Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Flossie, Kucing Tertua di Dunia, Berapa Umurnya?

Saat dinobatkan sebagai kucing tertua, usia Flossie adalah 26 tahun 316 hari, yang jika dikonversi ke umur manusia mencapai sekitar 120 tahun.

Kondisi Flossie pun tergolong sangat sehat hingga saat ini, meski daya lihatnya sudah memburuk dan tuli karena termakan usia.

Flossie, yang awalnya merupakan kucing jalanan ini juga telah melalui perjalanan panjang dalam hidupnya, dan tinggal di beberapa rumah berbeda.

Perjalanan hidup Flossie dimulai pada tahun 1995, saat diadopsi oleh seorang pekerja di Rumah Sakit Merseyside.

Kucing ini lalu tinggal bersama tuannya itu hingga sang majikan meninggal dunia 10 tahun kemudian.

Setelah itu, Flossie dirawat oleh adik tuannya selama 14 tahun, hingga pemilik kedua itu pun meninggal dunia. Saat itu, Flossie sudah berusia 24 tahun.

Beruntung, anak laki-laki dari pemiliknya yang pertama memutuskan untuk merawat Flossie.

Sayangnya, setelah tiga tahun bersama pemilik baru, kondisi sulit pun datang, membuat pemiliknya tak sanggup lagi memelihara Flossie.

Kondisi sulit itu memaksa dia menyerahkan Flossie untuk dirawat oleh relawan di organisasi Cats Protection.

Setelah itulah, Flossie bertemu pemiliknya yang baru, Victoria Green. Vicki -demikian dia biasa disapa, datang selang beberapa bulan dirawat oleh relawan di organisasi tersebut.

Setelah mengadopsi Flossie, Vicki mengatakan, Flossie sangat sehat dan mudah beradaptasi dengan dirinya dan rumah barunya.

Menurut dia, Flossie memang berisik di beberapa malam pertama, karena kucing itu tidak dapat melihat dalam gelap, dan mungkin sedikit bingung dengan lingkungan yang baru.

Dengan selimut kuning baru favoritnya, kasur yang hangat, dan pelukan dari Vicki, kini Flossie hidup sebagai kucing yang bahagia.

Vicki pun mengaku ikut bahagia karenanya. "Hidup baru kami sudah seperti ‘rumah’ bagi Flossie, yang membuatku sangat bahagia.”

"Aku tahu sejak awal bahwa Flossie adalah kucing yang spesial, tapi aku tak pernah membayangkan kalau aku tinggal bersama dengan pemecah rekor dunia,” ujar Vicki lagi.

Vicki menyebut, kucingnya itu adalah hewan  yang sangat penyayang dan senang bermain, terlepas dari usianya.

Vicki juga berharap kisah hidup dia dan Flossie akan mendorong para pecinta kucing untuk memberi rumah dan kasih sayang pada kucing-kucing tua.

Selama ini, banyak kucing tua yang kerap menghabiskan sisa hidupnya di shelter. "Aku selalu ingin memberi kucing tua saat-saat terakhir yang nyaman,” ujar Vicki.

Vicki memang tahu pasti tahu apa yang harus dilakukan, dan termasuk bagaimana memenuhi kebutuhan kucing tua.

Sebelumnya, Vicki tinggal bersama Honeybun, yang dia pelihara sampai akhir hayatnya, di usia 21 tahun.

Berkat pengalaman itu, dia kini sangat memahami kebutuhan Flossie dan mengaku siap membantu untuk melakukan hal-hal yang terbukti sulit bagi kucing renta tersebut.

"Terkadang, kotorannya ke luar dari kotak pasir, dan Flossie juga membutuhkan bantuan untuk grooming, namun aku dapat membantunya melalui semua itu."

"Kami melakukan ini bersama,” cetus dia.


 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/30/080000920/flossie-kucing-tertua-di-dunia-berapa-umurnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke