Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ratu Elizabeth Disebut Mengidap Kanker Tulang Sebelum Wafat

Buku berjudul "Elizabeth: An Intimate Portrait" itu menguraikan jika ia mengalami sejumlah gejala kanker sumsum tulang yang disebut multiple myeloma di akhir hayatnya.

"Saya telah mendengar bahwa Ratu memiliki bentuk myeloma - kanker sumsum tulang yang akan menjelaskan kelelahan dan penurunan berat badannya dan 'masalah mobilitas' yang sering kita alami" klaim Gyles Brandreth, penulis buku yang juga dikenal sebagai teman dekat Pangeran Philip.

"Gejala myeloma yang paling umum adalah nyeri tulang, terutama di panggul dan punggung bawah, dan multiple myeloma adalah penyakit yang sering menyerang orang tua,” tambahnya.

Sejauh ini, tidak ada obat yang diketahui bisa menghilangkan jenis kanker ini meskipun sejumlah metode bisa diterapkan untuk mengurangi keparahan gejalanya maupun memperpajang usia penderita.

Namun Ratu Elizabeth disebut tidak mengambil opsi tersebut karena pertimbangan usianya.

"Yang Mulia selalu tahu bahwa sisa waktunya terbatas. Dia menerima ini dengan segala keanggunan yang Anda harapkan," tulis Brandreth.

Sejumlah aktivitas tersebut disebut membantunya mengurangi kesedihan akibat kepergian Pangeran Philip pada 2021 lalu.

Hanya saja, ia sempat harus membatalkan penampilan publiknya karena alasan kesehatan termasuk saat Pembukaan Parlemen Negara dan Festival of Remembrance 2021.

Kondisi kesehatan Ratu Elizabeth sendiri tidak pernah dibuka secara terang-terangan ke publik hingga kematiannya.

Sempat beredar kabar jika ia menderita sakit kronis di masa tuanya namun Istana Buckingham tidak pernah mengkonfirmasinya.

Dalam sertifikat kematiannya, tertera keterangan "usia tua" sebagai penyebab wafatnya tanpa merinci lebih jelas soal kondisi kesehatannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/29/122831620/ratu-elizabeth-disebut-mengidap-kanker-tulang-sebelum-wafat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke