Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Makanan Ultra Proses yang Buruk untuk Metabolisme Orang di Atas 40

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, metabolisme kita cenderung melambat sehingga kita lebih sulit untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan memproses nutrisi dari makanan.

Hal ini pun disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk penurunan massa otot, perubahan hormon, dan tingkat aktivitas fisik yang lebih rendah.

Meski demikian, untungnya ada beberapa faktor yang bisa kita kendalikan untuk memengaruhi metabolisme, termasuk pola makan.

Dengan menghindari makanan olahan atau ultra proses dan berfokus pada makanan utuh, sangat mungkin untuk mendukung metabolisme yang lebih cepat agar kita tetap bugar dari waktu ke waktu.

Makanan ultra proses yang buruk untuk metabolisme

Dilansir dari laman She Finds, ahli nutrisi di Strength Warehouse, Jesse Feder, RDN, CPT pun membagikan sejumlah daftar makanan ultra proses yang sebaiknya dihindari orang-orang di atas 40 tahun karena dapat mengganggu metabolisme.

1. Sereal manis

Meskipun lezat dan mudah dikonsumsi, sereal manis adalah salah satu makanan ultra proses yang dapat berdampak negatif pada metabolisme tubuh kita.

"Sereal manis adalah salah satu makanan olahan paling tidak sehat karena sarat dengan gula, natrium, dan karbohidrat olahan," kata Feder.

"Ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dan secara konsisten, makanan ini juga dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung," sambung dia.

Memang, makanan ultra proses seperti sereal manis bisa memberi energi yang cepat karena juga dapat dicerna dengan sangat cepat.

Namun, sayangnya, ini menyebabkan penurunan gula darah sehingga memperlambat metabolisme tubuh kita.

Selain itu, tingginya jumlah gula tambahan dalam makanan dapat menimbulkan berbagai macam risiko kesehatan, termasuk penambahan berat badan.

Ketika kita mengonsumsi terlalu banyak gula, tubuh akan memproduksi insulin untuk membantu memprosesnya.

Lonjakan insulin inilah yang kemudian menyebabkan sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap hormon, yang menyebabkan kadar insulin lebih tinggi dalam aliran darah.

Pada akhirnya, kadar insulin yang tinggi menimbulkan kenaikan berat badan, terutama di sekitar area perut, dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 maupun gangguan metabolisme lainnya.

"Makanan cepat saji dibuat dengan jumlah lemak, natrium, dan minyak tidak sehat yang tinggi," terangnya.

"Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, penyakit kardiovaskular, penyakit jantung, dan stroke."

"Bahan-bahan dalam makanan cepat saji juga sangat diproses, yang dapat dicerna dengan cepat dan membuat metabolisme menurun," lanjut dia.

Makanan cepat saji, bersama dengan banyak makanan ultra proses lainnya, sering kali mengandung lemak tidak sehat yang tinggi seperti lemak trans dan lemak jenuh.

Jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung, serta masalah kesehatan lainnya.

Lemak-lemak ini juga dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh yang telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas dan gangguan metabolisme.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kadar lemak dan garam yang tinggi.

"Makanan beku biasanya memiliki sejumlah besar lemak dan garam di dalamnya untuk membuatnya terasa enak, serta membuatnya tetap awet," jelasnya.

"Padahal, lemak dan garam dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular," tambah dia.

Masalah lain dengan makanan beku adalah bahwa makanan ini sering kali rendah nutrisi dan tinggi kalori kosong.

Artinya, makanan ultra proses ini hanya menyediakan sangat sedikit (jika ada) vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh kita untuk berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, makanan ini dikemas dengan bahan pengisi dan aditif yang tidak memiliki nilai gizi, tetapi masih dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Kendati demikian, kita masih bisa mendapatkan manfaat dan kemudahan makanan beku dengan membekukan makanan buatan sendiri untuk dimakan dan menjauhi varietas yang dibeli di toko.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/04/072202520/3-makanan-ultra-proses-yang-buruk-untuk-metabolisme-orang-di-atas-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke