Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Menu Sarapan yang Bisa Cegah Rasa Lelah dan Kantuk di Pagi Hari

Atau, apakah kita adalah seseorang yang sering menghabiskan secangkir kopi sepanjang hari agar terhindar dari rasa kantuk?

Jika kita ternyata memiliki salah satu dari gejala-gejala tersebut, inilah saatnya untuk memerhatikan apa yang kita makan, selain melihat seberapa banyak tidur yang kita dapatkan setiap malam.

Sebab, pola makan yang menggabungkan berbagai makanan segar dan kaya nutrisi seperti sayuran hijau umumnya baik dalam membantu mengurangi perasaan lelah dan kantuk di pagi hari.

Sementara makanan yang diproses dan mengandung lemak jahat dapat menyebabkan kita merasa kelelahan.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa makanan yang dapat kita masukkan ke dalam rutinitas sarapan sehari-hari untuk membuat tubuh lebih segar dan mencegah rasa kantuk, sebagaimana dilansir dari laman Yahoo Lifestyle.

1. Alpukat

Sebagai makanan super, alpukat sangat bernutrisi dan penuh dengan antioksidan maupun berbagai vitamin.

Sarat dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung seperti asam oleat, alpukat juga dapat mengurangi peradangan dan mampu memberi tubuh energi untuk bertenaga sepanjang hari.

Selain itu, alpukat juga dikemas dengan serat yang dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah dan membantu kita melawan kantuk.

Untuk mengonsumsinya, kita dapat dengan mudah mengoleskan alpukat pada roti panggang sebagai menu sarapan atau cukup menyendoknya dan memakannya polos tanpa tambahan apa pun.

2. Kurma

Buah super ini telah dipelajari dan terbukti berpotensi membantu pengaturan gula darah dan mengurangi lonjakan gula darah berkat indeks glikemik rendah.

Kurma juga diketahui mengandung antioksidan dan serat yang tinggi.

Satu porsi kurma medjool, misalnya, memberi tubuh 20 persen dari jumlah kalium harian yang direkomendasikan.

Ini bisa membantu menangkis gejala kadar kalium rendah yang meliputi penurunan tingkat energi, bersama dengan kelelahan fisik dan mental.

Alih-alih gula putih, tambahkan kurma atau pasta kurma, yang mengandung fruktosa, ke dalam makanan sarapan untuk mempermanisnya.

Atau, campurkan dengan bahan smoothie pagi untuk mendapatkan rasa manis alami.

3. Oat

Ganti sereal manis dengan semangkuk oat untuk meningkatkan energi dan kesehatan.

Mengandung beta-glucan (sejenis serat larut) dalam jumlah besar, oat bisa mengurangi gula darah dan respons insulin, serta membantu kita menghindari gula dan tetap berenergi untuk membantu melewati kesibukan di pagi hari.

Oat juga dapat membuat kita merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan yang membantu kita dalam manajemen berat badan.

Alih-alih jenis instan yang mungkin mengandung gula olahan, merebus oat polos dalam air atau susu dapat memberikan sarapan yang mengenyangkan dan menyehatkan.

4. Semangka

Tidak memiliki cukup air dapat membuat kita merasa lelah dan kantuk, tetapi sepotong atau dua potong semangka di pagi hari untuk sarapan dapat menjadi awal yang baik untuk memulai hari.

Terdiri dari 92 persen air, semangka juga mengandung l-citrulline, asam amino non-esensial yang dapat mengurangi akumulasi asam laktat dan memungkinkan tingkat kinerja ketahanan olahraga yang lebih tinggi hingga kelelahan.

Buah sehat ini juga dikemas dengan antioksidan yang berlimpah, termasuk vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E, yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

5. Bee pollen

Selain madu, bee pollen juga menjadi salah satu produk dari lebah yang mengandung berbagai macam antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, dan quercetin.

Membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bee pollen membantu meringankan gejala menopause dan beberapa wanita dalam penelitian ini mengalami peningkatan energi.

Biasanya dijual dalam bentuk butiran, mudah untuk menambahkan bee pollen ke smoothie atau secangkir yogurt di pagi hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/26/120000020/5-menu-sarapan-yang-bisa-cegah-rasa-lelah-dan-kantuk-di-pagi-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke