Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Generasi Z Lebih Sadar Masalah Kesehatan Mental?

KOMPAS.com - Dulu, membicarakan kesehatan mental masih dinilai tabu oleh banyak orang.

Namun di era sekarang, masalah kesehatan mental lebih dibicarakan secara terbuka, khususnya pada anak-anak generasi Z.

Dalam Stress in America Survey yang diadakan American Psychological Association (APA), terungkap gen Z lebih cenderung mencari bantuan profesional untuk masalah kesehatan mental.

Survei tersebut juga menemukan, gen Z lebih mungkin melaporkan mereka didiagnosis dengan gangguan kecemasan (18 persen) dan depresi (23 persen) dibandingkan generasi sebelumnya.

Para ahli menguraikan dari mana kesadaran kesehatan mental generasi Z berasal dan pengaruh positifnya terhadap anak-anak mereka.

1. Meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental pada gen Z

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab meningkatnya kecemasan pada gen Z.

"Akademik dan lingkungan pekerjaan menjadi lebih stres dan kompetitif," jelas Rebecca Rialon Berry, PhD, profesor asosiasi klinis di departemen psikiatri anak dan remaja di NYU Langone Health, New York, AS.

"Itu menghasilkan lebih banyak tekanan eksternal dan tekanan yang dipaksakan sendiri serta lebih sedikit waktu istirahat."

Generasi Z juga menghabiskan lebih banyak waktu menatap layar perangkat elektronik.

Studi dari Institute of Business Management menemukan, lebih dari 74 persen responden Gen Z mengaku menghabiskan waktu luang mereka untuk online.

Lalu, 25 persen responden mengatakan mereka menghabiskan lebih dari lima jam menggunakan perangkat seluler setiap hari.

Hal ini, menurut Berry, menyebabkan generasi Z hanya memiliki waktu lebih sedikit untuk bertatap muka dengan orang lain dan melakukan interaksi sosial, terutama aktivitas fisik dan bermain.

Studi yang dipublikasikan di Open Journal of Depression juga mendukung temuan sebelumnya.

Ditemukan, keterhubungan sosial menawarkan perlindungan remaja terhadap kesepian dan gejala depresi.

Berry mencatat, kesehatan mental gen Z kemungkinan besar juga dipengaruhi oleh seberapa besar pengaruh mereka terhadap peristiwa terkini.

"Mereka lebih khawatir tentang perumahan dan utang," tambahnya.

2. Generasi Z bersedia mencari bantuan kesehatan mental

Kabar baiknya, gen Z cenderung mengatasi masalah kesehatan mental dengan mencari perawatan atau terapi dari ahli kesehatan mental dibandingkan generasi sebelumnya, menurut APA.

"Gen Z jauh lebih sadar akan masalah kesehatan mental dan lebih menyampaikannya daripada orangtua mereka," jelas Berry.

Lebih jauh, Berry menerangkan, generasi milenial juga cenderung lebih terbuka terhadap perawatan kesehatan mental daripada generasi terdahulu.

Faktor utama yang membuat generasi Z mau terbuka adalah berkurangnya stigma negatif tentang kesehatan mental di masyarakat saat ini.

Generasi sebelumnya telah meletakkan pondasi untuk membuat masalah kesehatan mental tidak terlalu menantang untuk diatasi dan tabu, menurut Jason Woodrum, ACSW, terapis di New Method Wellness di San Juan Capistrano, California, AS.

"Pemahaman kami tentang kondisi seperti kecemasan, bersama dengan cara efektif berbasis bukti untuk mengobatinya terbilang baru," catat Woodrum.

"Gen X dan milenial juga tumbuh di masa ketika stigma sosial yang lebih besar seputar mencari bantuan untuk gejala kesehatan mental masih tersebar luas."

"Generasi Z mewarisi dunia di mana mereka tidak hanya tahu lebih banyak cara mengatasi kecemasan, tetapi juga tidak merasa dihakimi orang lain karena mencari bantuan sejak awal," imbuhnya.

Para ahli juga berpendapat, media sosial membantu membuat masalah kesehatan mental sebagai topik yang normal dibicarakan.

"Selebritas dan influencer media sosial menggunakan platform untuk berbagi perjuangan mereka," kata Bonnie Compton, terapis anak dan remaja serta pelatih pengasuhan anak.

"Media sosial sudah membantu masalah kesehatan mental menjadi lebih dapat diterima untuk meminta bantuan, melihatnya sebagai kekuatan daripada kelemahan."

Topik seputar penyakit mental juga memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai dampak gangguan kesehatan mental terhadap kehidupan sehari-hari.

"Gen Z menginginkan energi dan kemampuan untuk melakukan perjalanan, memiliki petualangan baru, dan menjalin pertemanan yang hebat," kata Keshia Brooks, supervisor pendidikan pencegahan dan kesehatan keluarga di Pathways.

"Memiliki masalah kesehatan mental dapat menghambat impian tersebut dan mereka lebih suka menangani masalah itu dan bangkit daripada membiarkan masalah menghentikan mereka dari apa yang mereka inginkan."

3. Kesadaran kesehatan mental membentuk pola asuh gen Z

Kesediaan gen Z untuk mengidentifikasi dan mengatasi kesehatan mental dapat meningkatkan pola asuh mereka.

Dewasa muda yang mencari perawatan kesehatan mental sebelum memiliki anak berpeluang lebih besar untuk menjadi orangtua yang sehat secara emosional, menurut Compton.

"Jika orangtua dapat berbicara secara terbuka sesuai dengan tingkat perkembangan anak, anak akan belajar untuk melakukan hal yang sama."

"Anak tidak perlu lagi 'mengisi kekosongan' tentang mengapa ibu atau ayah begitu sedih atau marah. Atau hadir dan kemudian tiba-tiba menghilang," terang Compton.

Begitu juga, orangtua akan mengembangkan pengaturan emosi dan mampu mengajarkannya kepada anak-anak mereka.

"Diskusi emosi akan menjadi normal dalam keluarga," sambung Compton.

"Anak-anak dan remaja akan memahami semua perasaan diterima dan sangat normal untuk mencari dukungan."

"Mereka juga dapat menciptakan dan memelihara hubungan otentik yang mendalam dengan anak mereka melalui percakapan yang jujur."

Perilaku dan sudut pandang orangtua yang positif mengenai kesehatan mental akan berpengaruh bagi anak, sebut Lauren Cook, terapis keluarga dan anak.

"Ketika anak melihat orangtua mereka mencontohkan keterbukaan, pencarian bantuan, dan nilai keaslian, mereka belajar bahwa tidak masalah untuk mempraktikkan prinsip-prinsip ini," ungkapnya.

Orangtua gen Z juga lebih mungkin mengidentifikasi gejala penyakit mental pada anak mereka, catat Niro Feliciano, LCSW, psikoterapis dan spesialis kecemasan.

"Saya sering berbicara dengan orangtua bahwa anak mereka dapat memeroleh manfaat dari terapi."

"Saya pikir akan ada lebih sedikit percakapan ini di masa depan ketika gen Z menjadi orangtua. Mereka sudah melihat manfaat dari dukungan dan pengobatan," katanya.

Namun, kesadaran yang berlebihan akan gangguan kesehatan mental bisa menjadi masalah besar ketika pengetahuan itu disalahgunakan.

"Terkadang individu bisa terjerat dengan penyakit mental dan menggunakannya sebagai alasan untuk tidak sembuh," papar Cook.

"Misalnya, mereka mungkin mengaku 'depresi membuat saya melakukan ini' atau 'kecemasan membatasi saya'."

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/09/223815220/kenapa-generasi-z-lebih-sadar-masalah-kesehatan-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke