Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Pilihan Makanan Sehat yang Bakal Jadi Tren Sepanjang Tahun 2023

KOMPAS.com - Sejumlah makanan sehat diprediksi akan menjadi tren sepanjang tahun 2023.

Menurut pakar, tren yang satu ini masih berkaitan dengan kondisi masyarakat selama pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia beberapa tahun belakangan.

Hal itu pun turut berkontribusi pada perubahan gaya hidup baru yang banyak diterapkan masyarakat di seluruh dunia.

Secara sadar banyak masyarakat yang semakin memprioritaskan mengonsumsi makanan demi memiliki tubuh yang sehat.

Kepedulian masyarakat yang semakin tinggi soal kesehatan membuat berbagai tren makanan sehat terus bermunculan.

Sepanjang tahun 2023, setidaknya ada delapan jenis makanan sehat yang diprediksi para pakar akan menjadi tren atau kita akan mudah menemui dan menikmatinya.

Berikut deretan makanan sehat yang akan menjadi tren di tahun 2023 seperti yang dikatakan pakar nutrisi Bonnie Taub-Dix, RDN, sekaligus penulis buku "Read It Before You Eat It: Taking You from Label to Table", dan Kelly Kennedy, RDN, staf ahli diet dari Everyday Health.

1. Makanan plant based

Kemungkinan besar, kita akan semakin banyak melihat olahan atau makanan berbasis tanaman alias plant based.

Sebuah laporan di Progressive Grocer mengatakan, 27 persen belakangan ini mengonsumsi lebih sedikit daging.

Akibatnya hal itu turut meningkatkan permintaan akan alternatif pengganti daging berbasis pangan nabati.

Bahkan menurut data yang dirilis oleh Good Food Institute (GFI), penjualan makanan berbasis nabati mengalami kenaikan tiga kali lebih tinggi.

2. Sayuran dan buah menjadi prioritas

Pola makan nabati yang selama ini terus naik daun tak cuma menciptakan lebih banyak alternatif pengganti daging, tetapi juga menginspirasi banyak orang untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah. 

Menurut dokter Taub-Dix, saat ini tidak sedikit orang menyadari bahwa mereka lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran daripada memilih menjadi vegetarian.

Dia pun melihat kebiasaan baru di tengah masyarakat di AS dalam kurun waktu lima hari. Kebanyakan dari mereka memilih memperbanyak konsumsi buah dan sayuran ketimbang asupan hewani.

3. Produk daging budidaya

Daging budidaya alias cultured meat adalah inovasi dari teknologi pangan untuk menghasilkan daging yang diproduksi di laboratorium.

Di penghujung tahun 2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) juga telah menyetujui penjualan daging budidaya tersebut.

Proses produksi daging di laboratorium itu dilakukan dengan mengekstraksi sel dari hewan, lalu menumbuhkan daging dari sel tersebut.

Secara biologis, produk pangan yang dihasilkan sama seperti daging hewan.

Tapi daging budidaya ini lebih manusiawi karena tidak melibatkan proses penyembelihan dan bisa menepis isu kekejaman pada hewan ternak yang sejauh ini disuarakan para pencinta hewan.

Para produsen biasanya memanipulasi komposisi daging secara selektif dengan proses in vitro.

Konon, makanan yang seperti ini dapat mencegah penularan penyakit bawaan dari hewan, menepis perubahan iklim, menghindari penggunaan antibiotik pada hewan dan hal-hal merugikan kesehatan lainnya.

4. Makanan berkelanjutan

Di Amerika Serikat saat ini lebih banyak orang mengonsumsi makanan yang tidak hanya fokus pada dirinya sendiri, tetapi juga bertujuan untuk menyelamatkan Bumi.

Kemungkinan kebiasaan ini akan meluas ke beberapa negara lainnya juga secara global. 

Istilahnya adalah makanan berkelanjutan. Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga Cargill, lebih dari setengah responden mengatakan mereka cenderung membeli makanan dengan kemasan yang tertera informasi "berkelanjutan" pada labelnya.

Jenis makanan yang satu ini biasanya menerapkan praktik produksi pangan yang juga fokus pada pemulihan ekosistem.

5. Makanan yang bisa memperbaiki suasana hati

Berdasarkan laporan dari Mintel 2023 Global Food and Drink Trends, berbagai merek pangan yang mempromosikan manfaat peningkatan fungsi otak diprediksi juga akan naik daun.

Makanan atau minuman tersebut biasanya mengandung kafein, magnesium, vitamin B, omega-3 dan Zinc.

Nutrisi tersebut secara langsung bisa meningkatkan fungsi kognitif sekaligus memperbaiki suasana hati.

Beberapa jenis makanan yang dimaksud kebanyakan mengandalkan nutrisi dari teh hijau, ginseng, jamur surai singa dan gingko biloba.

6. Makanan untuk kesehatan usus

Saat ini banyak orang tertarik untuk menjaga kesehatan usus mereka.

Mungkin sudah banyak orang tersadar bahwa meningkatkan kesehatan usus sama dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Data ini dikumpulkan melalui survei yang dilakukan oleh Natural Grocers yang menunjukkan bahwa 44 persen orang Amerika melaporkan mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kesehatan usus selama 12 bulan terakhir.

7. Makanan laut masih menjadi primadona

Sementara jumlah konsumsi daging merah yang semakin merosot, aneka jenis makanan laut juga diprediksi bakal menjadi tren makanan sehat di tahun 2023.

Menurut dokter Taub-Dix, faktor ini disebabkan oleh kebanyakan orang sudah tersadar bahwa ikan laut merupakan makanan sehat yang rendah lemak, tinggi protein, bergizi tinggi dan harganya lebih murah.

8. Pemanis alami

Kesadaran masyarakat akan dampak gula yang bisa memicu penyakit kronis juga membuat perubahan baru untuk mencari produk pemanis yang lebih alami.

Specialty Food Association melaporkan bahwa pemanis alami dari sirup mapple, gula kelapa, jus buah, madu bahkan kurma akan sangat populer di tahun 2023.

Bahkan di media sosial seperti TikTok sudah banyak bermunculan tips mengolah makanan dengan menggunakan pemanis alami yang lebih sehat.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/04/060600820/8-pilihan-makanan-sehat-yang-bakal-jadi-tren-sepanjang-tahun-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke