Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membuat Komunikasi Antargenerasi Berjalan Lancar

Tiap generasi memiliki bahasa dan cara berkomunikasi berbeda, sehingga kerap terjadi kesalah pahaman dan kesulitan dalam berinteraksi.

Baik itu generasi baby boomers, generasi X, generasi milenial, generasi Z hingga generasi alpha

Namun sebenarnya ada dua hal yang dapat membuat komunikasi antar generasi berjalan lebih lancar.

Berikut rinciannya.

  • Mau kenal dan memahami

Menurut psikolog dan fasilitator dari sekolah komunikasi TalkInc Ajeng Raviando, hal terpenting dalam membuat komunikasi antar generasi lebih lancar adalah dengan mau mengenal dan memahami.

“Jadi jika kita menyadari ada banyak sekali perbedaan antar generasi, sebetulnya kita perlu kenal dulu, generasi yang lain kaya gimana sih? Kalau nggak kenal, bagaimana caranya kita memahami apa yang mereka butuhkan? Misalnya, apa sih yang lucu buat mereka?” ujar Ajeng dalam webinar TalkInc - Act of Kindness pada Kamis (24/11/2022) lalu.

Ia menambahkan, setiap generasi perlu melakukan bridging atau menjembatani generasi lainnya untuk mengenal dan memahami generasi mereka.

“Misalnya, yang lebih muda mau mengajari generasi di atasnya, lalu yang generasi senior mau belajar dan tidak menganggap dirinya unggul. Padahal, setiap generasi punya keunggulan masing-masing,” ujanya.

  • Mampu untuk mengendalikan diri

Selain mau memahami, founder dan CEO dari TalkInc Erwin Parengkuan mengatakan bahwa kunci dalam membuat komunikasi antar generasi lebih lancar adalah kemampuan untuk mengendalikan diri, yang didapatkan dari rasa saling menghargai.

“Jadi yang senior, harus bisa ngomong ke yang junior, dan nggak bisa yang senior hanya mau dimengerti.

Sebab menurut Erwin, jika tidak ada kemampuan mengendalikan diri dari saling menghargai tersebut, komunikasi bisa berantakan akibat ada yang merasa tidak dihargai.

“Yang junior nanti akan kabur, yang z-lenial merasa nggak dihargai, yang milenial merasa dicuekin karena yang di atas, kakak-kakaknya terlalu angkuh, sehingga kita juga perlu berkomunikasi dengan respect,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/27/164500620/tips-membuat-komunikasi-antargenerasi-berjalan-lancar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke