Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan Mudah yang Bikin Kulit Wajah Lebih Cerah dan Awet Muda

Walaupun tidak dapat dipungkiri jika berbagai faktor seperti gaya hidup dan polusi udara dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa membantu kita mencegah penuaan dan membuat penampilan wajah kita lebih glowing dan tentunya awet muda.

5 kebiasaan agar wajah semakin cerah dan awet muda

Seorang ahli dermatologi dan pendiri Cosmedics Skin Clinics, Dr Ross Perry, pun membagikan sejumlah kebiasaan yang mudah dilakukan untuk membuat kulit cerah, sekaligus melawan tanda-tanda penuaan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tipsnya seperti yang dilansir dari laman Express UK berikut ini.

1. Minum air putih

Menghidrasi kulit dari dalam dengan minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Menurut Ross, minum air putih setidaknya delapan gelas air sehari juga dapat membuat kulit tampak halus dan kenyal.

Sebab, kulit yang mengalami dehidrasi biasanya akan terlihat kering dan bersisik, serta membuat kerutan terlihat lebih jelas.

"Minum air putih juga membantu membersihkan racun di dalam tubuh yang pada akhirnya mampu mengurangi risiko jerawat dan masalah kulit lainnya," katanya.

"Terlebih, jika kulit kita berminyak, maka pori-pori akan tersumbat, kemudian menyebabkan timbulnya jerawat," sambung dia.

2. Tidur yang cukup

Selanjutnya, Ross merekomendasikan tidur yang cukup untuk membuat kulit lebih awet muda.

"Tubuh kita membutuhkan waktu untuk memulihkan dirinya sendiri dalam semalam dan itu termasuk wajah kita," terangnya.

"Saat tidur, kulit akan membuat kolagen baru dan memperbaiki kerusakan DNA dari hari sebelumnya.

"Lebih sedikit keriput berarti kulit tampak lebih muda. Kulit yang beristirahat dengan baik akan terlihat lebih sehat, lebih cerah, dan tentunya lebih muda," jelas dia.

"Sebagian besar penuaan disebabkan oleh radikal bebas," katanya.

"Bahkan di musim dingin sekalipun kita harus selalu memakai sunscreen sebelum mengaplikasikan make up," saran dia.

Hanya karena hari yang dingin dan berawan, bukan berarti kita tidak akan terpapar sinar UV yang kuat, yang menyebabkan penuaan dini dan potensi kanker kulit.

"Bahkan jika make up kita telah memiliki SPF, gunakan SPF terpisah sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kita," tambah Ross.

4. Mengeksfoliasi kulit

Ross juga merekomendasikan kita untuk berinvestasi dalam eksfoliator yang baik untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit.

"Sangat penting untuk melakukan eksfoliasi kulit karena seiring bertambahnya usia, kemampuan alami kulit kita untuk melepaskan sel-sel kulit melambat," tuturnya.

"Ini dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, bersisik, dan padat, sehingga bisa membuat wajah kita terlihat lebih tua," ujar dia.

Menurut Ross, pembersihan saja tidak akan melakukan pekerjaan yang sama seperti eksfoliator dan sebenarnya sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulit dapat menghambat produk lain bekerja.

"Oleh karena itu, untuk memastikan kulit terlihat prima dan bisa bekerja dengan produk lain, maka kita perlu melakukan eksfoliasi setiap beberapa hari sekali untuk mendapatkan manfaat nyata pada penampilan kulit secara keseluruhan," jelasnya.

Ross mengatakan bahwa serum bisa membuat kulit tampak lebih cerah, kencang dan halus, belum lagi membuat pori-pori tampak lebih kecil.

"Banyak serum juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang menargetkan warna kulit yang tidak merata dan mencegah penuaan," katanya.

"Molekul dalam serum lebih kecil daripada molekul dalam pelembap yang memungkinkan produk untuk menyerap lebih dalam ke dalam pori-pori, sekali lagi untuk menciptakan penampilan yang lebih segar dan lebih muda," imbuh dia.

Ross pun merekomendasikan untuk melakukan pembersihan seperti biasa sebelum mengoleskan beberapa tetes serum ke tangan dan menepuk-nepuk kulit, dua kali sehari, baru kemudian menggunakan pelembap.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/19/181131020/5-kebiasaan-mudah-yang-bikin-kulit-wajah-lebih-cerah-dan-awet-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke