Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Makanan yang Baik dan Tak Baik Dimasak dengan Air Fryer

Karena selain lebih mudah digunakan dan menghasilkan makanan yang renyah, memasak dengan air fryer juga membutuhkan sedikit minyak yang membuat makanan menjadi lebih sehat.

Meski begitu, tidak semua jenis makanan bisa dimasak menggunakan air fryer, sehingga kita perlu mengetahui makanan apa saja yang baik dan lezat jika dimasak dengan air fryer.

Dilansir dari laman Insider, berikut daftar makanan yang sebaiknya dimasak dengan menggunakan air fryer dan makanan tidak seharusnya menggunakan air fryer.

Makanan yang baik dimasak dengan air fryer

• Frozen food

Menurut wakil editor makanan America's Test Kitchen, Stephanie Pixley, air fryer adalah alat yang bagus untuk memanaskan kembali atau memasak makanan yang telah dibekukan (frozen food).

"Air fryer melakukan pekerjaan yang bagus untuk membuat makanan menjadi renyah karena fungsi konveksinya," kata Pixley.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan udara panas mengelilingi makanan, sehingga dapat memasaknya lebih cepat dan merata.

• Kue kering

Menurut Pixley, kue kering bisa dipanaskan di dalam air fryer.

"Saya suka menyimpan bola-bola adonan kue di freezer dan kemudian memanaskannya di air fryer saya," terangnya.

"Karena kita tidak perlu memanaskan air fryer terlebih dahulu, maka kita bisa mendapatkan kue kering segar buatan sendiri dalam waktu 10 menit," tambah dia.

• Steak

Karena air fryer dapat berfungsi sebagai oven, alat ini juga dapat digunakan untuk memasak steak.

"Dengan sedikit tutorial, kita bisa mendapatkan steak yang dimasak dengan indah di air fryer, yang memungkinkan kita terhindar dari asap dan apipanggangan," ungkap Yankel Polak, kepala koki di ButcherBox.

Ditambah lagi, ini membebaskan kompor dan tidak meninggalkan kekacauan yang biasanya dihasilkan ketika kita sedang memanggang steak.

• Dada ayam

Menurut pendiri Cook Smart, air fryer menghasilkan dada ayam yang jauh lebih segar daripada oven atau kompor.

"Karena desain air fryer yang ringkas, tidak ada banyak ruang untuk cairan menguap seperti yang kadang-kadang dilakukan dalam metode lain," terangnya.

Pixley juga menambahkan bahwa ayam yang diglasir juga dimasak dengan baik dalam air fryer.

"Dengan panas tinggi dan aliran udara konstan dari air fryer, glasir menciptakan karamelisasi pada ayam, yang hanya membawa ayam panggang ke tingkat yang berbeda sama sekali," katanya.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak menaruh terlalu banyak glasir pada ayam, karena kelebihannya dapat menetes dan menyebar di sekitar ruang air fryer.

• Brokoli

Pixley mengatakan bahwa meskipun beberapa sayuran ramah terhadap air fryer, namun brokoli tidak.

"Setelah pengalaman memasak kubis brussel, saya berharap brokoli juga bisa menjadi sangat renyah dan lezat saat dimasak dengan air fryer," terangnya.

"Sayangnya, brokoli menjadi sangat kering dan rasanya jadi memudar," jelas Pixley.

• Ayam utuh

Pixley mengungkapkan bahwa daging panggang yang lebih besar atau ayam utuh tidak akan matang secara merata di air fryer.

Bagian yang paling dekat dengan sumber panas, menurut Pixley, akan terbakar dan mengering dengan baik sebelum bagian terjauh dari sumber panas aman untuk dimakan.

• Makanan dengan adonan basah

Kita juga harus menghindari memasukkan makanan yang memiliki adonan yang basah seperti corndog atau udang tempura ke dalam air fryer.

Menurut Polak, adonan basah akan menyebar ke mana-mana, dan tanpa rendaman minyak yang tepat, adonan tidak akan mengeras, yang berarti tidak akan menjadi gorengan renyah seperti yang diharapkan.

"Adonan tidak hanya akan menetes dari makanan selama memasak dan mungkin terbakar dan menempel di bagian bawah air fryer, akhirnya menjadi kenyal dan sama sekali tidak renyah," ujar Pixley.

• Keju

Polak merekomendasikan kita untuk menghindari memasukkan keju ke dalam air fryer.

"Air fryer sebenarnya bukan penggorengan, jadi tidak ada kerak luar instan yang didapatkan dari menggoreng keju untuk sesuatu seperti stik mozzarella," katanya.

"Sebaliknya, kita akan mendapatkan keju yang berantakan di penggorengan," jelas dia.

• Sayuran hijau segar

Sayuran hijau segar seperti bayam atau kangkung juga merupakan sesuatu yang perlu kita hindari untuk dimasukkan ke dalam air fryer.

"Sayuran hijau ini benar-benar akan terbang ke mana-mana dan dimasak tidak merata," ungkap Polak.

"Tetap gunakan oven biasa jika kita ingin membuatnya lebih renyah dan krispi," saran dia.

• Daging dan sayuran yang terlalu banyak bumbu

Membumbui daging dan sayuran secara berlebihan sebelum memasukkannya ke dalam air fryer adalah kesalahan besar lainnya.

"Secara umum, ketika kita memiliki makanan yang memiliki permukaan kering dengan bumbu, ini bisa tertiup oleh aliran udara di air fryer dan mengotori area di sekitarnya," imbuh Polak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/15/162546320/daftar-makanan-yang-baik-dan-tak-baik-dimasak-dengan-air-fryer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke