Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Asupan yang Bisa Bantu Membakar Kalori Setelah Berolahraga

Namun, jika kita ingin menurunkan berat badan secara efektif, penting untuk memilih asupan setelah berolahraga dengan lebih bijak.

Faktanya, menutrisi tubuh dengan makanan yang tepat setelah berolahraga terbukti dapat mendorong upaya penurunan berat badan ke tingkat berikutnya.

Itu termasuk meningkatkan energi, mempercepat pemulihan, dan memungkinkan kita untuk membakar lebih banyak kalori.

Jadi, apa asupan terbaik untuk dikonsumsi setelah berolahraga supaya bisa meningkatkan pembakaran kalori?

Untuk mengetahuinya, seorang pelatih bersertifikat dan pendiri Spices & Greens, Joanna Wen, memberi tahu pilihan sehatnya, seperti yang dilansir dari laman She Finds berikut ini.

Smoothie berprotein tinggi

Minum smoothie yang dikemas dengan bahan-bahan bergizi dan berprotein tinggi setelah berolahraga dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu tubuh pulih dan membakar lebih banyak kalori.

Menurut Wen, mengisi bahan bakar tubuh dengan asupan yang tepat dapat memberikan kita energi untuk terus berolahraga, membantu otot-otot pulih, dan meningkatkan pembakaran kalori.

"Smoothie adalah salah satu cara yang nyaman dan bergizi, karena minuman ini cepat dan mudah dibuat sambil memasok nutrisi utama yang membantu tubuh pulih dari aktivitas berat," terangnya.

Secara umum, protein sangat penting untuk pemulihan dan perbaikan otot setelah berolahraga.

Ini dapat membantu mengurangi kerusakan otot dan peradangan, serta meningkatkan pertumbuhan otot.

Dengan memasukkan sumber protein seperti Greek yoghurt atau peanut butter ke dalam smoothie, kita dapat mendukung proses pemulihan tubuh dan berpotensi meningkatkan pembakaran kalori.

Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga merupakan tambahan yang bagus untuk smoothie pasca-olahraga.

Semua itu menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

"Misalnya, alpukat merupakan sumber lemak dan serat sehat yang baik, sedangkan bayam kaya akan zat besi dan nutrisi lainnya," kata Wen.

"Menambahkan jenis bahan ini ke smoothie dapat membantu kita memaksimalkan manfaat pembakaran kalori dari latihan."

"Kita juga bisa mendapatkan tambahan vitamin dan antioksidan untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari," jelas dia.

Wen juga merekomendasikan untuk memasukkan pemanis alami seperti pisang atau madu ke dalam smoothie agar rasanya tetap enak tanpa tambahan gula dan kalori dari pemanis buatan.

Tentu saja, meski smoothie berprotein tinggi bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan pembakaran kalori setelah berolahraga, penting juga untuk diingat bahwa itu hanyalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat dan aktif.

"Tips lain untuk membakar lebih banyak kalori termasuk minum banyak air, tidur berkualitas, mendapatkan paparan cahaya alami di siang hari, mengurangi tingkat stres, dan tetap aktif dengan berjalan kaki atau menaiki tangga," tutur Wen.

"Memasukkan kebiasaan ini ke dalam gaya hidup dapat membantu kita memaksimalkan manfaat pembakaran kalori setelah berolahraga," ujar dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/09/173738620/ini-asupan-yang-bisa-bantu-membakar-kalori-setelah-berolahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke