Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna-warna Lipstik yang Tidak Menarik untuk Wanita di Atas 40 Tahun

Jika di usia 20-30 tahun kita masih bisa mengeksplor berbagai warna lipstik, memasuki usia 40 tahun ke atas kita harus lebih cermat dalam memilih warna lipstik.

Sebab, jika sampai salah memilih warna lipstik, itu tidak hanya membuat kita jadi kurang menarik tetapi juga berkontribusi pada penampilan yang tampak lebih tua.

Dilansir dari laman She Finds, seorang penata rias dan pencipta blog The Makeup Refinery, Kerrin Jackson, pun memberikan tips sederhananya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak warna lipstik yang paling tidak menarik untuk dipakai oleh orang-orang berusia di atas 40 tahun sebagai berikut.

Untuk warna kulit terang

Menurut Jackson, warna lipstik yang paling tidak menarik secara universal harus dipecah ke dalam beberapa kategori.

Hal ini berguna agar kita dapat benar-benar memahami warna mana yang bisa digunakan dan sebaiknya dihindari.

"Tentu saja, ada ribuan variasi dalam warna kulit. Tetapi singkatnya, saya telah memecahnya menjadi warna kulit gelap dan terang," kata Jackson.

Dia pun mengungkapkan, untuk warna kulit terang, warna lipstik yang paling tidak menarik adalah warna yang sangat terang dan sangat gelap.

Jadi, kita harus menjauhi apa pun yang terlalu ekstrem karena akan membuat tampilan kita terlihat buruk.

"Pada dasarnya, warna lipstik yang sangat terang seperti warna tulang atau warna kulit tidak membawa kehangatan pada wajah dan cenderung membuat kita terlihat pucat," terangnya.

"Warna-warna ini juga sangat tidak disarankan untuk digunakan oleh orang-orang berusia di atas 40 tahun yang mungkin ingin mencoba untuk menghadirkan kilau atau kemudaan pada penampilan mereka," sambung dia.

Untuk warna kulit yang lebih gelap

Sementara itu, untuk warna kulit yang lebih gelap, Jackson sangat tidak menyarankan penggunaan lipstik yang berwarna netral atau sejuk.

"Pada kulit yang lebih gelap, warna-warna ini tampak pucat dan sama sekali tidak menghidupkan warna kulit kita," ujarnya.

"Di samping itu, warna lipstik yang sangat gelap juga dapat memberikan ilusi menipiskan bibir sehingga membuat kita tampak lebih tua," tutur dia.

Cara memilih warna lipstik

Maka dari itu, sebelum memilih warna lipstik, Jackson merekomendasikan kita mencari tahu apa undertone kulit kita. Bisa dingin, hangat, atau netral.

Salah satu cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan memerhatikan urat-urat di pergelangan tangan.

Jika tampak lebih banyak warna biru dan ungu, maka kita termasuk dingin atau cool-toned.

Apabila warnanya hijau, kita termasuk hangat atau warm.

Dan jika kita memiliki kombinasi warna biru, ungu, dan hijau, maka kita termasuk netral.

Selanjutnya, pilih warna lipstik yang selaras dengan undertone dan membawa kehidupan dan kehangatan pada bibir kita.

"[Jika kulit kita] termasuk cool-toned, maka kita harus mencari warna hangat yang bernada dingin seperti plum, berry yang ringan, dan warna merah muda," saran Jackson.

"Jika kulit kita termasuk warm-toned atau hangat, carilah warna lipstik yang lebih hangat seperti merah, peach, atau oranye," imbuh dia.

Terlepas dari usia — apakah kita berusia 20 atau 50 tahun — ini adalah "aturan" lipstik yang harus kita ikuti untuk mendapatkan kulit yang lebih segar, bercahaya, tampak awet muda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/13/070700620/warna-warna-lipstik-yang-tidak-menarik-untuk-wanita-di-atas-40-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke