Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Cengkeh Baik untuk Kesehatan Rambut?

Rempah inimemang telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah pencernaan, gigi, dan mulut sejak berabad-abad lalu.

Bukan hanya itu, cengkeh juga merupakan salah satu rempah penting yang digunakan dalam berbagai obat tradisional China dan pengobatan Ayurveda karena sifat anti mikroba, anti virus, anestesi, dan anti parasit, dan antioksidan.

Bahkan, ada yang mengatakan bahwa cengkeh juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut dah kulit kepala.

Namun, benarkah?

Manfaat cengkeh

Cengkeh memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Untuk memahami lebih jauh, simak daftar manfaat cengkeh yang dilansir dari Lifestyle Asia, berikut ini.

  • Dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Cengkeh dapat meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan rambut kita.

Menurut dokter kulit bersertifikat dan pendiri Maei MD Rebecca Marcus, MD, cengkeh merupakan sumber antioksidan, yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan dengan menangkal beberapa efek buruk dari stres oksidatif.

Ia juga menambahkan, meski tidak dapat memberi efek langsung pada kesehatan rambut, jika semua bagian tubuh sehat, kemungkinan besar rambut pun akan ikut sehat.

Selain itu, ahli diet dan coach nutrisi Carlie Saint-Laurent Beaucejour, MS, RD, LDN, mengatakan bahwa cengkeh memiliki senyawa fenolik, eugenol, yang memberikan manfaat antibakteri dan anti-inflamasi.

  • Melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala

Cengkeh juga dapat mendorong pertumbuhan rambut secara tidak langsung berkat kandungan vitamin K di dalamnya yang dapat memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala.

Ini disebabkan karena aliran darah beroksigen yang sehat di kulit kepala diyakini dapat menjadikannya sehat dan cocok untuk pertumbuhan rambut baru, meski sebaiknya tetap tidak dikonsumsi oleh anak-anak atau ibu hamil.

Alasannya, kandungan beta karoten di dalamnya dapat mendorong pertumbuhan sel, sementara kandungan vitamin K dalam cengkeh dapat meningkatkan sirkulasi darah, meski belum terbukti secara ilmiah.

Namun, Marcus menambahkan bahwa dalam penelitian pada hewan, mengoleskan minyak cengkeh secara topikal ke kulit dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada kelinci.

Selain itu, penelitian juga mendukung penggunaan obat alami yang mengandung cengkeh untuk perawatan gangguan rambut dan kulit kepala.

  • Memperkuat rambut

Kerusakan rambut akibat faktor-faktor seperti panas, stres, rambut memutih, dan penataan rambut tertentu merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut.

Untungnya, kerusakan itu dapat dicegah oleh cengkeh, yang mengandung mikronutrien mangan, yang dapat memperkuat helai rambut dan melindunginya dari kerusakan.

Selain itu, Saint-Laurent Beaucejour juga mengatakan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kerusakan rambut dengan mencegahnya beruban, yang disebabkan oleh kandungan antioksidan eugenol di dalamnya, yang dapat membantu mencegah oksidasi folikel rambut.

  • Meredakan gatal di kulit kepala

Cengkeh juga kerap digunakan secara topikal untuk mengobati sejumlah masalah kulit dan kulit kepala karena sifat antimikroba, antioksidan, antivirus, anestesi, dan anti-parasitnya.

Selain itu, ada pula yang mengoleskan cengkeh secara topikal dalam bentuk minyak untuk mengobati masalah kulit kepala, seperti gatal akibat ketombe karena rempah satu ini memang bisa dapat membersihkan kulit kepala.

Selain itu, mengonsumsi cengkeh juga dapat mengurangi rasa gatal di kulit kepala berkat kandungan eugenol, salah satu antioksidan di dalamnya yang memiliki antihistamin ganda dan efek pereda nyeri, sehingga dapat membantu mengurangi rasa gatal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/02/122703120/benarkah-cengkeh-baik-untuk-kesehatan-rambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke