Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Calathea Beracun untuk Kucing, Benarkah?

Bahkan, daunnya pun bisa melengkung saat malam hari, membuatnya semakin menarik.

Kendati demikian, tak sedikit penyayang hewan yang ragu untuk merawat tanaman cantik ini.

Pasalnya, ada isu yang mengatakan bahwa calathea beracun bagi hewan peliharaan, seperti kucing.

Namun, apakah benar calathea beracun bagi kucing?

Dikutip dari situs Ask My Cat, calathea rupanya tidak termasuk ke dalam daftar tanaman yang beracun bagi kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya.

Dalam situs tersebut, disebutkan bahwa Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengatakan bahwa tanaman calathea tidak memiliki kandungan yang membahayakan bagi kucing, sehingga meski kucing memakan, menggesekkan, atau berinteraksi dengan tanaman tersebut,  tidak akan keracunan.

Satu-satunya yang akan mengalami bahaya akibat adanya interaksi tersebut adalah tanaman calathea itu sendiri, yang bisa rusak terkena serangan atau gigitan kucing.

Kendati demikian, jika kucing kita mengonsumsi daun calathea dalam jumlah yang cukup banyak, lambung kucing bisa terganggu.

Untungnya, kucing biasanya hanya akan memakan dedaunan atau rumput dalam jumlah sedikit, sehingga kita tak perlu khawatir.

Bagaimana cara menjauhkan kucing dari calathea?

Meski tidak beracun bagi kucing, calathea kita berpotensi rusak karena "serangan" kucing. Untuk itu, kita dapat menjauhkan calathea dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Menyemprot kucing

Menyemprot adalah salah satu metode tradisional untuk "melatih" kucing.

Jadi, simpan sebuah botol semprot berisi air di dekat calathea dan semprotkan pada kucing kita saat mulai mendekatinya.

Namun perlu diingat, meski metode ini nampak efektif, trik ini hanya bisa dilakukan jika kita sering ada di rumah dan bisa mengawasi calathea.

Pasalnya, beberapa kucing bisa lebih nakal jika kita tidak ada di rumah, meski sebagian lainnya justru akan menghindarinya.

  • Semprotan penolak

Ada beberapa produk semprotan di pasaran yang memiliki aroma kuat dan dapat membuat kucing bersin jika mendekati calathea.

Lalu, kita juga bisa membuat semprotan serupa dengan mencampurkan sabun beraroma kuat seperti lavender atau jeruk atau dengan memasukkan puree bawang putih ke dalam air.

Untuk efek serupa, kita bisa menaburkan beberapa irisan cabai di sekitar calathea jika benar-benar tak ingin kucing mendekatinya.

Tapi perlu diingat, jika kucing terkena semprotan ini terlalu sering, kucing bisa merasa tidak nyaman. Jadi, gunakanlah dengan hati-hati.

  • Letakkan di tempat yang aman

Sebaiknya, tempatkan tanaman di tempat yang sulit dijangkau kucing, meski metode ini bisa membuat kita memutar otak jika teman berbulu kita pantang menyerah dan sangat lincah.

Menggantung keranjang yang tidak terlalu dekat dengan perabotan lainnya atau di wadah yang ditempelkan langsung ke dinding bisa membantu.

  • Berikan tanaman lain untuk kucing

Kita bisa mengalihkan perhatiaan kucing yang suka meggigiti daun dari calathea dengan menghadirkan tanaman lain yang cocok untuk kucing, seperti mint, cat grass, atau thyme.

Tanaman-tanaman ini biasanya disukai kucing dan aman jika kucing memakannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/08/071200720/calathea-beracun-untuk-kucing-benarkah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke