Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Manfaat Kesehatan dari Kacang Almond

KOMPAS.com - Kacang almond juga dikenal bisa menjadi camilan menyehatkan selain rasanya yang lezat.

Bahkan dalam sebuah studi baru yang diakukan oleh tim peneliti dari King's College di London, Inggris ditemukan bahwa almond juga dapat menyehatkan usus besar berkat kandungan asam lemak unik di dalamnya.

Dikutip dari Real Simple, studi tersebut menemukan bahwa memakan segenggam almond setiap hari selama empat minggu dapat meningkatkan produksi butirat.

Ini adalah sebuah asam lemak rantai pendek yang dapat meningkatkan kesehatan mikrobioma yang ada dalam usus, membuatnya menjadi lingkungan yang ideal untuk berkembangnya mikroba usus.

Mikrobioma usus yang terdiri dari satu triliun mikroorganisme itu pun akan bekerja bersama untuk mendukung kesehatan kita, mulai dari kesehatan usus dan pencernaan, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mental, dan masih banyak lagi.

Selain temuan terbaru ini, sebenarnya almond dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan sejak lama berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Berikut paparannya.

  • Protein

Kacang-kacangan secara umum memang merupakan sumber protein vegan yang baik.

Apalagi, almond kaya akan protein, dengan satu porsi almond (sekitar satu ons) mengandung enam gram protein di dalamnya,

  • Serat

Serat dalam almond juga tak kalah penting karena dapat membantu memelihara dan menyehatkan pencernaan sekaligus berperan sebagai prebiotik, serta meningkatkan keanekaragaman mikro-organisme di bioma.

Bahkan, serat dalam almond juga membantu membuat kita kenyang lebih lama dan dapat mengatur gula darah setelah makan.

Karena itu, jika dikombinasikan dengan kandungan protein di dalamnya, tentu akan membuat kita kenyang lebih lama.

Belum lagi, lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan di Cambridge University Press juga menemukan bahwa konsumsi almond dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, mikronutrien dan kandungan nabati dalam almond juga memiliki manfaat yang baik. Berikut contohnya.

  • Vitamin E

Vitamin E, salah satu vitamin larut lemak yang merupakan antioksidan kuat juga ditemukan dalam almond, dan dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh, mendukung kesehatan penglihatan dan sistem reproduksi, serta baik untuk kulit.

  • Magnesium

Meski lebih dikenal berperan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan atau masalah tidur, magnesium dalam almond juga berperan penting dalam produksi energi serta fungsi otot dan saraf.

Bahkan, mengonsumsi magnesium juga diklaim dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Tembaga

Manfaat kesehatan almond juga bisa didapatkan dari tembaga, yang penting untuk proses metabolisme, penyerapan zat besi, membentuk sistem kekebalan tubuh, pembentukan sel darah merah, dan pembentukan kolagen untuk membangun tulang dan jaringan yang sehat.

Selain itu, berbagai studi juga menemukan bahwa tembaga dapat melindungi dan membantu memperbaiki gejala penyakit kardiovaskular.

  • Kalsium

Almond juga merupakan sumber kalsium vegan yang baik dan dapat membantu memperkuat tulang, otot, serta sistem saraf.

  • Fosfor

Sama seperti kalsium, fosfor juga berkontribusi menyehatkan tulang dan gigi sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan sel dalam tubuh.

  • Fitokimia dan Antioksidan

Almond juga memiliki senyawa tanaman yang bai bagi kesehatan dan merupakan sumber antioksidan serta sterol tumbuhan yang dapat menurunkan lipid.

Selain itu, almond juga kaya akan senyawa tumbuhan flavonol seperti quercetin dan kaempferol yang efektif untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/03/090900620/9-manfaat-kesehatan-dari-kacang-almond

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke