah saat bepergian atau travelling, siapkanlah watch box sesuai dengan ukuran barang yang kamu punya supaya tidak tersenggol, tertiban, dan terbentur. Jadi bagaimana kamu memakai barang tersebut akan sangat berpengaruh.

Jam tangan yang sering terpbentur, umumnya akan menimbulkan lebih banyak goresan halus. Makanya harus berhati-hati.

Perhatian yang sama juga harus diberikan kepada tas dan pakaian. Selain disimpan di tempat khusus, pastikan kamu memakainya dengan baik dan jangan sampai terkena noda, terutama pada barang berwarna terang.

Sedangkan perihal sepatu, Marisa sempat memberikan tips untuk mengaplikasikan sole protector supaya bagian bawah sepatu tetap bersih. Hal ini biasanya jarang diperhatikan oleh orang ketika memakai sepatu, padahal sole protector bisa membantu sepatu kamu terlihat baru ketika dijual nanti.

Bagi yang memiliki preloved luxury goods dan ingin menjualnya, kamu bisa bernegosiasi dengan store-store yang akan hadir di Irresistible Bazaar. Jadi tidak hanya untuk membeli saja, kegiatan menjual pun juga bisa dilakukan nantinya pada 30 November hingga 4 December 2022 mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/22/091229920/pentingnya-merawat-tas-dan-aksesoris-mewah-agar-harganya-berlipat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke