Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Alami Meningkatkan Serotonin agar Merasa Lebih Bahagia

Hal ini termasuk memfasilitasi perasaan positif, menstabilkan suasana hati, dan meningkatkan kebahagiaan.

Tetapi, hormon yang terjadi secara alami ini tidak hanya terlibat dalam memengaruhi perasaan dan pola pikir, namun juga membantu mengatur tidur, pencernaan, kepadatan tulang, nafsu makan, dan bahkan memori.

Karena serotonin memiliki dampak yang begitu besar pada tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, tidak mengherankan jika banyak orang mencari strategi untuk meningkatkan serotonin yang mudah dan bebas resep.

Ada pun kebiasaan, aktivitas, dan bahkan makanan untuk meningkatkan serotonin adalah hal yang umum dalam wacana kesehatan mental berbasis media sosial saat ini.

Tetapi, apakah peningkatan kebahagiaan dan kesejahteraan sesederhana mencoba meningkatkan pasokan neurotransmitter tunggal ini?

Sebenarnya, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat dari peningkatan serotonin.

Faktanya, terlalu banyak serotonin dalam tubuh sebenarnya juga bisa membuat kita merasa lebih buruk (meskipun toksisitas serotonin sering kali merupakan reaksi terhadap pengobatan).

Di sisi lain, serotonin yang tidak cukup dikaitkan dengan gangguan suasana hati, masalah tidur, dan lebih banyak efek kesehatan.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan terkait pentingnya serotonin, tanda-tanda kekurangan dan ketidakseimbangan serotonin, hingga cara meningkatkannya secara alami, seperti dilansir dari laman Real Simple berikut ini.

Cara kerja dan manfaat serotonin bagi kesehatan

Serotonin pada dasarnya diproduksi di otak oleh neuron dan bergerak ke situs reseptor yang berbeda di seluruh tubuh untuk memengaruhi proses seperti tidur dan pencernaan.

Ada perdebatan yang sedang berlangsung di komunitas medis tentang apakah serotonin yang rendah berkontribusi pada depresi atau tidak.

Tetapi, penelitian eksperimental menunjukkan hubungan yang menjanjikan antara serotonin dan regulasi emosi.

Itulah sebabnya mengapa mungkin ada hubungan dengan kebahagiaan atau perasaan senang.

Selain manfaat suasana hati, serotonin adalah pemain penting dalam kesehatan kita secara keseluruhan.

"Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan pencernaan kita, sehingga mempertahankan tingkat neurotransmitter yang sehat ini dapat membantu kita merasa lebih baik secara emosional dan fisik."

Demikian penuturan direktur medis di pusat perawatan Ascendant Detox, Dr David Seitz, MD.

"Selain itu, serotonin telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif seperti belajar, memori, dan konsentrasi," terangnya.

Namun, dampak serotonin tidak berakhir di sana. Serotonin bahkan berkontribusi pada penyembuhan luka, mengendalikan rasa mual, dan membantu pergerakan usus yang sehat.

Tanda-tanda serotonin rendah

Serotonin rendah dapat secara signifikan mengganggu fungsi kita sehari-hari dan tanda-tandanya dapat muncul dengan cara yang mengejutkan.

"Kadar serotonin yang rendah dapat menimbulkan berbagai konsekuensi, termasuk depresi, kecemasan, gangguan tidur, perubahan selera makan, dan mudah tersinggung," kata Seitz.

Meskipun tidak ada satu alasan mengapa kadar serotonin bisa menurun, sejumlah faktor dapat berkontribusi, termasuk pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, kecenderungan genetik, efek samping obat, atau peristiwa yang membuat stres.

"Selain itu, beberapa kondisi medis seperti tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan serotonin," tambahnya.

Cara alami meningkatkan serotonin

Ada sejumlah langkah mudah dan perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan serotonin secara alami.

Namun, jika kita mencurigai bahwa kadar serotonin tidak normal, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengesampingkan kondisi yang mendasarinya, seperti penyakit tiroid, sebelum melakukan modifikasi apa pun.

1. Berolahraga secara teratur

Menurut Seitz, berolahraga adalah salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan kadar serotonin.

Sebab, aktivitas fisik diyakini memicu pelepasan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Studi menunjukkan bahwa serotonin yang dilepaskan oleh aktivitas fisik sebenarnya juga dapat mengendalikan kelelahan.

Maka dari itu, kombinasi berolahraga dan pelepasan serotonin yang mengikutinya benar-benar dapat menghilangkan rasa lelah, serta membantu kita merasa lebih baik dan lebih energik secara keseluruhan.

2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan triptofan

Ayam adalah salah satu dari beberapa makanan yang tinggi triptofan.

Triptofan sendiri merupakan asam amino alami yang ditemukan dalam beberapa makanan, yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dengan mensintesis, atau menciptakan, neurotransmitter.

"Makanan lain yang tinggi triptofan termasuk gandum, pisang, kacang-kacangan, telur, salmon, dan tahu," jelas Seitz.

"Ini biasanya merupakan bagian dari diet sehat secara keseluruhan," ujar dia.

3. Menikmati diet yang sehat dan seimbang

Karena mengonsumsi lebih banyak triptofan tidak cukup, Seitz pun merekomendasikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk mengatur kadar serotonin.

"Makan banyak buah dan sayuran segar, serta protein tanpa lemak dapat memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan," katanya.

4. Tidur yang cukup

Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur dapat sangat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, yang mempengaruhi segala sesuatu, termasuk kesehatan jantung, kesehatan mental, memori, dan bahkan metabolisme.

Seiring waktu, kurang tidur sebenarnya dapat menguras kadar serotonin dan ketika kadar serotonin kembali meningkat, kita bisa tidur lebih nyenyak.

Dengan kata lain, kita mungkin terjebak dalam sebuah siklus jika kita tidak tidur nyenyak.

"Kurang tidur dapat menyebabkan kadar serotonin rendah [dan sebaliknya], jadi penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup," terang Seitz.

Meskipun kebutuhan tidur berbeda untuk setiap individu, dia merekomendasikan tidur umum untuk orang dewasa adalah tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam.

5. Mempertahankan kehidupan sosial yang aktif

Berbagi waktu berkualitas dengan orang yang dicintai sebenarnya dapat meningkatkan produksi serotonin.

"Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin secara alami," kata Seitz.

"Terlibat dalam percakapan, aktivitas, atau hobi yang bermakna dengan orang-orang yang dekat dengan kita juga dapat memberikan kebahagiaan yang akan meningkatkan suasana hati kita," lanjut dia.

Cara melakukannya pun mudah, yakni dengan berinteraksi secara sehat, yang memiliki kekuatan untuk mendorong otak melepaskan sejumlah perasaan senang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/17/114853220/5-cara-alami-meningkatkan-serotonin-agar-merasa-lebih-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke