Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Kekayaan Bersih Cristiano Ronaldo dan Koleksinya

KOMPAS.com - Rasanya tidak berlebihan jika menyebut Cristiano Ronaldo adalah satu dari sekian banyak pesepakbola terhebat yang pernah eksis.

Para pakar memuji CR7 karena kepiawaiannya dalam mencetak gol, teknik mendribel si kulit bundar yang indah, hingga kecepatannya yang luar biasa.

Penampilan Ronaldo yang gemilang di lapangan hijau membuat namanya dikenali oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Namun, dibutuhkan perjuangan yang sangat besar agar ia bisa sukses seperti sekarang.

Awal kehidupan dan karier Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Funchal, ibu kota pulau Madeira di Portugal.

Dia memiliki tiga saudara yang lebih tua dan masa kecilnya sulit. Namun, kehidupan yang serba kekurangan tidak menyurutkan kecintaannya pada sepak bola.

Setelah masa singkat di klub junior, ia melakoni debut seniornya dengan Sporting Lisbon pada 2002.

Di usianya yang baru 16 tahun ketika itu, ia menjadi pemain pertama dalam sejarah klub yang bermain di U-16, U-17, U-18, tim B dan tim utama hanya dalam satu musim.

Hidupnya berubah ketika pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson melihat bakatnya bermain sepak bola.

Ronaldo kemudian diboyong Ferguson seharga 19 juta dollar AS untuk bermain bersama MU.

Selama enam musim (dari 2003-2009) berseragam MU, Ronaldo menjelma menjadi megabintang internasional yang dikenal dunia.

Pada 2009, ia dibeli oleh klub La Liga Real Madrid dengan biaya transfer yang memecahkan rekor saat itu, 96 juta dollar AS.

Di Real Madrid, Ronaldo bermain selama sembilan musim hingga musim 2018.

Menginjak usia 33 tahun, CR7 pindah ke Italia ketika klub papan atas Serie A, Juventus meminangnya seharga 100 juta dollar AS, nilai transfer tertinggi Juventus dan termahal untuk pemain berusia di atas 30 tahun.

Setelah tiga musim, ia "pulang kampung" ke Manchester United dan menandatangani kontrak dua tahun pada Agustus 2021.

Setan Merah mengeluarkan dana 17,7 juta dollar AS dan tambahan 9,4 juta dollar AS agar dapat membawa CR7 kembali ke Old Trafford.

Ronaldo berhasil memenangi tujuh piala liga dalam kariernya sebagai pesepakbola profesional.

Ketika meraih gelar liga bersama Juventus di tahun 2019, ia menjadi pemain sepak bola pertama sepanjang sejarah yang sanggup memenangi piala liga di Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, dan Serie A Italia.

Tidak hanya itu. Ronaldo juga memberikan tiga trofi UEFA Super Cup, empat trofi FIFA Club World Cup, lima gelar UEFA Champions League, dan beberapa trofi lain untuk klub yang dibelanya.

Di level timnas, ia berhasil mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa edisi 2016.

Sepanjang kariernya, nama Ronaldo senantiasa dibandingkan dengan bintang Argentina dan penyerang PSG, Lionel Messi.

Persaingan atau rivalitas di antara keduanya selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar sepak bola.

Messi sudah mengumpulkan tujuh gelar Ballon d'Or, sedangkan Ronaldo baru mengoleksi lima gelar.

Namun dalam jumlah gol, catatan Ronaldo jauh lebih baik daripada Messi. Sampai kini, ia sudah mencetak lebih dari 800 gol di level klub dan tim nasional.

Dia menduduki peringkat keempat dalam daftar atlet terkaya di dunia versi Forbes pada 2020.

Kekayaan bersih Ronaldo melampaui 1 miliar dollar AS, menjadikannya atlet aktif ketiga setelah pegolf Tiger Woods dan petinju Floyd Mayweather yang menorehkan kekayaan hingga miliaran dollar AS.

CR7 menduduki peringkat ketiga dalam daftar atlet terkaya di dunia versi Forbes 2022. Menurut majalah tersebut, ia memeroleh 115 juta dollar AS dalam periode 12 bulan antara 1 Mei 2021-1 Mei 2022.

Penghasilan di lapangan

Gaji Cristiano Ronaldo per musim bervariasi, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut daftar Forbes 2022, penghasilan Ronaldo berjumlah 60 juta dollar AS dari gaji dan bonus di Man United untuk periode laporan tersebut.

Selama bersama Juventus, gaji dan bonus tahunannya dipotong dari 65 juta dollar AS yang diperoleh pada 2019 menjadi 46 juta dollar AS.

Dukungan merek

Sebagian besar kekayaan bersih CR7 adalah hasil dari kerja sama dengan merek-merek besar.

Berdasarkan daftar atlet terkaya tahun 2022 yang dirilis Forbes, pendapatan Ronaldo di luar lapangan adalah 55 juta dollar AS.

Pengaruh sang bintang begitu besar, sehingga dapat memengaruhi sebuah merek meskipun merek tersebut tidak bermitra dengan Ronaldo.

Sebagai contoh, pada 2021, perusahaan Coca-Cola kehilangan 4 miliar dollar AS hanya dalam waktu 30 menit setelah Ronaldo menyingkirkan dua botol Coca-Cola dan mengambil sebotol air mineral dalam sebuah konferensi pers.

Beberapa merek yang berkolaborasi dengan bintang Portugal itu mencakup Herbalife, Armani, TAG Heuer dan sampo Clear.

Seperti dilaporkan surat kabar Spanyol Marca, bintang Manchester United ini juga menjadi duta perusahaan teknologi Jepang SIXPAD dan aplikasi LiveScore.

Pada Maret 2022, ia mendaftar sebagai duta merek baru platform pengiriman makanan dan bahan makanan Timur Tengah yang berbasis di Kuwait, Talabat.

Namun, kerja sama yang paling signifikan adalah bersama Nike. CR7 pertama kali bergabung dengan Nike pada 2003, tahun di mana ia mulai bermain untuk Man United.

Di tahun 2016, Nike mengumumkan bahwa perusahaan sudah menandatangani kontrak seumur hidup dengan CR7.

Ia menjadi atlet olahraga ketiga setelah legenda bola basket Amerika LeBron James dan Michael Jordan yang memiliki kesepakatan seumur hidup dengan raksasa pakaian olahraga asal Oregon, AS tersebut.

Menurut laporan Forbes saat itu, kesepakatan antara Ronaldo dan Nike bernilai 1 miliar dollar AS.

Pada November 2022, perusahaan meluncurkan Nike Zoom Mercurial Superfly 9 Elite CR7 FG, sepatu edisi khusus untuk merayakan warisan panjang karier sepak bola Ronaldo.

Selain endorsement, Ronaldo juga memiliki label fesyen sendiri bernama CR7 yang menjual alas kaki, kacamata, pakaian dalam, dan wewangian.

Menurut Marca, Ronaldo memiliki jejak di industri perhotelan melalui jaringan Pestana CR7 Lifestyle Hotels.

Ini termasuk lima pendirian Pestana CR7 di Madeira, Lisbon, Madrid, Marrakesh, dan Times Square New York.

Selain itu, Ronaldo juga dilaporkan berinvestasi sekitar 17 juta dollar AS di bisnis multinasional termasuk Apple dan Volkswagen.

Bintang sepak bola Portugal itu memiliki lebih dari 495 juta pengikut di Instagram, menjadikannya sebagai sosok yang paling banyak diikuti di platform tersebut dan mengungguli saingannya, Lionel Messi.

Berkat jumlah pengikut yang banyak, otomatis pundi-pundi Ronaldo juga bertambah.

Laporan Forbes pada Oktober 2019 menunjukkan, Ronaldo memperoleh penghasilan lebih banyak melalui unggahannya di Instagram ketimbang pendapatan dari kontraknya bersama Juventus.

Per unggahan di Instagram, ia mendapatkan sekitar 1 juta dollar AS atau 47,8 juta dollar AS per tahun. Angka ini sekitar 13 juta dollar AS lebih banyak dari gaji tahunannya di klub Nyonya Tua.

Hopper HQ, tool perencanaan dan penjadwalan Instagram yang berbasis di Inggris memperkirakan pada awal 2022, Ronaldo mengantongi sekitar 2,4 juta dollar AS per unggahan Instagram berbayar.

Sumber lain yang merupakan kekayaan bersih Cristiano Ronaldo

1. Properti

Setiap properti yang pernah ditinggali Ronaldo sejak menjadi pemain profesional benar-benar seperti istana.

Tentunya, properti yang ditempati sang pemain jauh berbeda dari rumah di mana ia tumbuh dewasa di Funchal, Pulau Madeira.

Selama berkarier, ia menghabiskan waktu bersama keluarganya di rumah super mewah yang berada di lima negara, termasuk AS.

Seperti diberitakan The Sun pada April 2022, Ronaldo diketahui sedang membangun rumah besar baru di daerah Quinta da Marinha dengan biaya sekitar 8 juta dollar AS.

Rumah ini diperkirakan akan menjadi tempat tinggal Ronaldo saat pensiun dari sepak bola.

"Tanah itu dipagari baru-baru ini dan dibeli oleh Ronaldo. Di sini dia akan tinggal bersama keluarganya ketika dia menyelesaikan kariernya," kata seorang sumber kepada majalah Portugis TV 7 Dias, dikutip The Sun.

2. Koleksi mobil mewah

Ronaldo memiliki banyak supercar yang jika ditotal nilainya mencapai sekitar 24 juta dollar AS.

Dia memiliki lima Ferrari dan tiga Bugatti dalam koleksinya. Ada juga setidaknya satu model dari hampir setiap pembuat mobil besar di dunia, termasuk Bentley, Maserati, Lamborghini dan Mercedes.

Bugatti

Ronaldo dilaporkan memiliki Bugatti Veyron, Bugatti Chiron dan Bugatti Centodieci. Bugatti Centodieci adalah pembelian terbaru dari ketiga mobil tadi.

Ia dikabarkan membeli Bugatti Centodieci pada 2021 dengan harga sekitar 11 juta dollar AS.

Bugatti Centodieci memiliki kecepatan tertinggi 380 km/jam dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 2,4 detik didukung oleh tenaga yang dihasilkan dari mesin W16 berkapasitas 8 liter.

Bugatti lain milik Ronaldo adalah Bugatti Chiron yang bernilai sekitar 3 juta dollar AS, diikuti Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse seharga 2,5 juta dollar AS.

Ferrari

Saat ini, Ronaldo mengoleksi sedikitnya lima mobil Ferrari yang diparkir di garasi rumah mewahnya.

Beberapa di antaranya adalah Ferrari Monza SP2 yang dibeli pada 2021 seharga 2 juta dollar AS.

Menurut Business Insider dan Hot Cars, ia sudah memiliki Ferrari F12 TDF senilai 480.000 dollar AS, Ferrari 599 GTO senilai 385.000 dollar AS, Ferrari 599 GTB Fiorano senilai 310.000 dollar AS, dan Ferrari F430 seharga 300.000 dollar AS.

Mobil lainnya

Ronaldo menerima Mercedes G-Wagon Brabus sebagai hadiah dari Georgina Rodriguez pada 2020. Saat itu, mobil tersebut berharga sekitar 875.000 dollar AS.

Ada pula McLaren Senna senilai 1 juta dollar AS yang dibelinya pada 2019, dan Chevrolet Camaro senilai 50.000 dollar AS.

Koleksi selanjutnya yaitu Lamborghini Aventador LP 700-4 seharga 318.000 dollar AS bersama empat mobil Porsche, termasuk 911 Turbo S.

Tidak hanya mobil performa tinggi, ada juga mobil super mewah seperti Rolls Royce Cullinan seharga 900.000 dollar AS dan Rolls Royce Phantom Drophead yang dia beli di awal kariernya di tahun 2008 seharga 500.000 dollar AS.

Dari pabrikan Bentley, Ronaldo mempunyai Bentley Continental GT dan Bentley Flying Spur seharga 313.000 dollar AS yang dibelinya pada 2021.

Beberapa mobil dari manufaktur lain milik Ronaldo adalah Maserati GranCabrio, Aston Martin DB9, BMW M6, serta Mercedes Benz S65 AMG Coupe dan GLE63s AMG.

3. Jet pribadi

Ronald memiliki jet pribadi Gulfstream G200 yang dibeli pada 2015 dengan harga antara 25 juta dollar AS-30 juta dollar AS.

Pesawat ini dapat menampung hingga 10 orang dan terbang dengan kecepatan tertinggi sekitar 900 km/jam.

Pada Juli tahun ini, The Sun melaporkan pesepakbola Portugal itu telah menjual pesawat tersebut karena ia membutuhkan pesawat dengan ukuran yang lebih besar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/22/172857420/mengintip-kekayaan-bersih-cristiano-ronaldo-dan-koleksinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke