Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Jitu Tampil Lebih Awet Muda, Tak Hanya Andalkan Skincare

Menurut dokter keluarga dari Holistic Wellness Strategies, Tomi Mitchell, banyak pilihan yang dapat sangat memengaruhi penampilan.

"Bukan rahasia lagi bagi saya, mengapa dua orang yang seumuran, satu orang terlihat jauh lebih muda daripada yang lain," katanya.

"Meskipun diet, tidur, dan olahraga selalu dipandang sebagai standar emas untuk tetap awet muda dan terlihat segar, namun ada beberapa trik lain untuk lebih membantu kita mencapainya," sambung dia.

Cara jitu terlihat lebih awet muda

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Mitchell membagikan beberapa tips alami yang didukung oleh sains agar kita bisa terlihat lebih awet muda, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Jangan merokok

Mitchell mengingatkan bahwa merokok dapat menimbulkan konsekuensi serius pada tubuh dan organ tubuh seseorang.

Hal ini diketahui sebagai penyebab utama kematian dini yang dapat dicegah di banyak negara.

Nikotin yang ditemukan dalam rokok dapat melakukan lebih dari sekadar merusak paru-paru, seperti memengaruhi semua sistem tubuh, mulai dari kardiovaskular hingga reproduksi.

Selain itu, merokok juga mampu meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit jantung, stroke, kanker, dan masalah pernapasan, serta mempercepat proses penuaan kulit dan organ tubuh.

Radikal bebas yang dilepaskan ke udara oleh rokok juga merusak penglihatan seseorang dan dapat menyebabkan kebutaan atau membuat katarak.

Lebih jauh lagi, hal ini telah dikaitkan dengan masalah seksual seperti ketidakmampuan untuk terangsang atau disfungsi ereksi.

"Kebanyakan orang tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini," terang Mitchell.

"Sayangnya, pengetahuan ini tidak selalu cukup untuk menghalangi orang dari kebiasaan tersebut."

"Saya merasa sulit untuk memikirkan perokok mana pun yang telah melakukannya untuk waktu yang lama tanpa menunjukkan beberapa bentuk penuaan dini," ujar dia.

Kenyataannya adalah bahwa merokok membawa berbagai efek buruk pada kulit, berkontribusi pada garis-garis halus dan keriput, serta hilangnya cahaya muda secara keseluruhan.

Hal ini membuat sangat jelas mengapa begitu banyak profesional perawatan kulit menekankan pentingnya berhenti merokok untuk menjaga kulit terlihat lebih baik.

2. Melindungi kulit dengan skincare

"Merawat kulit dengan benar sangat penting untuk menjaganya agar tetap terlihat muda, sehat, dan cantik," kata Mitchell.

Cara pertama dan terpenting untuk mulai melindungi kulit dari penuaan dini adalah selalu memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 di luar ruangan.

Di samping itu, kita juga harus minum banyak air, karena hidrasi adalah kunci untuk kulit yang terlihat terbaik.

"Untuk produk skincare, pilihlah produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia yang berpotensi mengiritasi kulit yang dapat menyebabkan kerusakan dari waktu ke waktu," jelasnya.

"Terakhir, gunakan pembersih yang lembut dan pertimbangkan untuk melakukan eksfoliasi secara teratur agar kulit terlihat lebih cerah dan mengurangi munculnya kerutan," saran dia.

Perawatan yang tepat dapat membantu kita terlihat lebih muda sekaligus meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, menjaga kulit tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaganya tetap kenyal dan bebas keriput.

Pertama, mulailah dengan mengevaluasi lemari pakaian, lihatlah pakaian, gaya, dan warna pakaian sehari-hari.

"Merombak beberapa bagian penting dapat langsung menghidupkan penampilan sehari-hari kita," tuturnya.

"Misalnya, mengganti beberapa warna kalem dengan warna yang lebih cerah seperti kuning ceria atau merah muda yang cantik dapat membantu menyegarkan gaya dan memberi kita kesan yang lebih muda," terang dia.

Selain itu, potongan modern yang sesuai dan pas dengan bentuk tubuh juga penting dalam membuat seseorang terlihat lebih muda.

Untuk membuat perubahan yang lebih berani, pertimbangkan untuk memperbarui gaya rambut yang berani dengan memilih highlight yang cerah.

"Jika direncanakan dengan baik, mengubah penampilan bisa membuat kita terlihat lebih bersemangat, merasa lebih hidup, dan lebih muda," tambahnya.

4. Selalu tersenyum

Mitchell mengatakan bahwa tersenyum adalah simbol universal kebahagiaan yang bisa membuat kita lebih awet muda.

Jika kita merasa sedih atau stres, senyum yang tulus dapat membantu meningkatkan suasana hati dengan melepaskan endorfin dan relaksan alami lainnya seperti oksitosin maupun dopamin.

Tersenyum juga telah terbukti memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat stres dalam sistem saraf kita.

Selain itu, tersenyum secara teratur membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kortisol, yang dapat mengarah pada kesehatan fisik yang lebih baik secara keseluruhan.

Jadi jangan takut untuk tersenyum karena kita mungkin akan terlihat dan merasa lebih muda sambil melakukan kebaikan untuk diri sendiri.

Menurutnya, sikap positif dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan memiliki manfaat kesehatan.

Bahkan, itu dapat membantu kita terlihat lebih muda dari usia kita sebenarnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki pandangan hidup yang positif cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan, kejernihan mental, fokus, dan komunikasi dengan orang lain.

Mereka juga lebih cenderung membuat keputusan kesehatan yang lebih baik, termasuk olahraga teratur dan kebiasaan makan yang lebih sehat dalam rutinitas harian.

Sikap positif tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk kesejahteraan mental.

Orang dengan sikap positif cenderung mengatasi stres dengan lebih baik dan merasa lebih bahagia dan lebih santai.

Jadi, jika kita ingin tetap terlihat awet muda, mempertahankan sikap positif mungkin menjadi kuncinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/09/102838620/5-cara-jitu-tampil-lebih-awet-muda-tak-hanya-andalkan-skincare

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke