Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ikan Tetra Paling Populer, Cocok untuk Dipelihara

KOMPAS.com - Ikan tetra merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling dicari oleh banyak pecinta akuarium karena memiliki warna-warna yang cantik.

Perbedaan warna yang cantik itu pun dibagi ke dalam ratusan spesies, yang seluruhnya memiliki keunikan masing-masing.

Namun, mana ikan tetra yang paling populer saat ini?

Dilansir dari Fish Keeping World, berikut lima ikan tetra paling populer di tahun 2022.

Cardinal tetra ini dapat tumbuh hingga sepanjang 4cm jika berada dalam akuarium dengan kondisi yang baik.

Lebih lanjut, ikan cantik ini merupakan bagian dari genus Paracheirodon, yang dikenal memiliki warna ikonik dan garis cerah mencolok yang terbentang di kedua sisi tubuhnya.

Jika dikombinasikan dengan warna sisik merahnya, ikan ini dapat membaut akuarium kita terlihat indah dan berkilau saat terpapar cahaya matahari.

Baik neon tetra maupun cardinal tetra berasal dari area tropis di Amerika Selatan, sama seperti black tetra. Panjang neon tetra dan cardinal tetra pun sama, yaitu sekitar 4cm.

Hal yang membedakan antara cardinal tetra dan neon tetra adalah warna sisiknya.

Bagan atas tubuh neon tetra, tepatnya di dekat area sirip punggungnya, memiliki warna yang lebih gelap dibanding cardinal tetra. Biasanya, sisik di area ini akan berwarna hitam atau keabu-abuan.

Selain itu, warna merah pada sisik neon tetra jauh lebih sedikit dibanding cardinal tetra. Namun, garis merah neon tetra tetap eksis, meski hanya melintasi separuh tubuh ikan.

Karena keindahanya, neon tetra bisa jadi pilihan tepat bagi akuarium community tank (akuarium berisi lebih dari satu spesies ikan) atau akuarium kecil atau medium lainnya.

Ikan tetra yang berasal dari Amerika Selatan ini sebenarnya bukan hanya salah satu jenis ikan tetra paling populer, tetapi juga salah satu ikan akuarium paling populer di dunia.

Memang meski terlihat sederhana, ikan yang senang berkelompok ini dikenal memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya sekitar 7cm, membuatnya cocok untuk dimasukkan ke dalam community tank.

Penampilan tetra hitam adalah kombinasi yang indah dari warna gelap dengan bercak hitam cantik yang menjalar secara vertikal di seluruh tubuh mereka dan titik-titik kecil seperti riak yang menutupi area tubuh mereka lebih dekat ke ekor.

Soal penampilan, warna black tetra merupakan kombinasi dari rona warna gelap dengan bercak hitam cantik yang melintasi tubuhnya, serta bintik-bintik mungil yang menutupi tubuh di bagian belakangnya.

Lemon tetra juga memiliki penampilan yang mencolok dan membuatnya mudah dikenali meski berada dalam akuarium yang sangat ramai, yaitu berwarna kuning terang.

Ikan tetra paling populer terakhir adalah diamond tetra, ikan dengan nama yang diambil dari pola sisik uniknya yang bersinar layaknya berlian.

Warna tubuh diamond tetra biasanya berwarna kehijauan dengan campuran abu-abu, hitam, dan kuning.

Selain itu, ikan tetra jenis ini memiliki sirip yang menyerupai kerudung dan mata hitam mencolok dengan garis berwarna merah terang mengelilinginya.

Diamond tetra akan terlihat sangat cantik jika dirawat di akuarium community tank medium bersama ikan mungil lainnya.

Lalu menariknya lagi, diamond tetra bukanlah jenis ikan yang sulit dirawat dan dapat dibiakkan dengan mudah lho.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/08/063359520/5-ikan-tetra-paling-populer-cocok-untuk-dipelihara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke