Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meditasi Mindfulness, Manfaat, dan Cara Melakukannya

KOMPAS.com - Meditasi adalah praktik yang melibatkan fokus atau penjernihan pikiran menggunakan kombinasi teknik mental dan fisik.

Meditasi juga diandalkan sebagian orang sebagai teknik untuk mengubah kesadaran yang terbukti bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis.

Ada beberapa jenis meditasi yang dapat dilakukan, seperti meditasi spiritual, meditasi cinta kasih, dan meditasi transendental.

Di samping itu, ada pula meditasi mindfulness yang disebut-sebut dapat menurunkan stres dan memperkuat hubungan.

Apa itu meditasi mindfulness?

Meditasi mindfulness yang belakangan ini dibicarakan sebagian orang adalah teknik yang menggabungkan konsep meditasi dan mindfulness.

Ada pun, mindfulness adalah kemampuan dasar bagi orang untuk berfokus pada situasi saat ini dan apa yang mereka lakukan.

Bisa dibilang mindfulness membantu orang menyadari apa yang terjadi di sekitarnya sambil tetap terhubung dengan pikiran dan batin.

Ketika mereka melakukan miindfulness, teknik ini membuatnya tidak bereaksi berlebihan atau kewalahan karena situasi yang menyebabkan stres.

Jenis meditasi yang satu ini juga melibatkan eksplorasi berbagai sensasi yang dihasilkan, seperti bernapas atau menghirup aroma tertentu.

Manfaat meditasi mindfulness

Jenis meditasi apa pun sesungguhnya bermanfaat bagi tubuh supaya pikiran jernih dan pikiran tetap tenang jika dilakukan secara konsisten.

Begitu pula dengan meditasi mindfulness yang dapat dilakukan sendiri atau bersama-sama, kapan saja, dan di mana saja.

Meditasi mindfulness akan mendatangkan manfaat jika dijalani dengan disiplin dan niat supaya orang melihat pikiran dan emosi secara objektif.

Jika jenis meditasi ini dilakukan secara teratur, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh. Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Meditasi mindfulness dapat meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan aktivitas di sisi kiri otak dan korteks serebral.

Hal ini tentunya berdampak baik supaya orang mampu mengelola stres secara efektif, mengatur emosi, dan membuatnya merasa lebih terkendali.

2. Mengurangi gejala depresi

Pola pikir negatif yang dirasakan orang dapat membuatnya terus memikirkan kekurangan diri sendiri.

Untungnya, meditasi mindfulness dapat dikombinasikan dengan terapi kognitif untuk mencegah orang yang mengalami depresi kronis.

Melalui meditasi mindfulness pula orang dapat belajar menyeimbangkan pola pikir negatif dengan pola pikir yang lebih positif.

3. Mengurangi makan berlebih

Meditasi mindfulness yang meningkatkan kesadaran dan pengendalian diri dapat membantu orang dengan gangguan perilaku makan.

Dengan begitu, orang yang merasakan gangguan ini dapat menghindari kebiasaan makannya yang tidak terkontrol.

4. Mengatasi sakit kronis

Beberapa orang berhasil menggunakan teknik meditasi mindfulness untuk meredakan rasa sakit dan mencapai gaya hidup yang lebih aktif.

Walau meditasi mindfulness mendatangkan manfaat bagi tubuh, praktik ini bukanlah jawaban untuk menghentikan pengobatan yang sedang dijalani.

Tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk mengombinasikan pengobatan mereka dengan meditasi mindfulness supaya tidak saling merugikan.

Cara melakukan meditasi mindfulness

Meditasi adalah praktik yang murah meriah, praktis, dan cepat -termasuk meditasi mindfulness yang tidak memerlukan peralatan mahal apalagi disiplin kepercayaan tertentu.

Yang terpenting adalah menjalani jenis meditasi ini secara rutin dan niat atau dengan bantuan orang lain yang sudah berpengalaman.

Dilansir dari Very Well Mind, meditasi mindfulness biasanya melibatkan teknik-teknik tertentu seperti yang di bawah ini:

1. Cari tempat yang nyaman

Temukan tempat yang tenang dan nyaman untuk duduk di kursi atau lantai dengan posisi kepala, leher, dan punggung tetap lurus.

Supaya fokus tetap terjaga, gunakan juga pakaian yang nyaman dan longgar selama melakukan meditasi mindfulness.

2. Atur waktu

Jangan lupa mengatur waktu supaya meditasi mindfulness dapat dijalani secara teratur dan fokus selalu terjaga.

Namun, aturlah nada alarm dengan nuansa yang lembut lebih tenang dan meditasi mindfulness tidak dilakukan terlalu lama.

Pastikan juga memberi diri sendiri waktu setelah meditasi mindfulness untuk menyadari di mana sedang berada dan berdiri secara perlahan.

Dalam hal ini, meditasi mindfulness dapat dilakukan selama 5 menit, kemudian bertahap ke 10-15 menit sampai merasa nyaman melakukannya hingga 30 menit.

3. Fokus pada pernapasan

Rasakan napas yang keluar-masuk dari hidung dan mulut selama menjalani meditasi mindfulness.

Rasakan juga perut yang naik-turun saat udara terhirup ke dalam tubuh dan rasakan perubahan udara ketika keluar dari tubuh.

4. Jaga pikiran

Menjaga pikiran sangatlah penting dalam meditasi mindfulness supaya orang tetap tenang sembari mereka mengatur napas.

Bayangkan saja pikiran seperti awan yang berlalu dan memerhatikannya ketika berubah dan bergerak di langit.

5. Beri diri sendiri waktu beristirahat

Amati pikiran yang membuat diri sendiri terbawa dalam pikiran yang dipenuhu kekhawatiran, ketakuta, kecemasan, atau penuh harapan.

Ikuti pikiran-pikiran tersebut tanpa menghakimi sembari memerhatikan napas dan fokus pada situasi saat ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/25/141807620/meditasi-mindfulness-manfaat-dan-cara-melakukannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke