Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengecilkan Ukuran Payudara Secara Alami

KOMPAS.com - Payudara memang dapat hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran karena berbagai faktor, seperti genetik, berat badan, usia, serta masalah hormo. Dan sebenarnya tak ada yang salah dengan itu.

Namun bagi beberapa perempuan, memiliki payudara besar merupakan hal merepotkan karena dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti membuat leher dan bahu terasa sakit.

Selain itu, ada pula yang menganggap payudara besar mengganggu penampilan ataupun mengganggu secara psikologis.

Karena itu, tak sedikit perempuan yang ingin mengecilkan ukuran payudara miliknya.

Mengecilkan ukuran payudara pun sebenarnya bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Sebab mengutip Medical News Today, ada beberapa cara untuk mengecilkan ukuran payudara secara alami tanpa operasi.

Meski tentu saja, metode mengecilkan payudara ini akan sangat bergantung pada kondisi kesehatan dan alasan mengapa payudara besar itu terbentuk, seperti akibat obesitas atau kondisi hormonal.

Cara alami mengecilkan payudara

Untuk mengetahuinya, simak cara mengecilkan ukuran payudara secara alami, berikut ini.

  • Diet

Payudara umumnya terdiri dari jaringan adiposa atau lemak. Karena itu menurunkan berat badan dapat mengurangi ukuran payudara seseorang secara tidak langsung.

Menurunkan berat badan tentu bisa dilakukan dengan diet dan mengkonsumsi makanan sehat yang rendah kalori namun bergizi tinggi,

Jadi, fokuslah untuk memakan makanan padat nutrisi yang rendah kalori. Misalnya, buah-buahan, sayuran, ikan berlemak seperti salmon, dan daging tanpa lemak seperti ayam panggang.

Namun bagi perempuan yang sedang menyusui atau hamil, tentu harus berbicara dengan dokter atau bidan sebelum mencoba menurunkan berat badan.

  • Berolahraga

Seperti diet, olahraga dapat membantu kita menghilangkan lemak tubuh sekaligus membantu mengurangi ukuran payudara.

Namun untuk membuat payudara mengecil, lemak di seluruh tubuh harus dibakar, sehingga kita tidak bisa hanya melakukan latihan seperti push-up dan latihan dada lainnya saja.

Selain latihan beban, lakukan juga latihan kardiovaskular yang meningkatkan detak jantung seseorang, seperti berlari, berenang, atau jalan cepat.

  • Menurunkan kadar estrogen

Estrogen memainkan peran penting dalam perkembangan jaringan payudara.

Karena itu, menurunkan kadar estrogen berlebih bisa mengurangi ukuran payudara, terutama pada orang dengan ketidakseimbangan hormon yang diakibatkan oleh kontrasepsi hormonal.

Obat kontrasepsi memang mengandung estrogen dan progesteron, sehingga membuat payudara menjadi lebih besar. Efeknya pun biasanya hilang begitu obat berhenti dikonsumsi.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa kadar estrogen dalam tubuh dapat dikurangi melalui perubahan pola makan.

Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan di jurnal PubMed Central, yang menunjukkan bahwa suplemen biji rami dapat membantu mengatur kadar estrogen dengan mengurangi ekspresi estrogen di ovarium.

Sayangnya, bukti ilmiah terkait cara menurunkan kadar estrogen secara alami masih terbilang sedikit. Jadi jika ingin menurunkan kadar estrogen, sebaiknya hubungi dokter.

  • Binding

Binding merupakan cara mengecilkan payudara dengan membalutkan semacam kain secara kencang ke area dada unuk meratakannya.

Memang, ini tidak akan membuat jaringan payudara mengecil atau mencegah ukuran payudara berkembang, namun, trik ini dapat membuat payudara terlihat lebih kecil, sehingga bisa membuat seseorang merasa lebih nyaman.

  • Mengganti bra

Meski tidak dapat mengubah ukuran payudara secara permanen, ada jenis bra bernama minimizer bra yang dapat membuat payudara nampak lebih kecil.

Bra ini juga dapat mengubah bentuk payudara agar payudara terlihat lebih rata, namun lebih tinggi di bagian dada.

Selain itu, beberapa minimizer bra juga memiliki tali yang dapat mengurangi nyeri punggung dan leher.

Mengurangi ukuran payudara setelah kehamilan

Selama dan setelah kehamilan, ukuran payudara bisa membesar. Begitu pula saat menyusui.

Selain itu, seiring dengan produksi ASI dan efek hormonal, lemak tubuh pun akan bertambah, dan sebagian lemak itu pun akan disimpan di jaringan payudara. Otomatis, payudara pun akan membesar.

Kebanyakan orang akan mengalami penyusutan payudara saat berat badan mereka turun setelah hamil. Namun, ada pula yang payudaranya tetap sedikit lebih besar setelah melahirkan.

Jadi jika ingin mencoba mengurangi ukuran payudara, bisa melakukan lima metode di atas. Namun, tetap perlu mendiskusikannya dengan dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/12/164935220/5-cara-mengecilkan-ukuran-payudara-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke