Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Hobi Nulis? Yuk, Kembangkan Tulisan Kamu

Oleh : Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Penulis identik dengan seseorang yang sudah berhasil menuliskan sebuah buku atau karya sastra berupa tulisan-tulisan yang sudah dicetak.

Padahal, seseorang yang sering menulis pun bisa dikatakan seorang penulis. Tak harus memiliki karya cetak yang terpajang di toko buku. Karena seseorang bisa menulis melalui media apa pun dan di mana pun.

Bahkan, kita dapat menerbitkan tulisan dan cerita lewat media online. Melalui hobi, kamu bisa menjadi seorang penulis.

Dalam siniar Beginu episode “Nostalgia Bersama Laut Bercerita”, Leila Chudori menceritakan pengalamannya saat menulis, terutama menulis bukunya yang berjudul Laut Bercerita yang dapat diakses melalui dik.si/BeginuLeilaP2.

Leila Chudori bercerita bahwa karyanya tersebut mengambil latar belakang di era orde baru. Namun, justru pembacanya sendiri banyak yang dari kalangan generasi Z.

Hal tersebut menunjukkan keberhasilan seorang penulis dalam menuliskan ceritanya agar bisa diterima bagi semua kalangan.

Menjadi Penulis Konsisten

Seperti Leila Chudori yang fokus terhadap apa yang ia tulis, penulis juga harus memiliki pendirian dan keyakinan terhadap karyanya.

Kamu bisa menuliskan apa pun yang kamu suka—bukan orang yang lain suka—dan biarkan imajinasimu berkembang. Jika seorang penulis terkekang dengan apa yang pembaca suka, maka penulis tidak bebas dalam mengekspresikan tulisannya.

Menetapkan Tujuan Spesifik

Sebelum mulai menulis, hal paling pertama yang penting untuk dilakukan adalah menetapkan tujuan.

Mungkin kamu ingin menulis karena ingin melatih ejaan dan tata bahasa, prosa, atau keahlian teknis. Namun, ada juga yang ingin menulis untuk berkarya.

Dengan tujuan yang jelas, kamu dapat memiliki sesuatu yang nyata untuk dikerjakan dan mengukur kemajuan, di mana kamu dapat mencapai tonggak tertentu untuk menandai kemajuan itu.

Tetapkan setiap tujuan sesuai dengan tingkat keahlian dan beri diri kamu batas waktu untuk masing-masing tujuan tersebut.

Gunakan Bahasa Sederhana dan Ringkas

Meski menulis bersifat bebas, kamu tetap harus memperhatikan bahasa yang kamu gunakan. Menjadi penulis sering kali berarti belajar membuat pesan yang akan disampaikan lebih ringkas dan lebih mudah dipahami pembaca.

Bahasa yang sederhana dan ringkas dapat menyampaikan pesan yang rumit sekalipun dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh pembaca dari semua tingkatan.

Baik penulis kreatif atau teknis, belajar menyederhanakan bahasa dapat membantu kamu tidak hanya meningkatkan kualitas tulisan tetapi juga efisiensi. Pertimbangkan untuk menggunakan kata-kata dan struktur kalimat yang lebih sederhana dan hilangkan kata-kata "halus", atau kata-kata tambahan dalam kalimat dan paragraf yang tidak menambah nilai langsung pada tulisan.

Sering Membaca

Seorang penulis pasti tidak jauh dari hobi membaca.

Cara efektif untuk menambah kosa kata dan meningkatkan penggunaan tata bahasa adalah dengan sering membaca. Kamu bisa membaca buku, artikel, atau esai yang ditulis dengan baik yang mencakup topik yang menarik dan menyenangkan untuk dibaca.

Mencatat Hal Penting

Saat kamu membaca karya orang lain, catat gaya, struktur, dan pilihan kata mereka. Membuat catatan tulisan tangan dapat membantu kamu menyoroti hal-hal yang disukai dalam menulis.

Misalnya, jika kamu membaca prosa yang indah, catat apa yang menurut kamu menyentuh. Mungkin penggunaan metafora dan perumpamaan oleh penulis atau cara mereka menggunakan antonim bersama untuk membuat citra.

Terus Berlatih

Dalam hal menulis, kunci agar tulisan kamu menjadi lebih luwes adalah latihan. Semakin banyak menulis, semakin mudah prosesnya. Saat kamu terus menulis, kamu akan mulai mengembangkan gaya dan proses penulisan unik.

Cobalah menyisihkan waktu untuk menulis sedikit setiap hari untuk mengembangkan kebiasaan melatih keterampilan kamu. Bahkan jurnal singkat atau surel ke teman dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis dan mempertahankan yang sudah kamu miliki.

Simak obrolan menarik lainnya dari Leila Chudori dalam siniar Beginu episode “Nostalgia Bersama Laut Bercerita” di Spotify!

Ikuti jugar siniarnya agar kamu tidak tertinggal episode-episode menarik dari sosok inspiratif yang akan menemani waktu luang kamu dengan mengakses tautan berikut dik.si/BeginuLeilaP2.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/07/090000820/punya-hobi-nulis-yuk-kembangkan-tulisan-kamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke